Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Amankah Sepeda Listrik Dicuci dengan Air?

Amankah Sepeda Listrik Dicuci dengan Air? Kredit Foto: Pixabay/PublicDomainPicture
Warta Ekonomi, Jakarta -

Pesona sepeda listrik semakin meningkat dalam beberapa tahun terakhir, memberikan alternatif ramah lingkungan dan hemat energi untuk transportasi sehari-hari.

Namun, ada banyak pertanyaan tentang bagaimana merawat sepeda listrik dengan benar, terutama dalam hal mencuci atau membersihkannya. Amankah sepeda listrik dicuci dengan air? Agar sepeda listrik tetap aman, simak uraian berikut. 

1. Perlindungan Elektronik

Salah satu perbedaan utama antara sepeda konvensional dan sepeda listrik adalah komponen elektroniknya. Sepeda listrik memiliki motor, baterai, dan rangkaian kelistrikan lainnya yang sangat rentan terhadap kerusakan akibat air.

Meskipun sebagian besar produsen sepeda listrik telah meningkatkan ketahanan terhadap elemen-elemen tersebut, masih disarankan untuk menghindari menyemprotkan air bertekanan langsung ke bagian elektronik sepeda Anda.

Baca Juga: Moeldoko: Pemerintah Terbuka Investasi Kendaraan Listrik, Asalkan...

2. Membersihkan Bagian Non-Elektronik

Sebagian besar sepeda listrik memiliki bagian-bagian non-elektronik, seperti rangka, roda, dan rantai. Bagian-bagian ini dapat dicuci dengan air tanpa merusak komponen elektronik. Namun, pastikan Anda menggunakan air dengan tekanan rendah dan hindari menyemprotkan air langsung ke area motor dan baterai. Gunakan spons lembut, sikat halus, dan sabun ringan untuk membersihkan kotoran dan debu.

3. Pengeringan yang Baik

Setelah membersihkan sepeda listrik dengan air, pastikan untuk mengeringkannya dengan baik sebelum menggunakannya kembali. Kelembaban yang tertinggal dapat merusak komponen elektronik dan menyebabkan kerusakan jangka panjang.

Gunakan kain mikrofiber atau blower udara dengan tekanan rendah untuk membantu proses pengeringan.

4. Perawatan Rutin

Selain mencuci, perawatan rutin sepeda listrik juga sangat penting. Periksa sistem rem, periksa tekanan ban, dan pastikan semua baut dan pengencang dalam keadaan aman. Jika Anda tidak yakin tentang perawatan yang diperlukan, konsultasikan dengan teknisi sepeda listrik atau baca manual pengguna.

Meskipun sepeda listrik dapat dicuci dengan air pada sebagian besar bagian non-elektroniknya, sangat penting untuk berhati-hati dan menghindari menyemprotkan air langsung ke bagian-bagian elektronik. Perawatan yang baik dan penggunaan bijaksana akan memastikan sepeda listrik Anda tetap dalam kondisi baik dan berfungsi dengan optimal.

Dengan merawat sepeda listrik dengan benar, Anda dapat memastikan masa pakai yang lebih lama dan pengalaman berkendara yang aman dan menyenangkan.

Baca Juga: Indonesia dan Korsel Jalin Kerja Sama Kembangkan Industri Kendaraan Listrik

Baca Juga: Evaluasi KPU Bali, Petugas KPPS Diminta Teliti saat Mendata Pemilih

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Amry Nur Hidayat

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: