Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

AI dan Influencer Bakal Jadi Kunci Relevansi Brand Indonesia di 2025

AI dan Influencer Bakal Jadi Kunci Relevansi Brand Indonesia di 2025 Kredit Foto: Unsplash/Obed Hernández
Warta Ekonomi, Jakarta -

Brand Indonesia tak hanya menghadapi tantangan agar tetap relevan dalam pasaran namun juga perkembangan teknologi yang telah diwarnai oleh kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI). Tanpa strategi dan pemanfaatan teknologi yang tepat, bukan tidak mungkin sejumlah brand tumbang di 2025.

Country Manager KIT Global untuk Indonesia dan Vietnam, Risa Kusumaningrum menyebut tahun ini, mayoritas lalu lintas internet global akan berasal dari streaming video. Hal tersebut tidak terlepas dari pergeseran trend pasar global.

Baca Juga: Konglomerat Hermanto Tanoko Dorong Brand Lokal Bangkit Guna Lawan Produk Asing

“2025 ini bisa menjadi waktu yang menantang bagi banyak brand, terutama dengan pengeluaran konsumen yang cenderung ketat saat ini," ungkapnya dilansir Kamis (30/1).

Risa mengatakan bahwa marketing kini tak hanya perlu didukung oleh influencer namun juga kecerdasan buatan untuk memaksimalkan pengaruh brand yang ingin dicapai oleh setiap pengusaha. 

Menurutnya, penggunaan kecerdasan buatan bersamaan dengan influencer tak hanya akan membantu brand meluncurkan kampanye yang tepat sasaran namun juga hemat biaya, dan relevan dengan berbagai segmen audiens.

"Dengan memanfaatkan video marketing berbasis AI dan kolaborasi strategis dengan influencer, kami membantu brand tidak hanya terhubung dengan audiens mereka di momen-momen budaya yang penting tetapi juga mencapai hasil yang terukur dan berdampak signifikan bagi bisnis," jelasnya.

Kampanye Rising Star KIT Global di TikTok menjadi salah satu bukti fenomena marketing yang dilengkapi dengan AI. Risa menyebut kampanye tersebut telah mencatatkan 31 juta impresi, 1,9 juta interaksi, dan tingkat keterlibatan atau engagement sebesar 15,29%.

Kesukesan dalam kampanye tersebut tidak terlepas dari strategi untuk melakukan kolaborasi konten kreatif bersama para content creator dan audiens yang mana berhasil mengubah ide sederhana menjadi sensasi viral dalam kalangan konsumen di Indonesia.

Baca Juga: Konglomerat Hermanto Tanoko Dorong Brand Lokal Bangkit Guna Lawan Produk Asing

Risa menyebut bahwa brand kini perlu menggabungkan teknologi inovatif dan wawasan pasar lokal untuk memperkuat relevansi mereka dalam masyarakat seperti di Indonesia. Ia menyebut bahwa strategi digital marketing yang tepat dapat mengubah tantangan menjadi peluang besar untuk pertumbuhan bisnis.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Aldi Ginastiar

Advertisement

Bagikan Artikel: