Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Pelaku UMKM Wajib Tahu, Ini Dia Rahasia di Balik Kesuksesan Digitalisasi UMKM

Pelaku UMKM Wajib Tahu, Ini Dia Rahasia di Balik Kesuksesan Digitalisasi UMKM Kredit Foto: Rena Laila Wuri
Warta Ekonomi, Jakarta -

Transformasi digital adalah komponen kunci untuk perkembangan UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) di Indonesia. Akselerasi digitalisasi yang inklusif dengan terus mendorong UMKM untuk masuk ke ekosistem digital diyakini dapat menjadi solusi untuk meningkatkan usaha mereka. UMKM yang memanfaatkan teknologi digital dan internet, melakukan promosi daring, mendapatkan pelatihan, serta memiliki pengalaman dan keterampilan mempunyai kecenderungan yang lebih besar untuk naik kelas.

Berdasarkan hasil survei CORE, sebanyak 70% pelaku UMKM mengalami kenaikan pendapatan rata-rata 30% dengan tergabung dalam ekosistem digital. Pemerintah Indonesia sendiri saat ini menargetkan 30 juta pelaku UMKM untuk Go-Digital di tahun 2024. Baca Juga: Optimalkan Teknologi, MPR Dorong Mulainya Digitalisasi UMKM di Indonesia

Namun, keberhasilan inisiatif pemerintah ini bergantung pada kemauan UMKM untuk sepenuhnya merangkul transformasi digital. Sementara perusahaan-perusahaan besar bergerak cepat menuju transformasi digital, hal yang sama tidak berlaku bagi UMKM. Baru 24% dari total pelaku UMKM yang sudah memanfaatkan teknologi digital dengan berjualan di berbagai platform e-commerce.

Kunci dari transformasi digital yang efektif untuk UMKM terletak pada kemampuan mereka untuk menggunakan aplikasi dengan cepat sehingga mereka dapat memanfaatkan teknologi yang lebih baik, dan onboarding adalah pintu gerbang proses transformasi digital yang memperkenalkan pengguna baru kepada teknologi digital yang akan digunakan oleh UMKM.

Proses onboarding membutuhkan kombinasi antara pelatihan dan dukungan layanan yang komprehensif, keamanan infrastruktur IT, serta tim dan proses yang tepat, dan di sinilah BukuWarung hadir. Sebagai penyedia solusi untuk semua tantangan digital dan finansial yang dialami pelaku usaha kecil di Indonesia, BukuWarung menyadari bahwa pengalaman personal tetap menjadi hal yang tak tergantikan dan penting dalam kepuasan pengguna, menciptakan mutual trust antara BukuWarung dan pelaku UMKM. 

Dalam sebuah penelitian terbaru oleh Twilio, ditemukan bahwa kesabaran konsumen terhadap pengalaman impersonal telah mencapai titik terendah sepanjang masa. Lebih dari 66% konsumen mengungkapkan bahwa mereka akan berhenti menggunakan layanan jika pengalaman tersebut tidak dipersonalisasi.

Inilah mengapa BukuWarung menyediakan layanan pengguna yang dipersonalisasi. Diawali dengan edukasi pengguna tentang penggunaan aplikasi dan keamanan digital serta membantu proses pembukaan akun secara online (digital onboarding) hingga perluasan ke lebih banyak layanan, perusahaan tetap memastikan semua pengguna mendapatkan hasil yang maksimal dari pengalaman mereka.

"Transisi digital bagi usaha kecil haruslah mulus dan efisien dan semua dimulai dengan proses edukasi dan onboarding," kata Adi Harlim, Direktur Merchant Experience BukuWarung di Jakarta, Jumat (30/6/2023).

"Proses onboarding BukuWarung berbasis digital dimulai dari mengisi informasi profil pengguna serta verifikasi identitas yang instan dan akurat. Namun di saat yang sama, pendekatan personal sama pentingnya saat onboarding aplikasi untuk pelaku usaha kecil. Dalam proses ini, tim lapangan kami sebagai perwakilan perusahaan memastikan pengguna memiliki partner yang terpercaya untuk menjawab pertanyaan dan masalah yang mungkin mereka alami," tambahnya. Baca Juga: Ketua Kadin Arsjad Rasjid Harap Iduladha Jadi Momentum Peningkatan UMKM ASEAN

Atas upaya-upaya optimalisasi level of engagement antara perusahaan dengan pengguna melalui interaksi personal yang positif, berkualitas dan produktif yang telah dilakukan, BukuWarung baru-baru ini menerima Penghargaan Digital Customer Engagement Champion 2023 dalam kategori Jasa Berbasis Aplikasi dari Majalah SWA dan Business Digest.

"Di BukuWarung, kami selalu antusias untuk memberikan pengalaman terbaik dari waktu ke waktu kepada partner kami, dan penghargaan ini memvalidasi budaya perusahaan kami yakni ‘outserve our merchant’ yang menjadi fokus dari setiap keputusan yang kami ambil. Kami berkomitmen untuk terus menjadi partner yang terbaik bagi mitra kami melalui inovasi produk digital yang berkelanjutan, sentuhan personal dan manajemen pelanggan yang solid untuk memastikan pengguna kami mendapatkan pengalaman transformasi digital yang mulus, efektif dan mampu mendongkrak bisnis mitra kami ke next level," tutup Adi. 

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Fajar Sulaiman

Advertisement

Bagikan Artikel: