Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Wamen Ekraf Berharap Sky Explorer Direplikasi Sektor Lain

Wamen Ekraf Berharap Sky Explorer Direplikasi Sektor Lain Kredit Foto: Dok. Kemenekraf
Warta Ekonomi, Jakarta -

Wakil Menteri Ekonomi Kreatif (Wamen Ekraf), Irene Umar, bersama jajaran pimpinan Garuda Indonesia, Mitsubishi Motors Indonesia, serta kreator digital Tahilalats membahas program kolaborasi strategis Sky Explorer, yang mewadahi promosi kekayaan intelektual (IP) lokal dengan industri penerbangan, otomotif, dan kreatif digital.

Dalam pertemuan yang berlangsung di Gedung Autograph Tower, Jakarta, beberapa waktu lalu itu, Wamen Ekraf Irene mengatakan kolaborasi strategis lintas sektor tersebut merupakan contoh konkret IP lokal bisa menjadi the new engine of growth sekaligus engine of promotion lintas industri.

Baca Juga: Kementerian Ekraf Perlu Penyempurnaan Skema Pembiayaan untuk Industri Kreatif

"Ini bukan hanya soal branding produk, tetapi juga tentang mengangkat identitas kreatif bangsa ke panggung nasional dan global. Kami berharap Sky Explorer bisa jadi model kolaborasi yang direplikasi di sektor lain," ujarnya, dikutip dari siaran pers Kementerian Ekraf, Senin (30/6).

Kementerian Ekraf menilai bahwa kolaborasi seperti ini menjadi landasan penting dalam membangun ekosistem IP yang berkelanjutan dan saling terhubung antar sektor. Selain memperluas pasar bagi pelaku kreatif, pendekatan ini juga memperkuat positioning IP Indonesia sebagai aset komersial serta instrumen diplomasi ekonomi kreatif di tingkat nasional maupun global.

“Sky Explorer bukan sekadar karakter animasi, tetapi contoh nyata bagaimana IP lokal bisa bertransformasi menjadi kekuatan lintas industri yang bernilai. Di sinilah ekonomi kreatif menunjukkan posisinya—bukan sekadar pelengkap, tetapi fondasi baru yang menyatukan inovasi, bisnis, dan ekspresi kreatif khas Indonesia,” ujar Wamen Ekraf.

Sky Explorer merupakan IP hasil kolaborasi antara Garuda Indonesia dan Tahilalats yang pertama kali diperkenalkan pada akhir 2024. IP ini kini resmi diadopsi oleh Mitsubishi Motors Indonesia sebagai bagian dari strategi peluncuran lini mobil terbaru mereka yang akan diumumkan dalam waktu dekat. Mitsubishi menjadi mitra perdana yang melakukan pembelian atas IP ini, yang menandai sebuah langkah strategis dalam integrasi konten lokal ke dalam kampanye global.

Pihak Garuda Indonesia menyambut baik kolaborasi ini dan menyampaikan apresiasi atas dukungan Kementerian Ekraf terhadap inisiatif pemanfaatan IP. Bagi Garuda, Sky Explorer bukan sekadar produk kreatif, tetapi juga jembatan untuk memperluas kolaborasi dengan berbagai talenta ekraf.

“Kami merasa bangga dan sangat terbantu atas dukungan Ibu Wamen. Ini adalah pilot project kami dalam ranah IP lokal, dan semoga menjadi awal dari banyak kolaborasi lainnya. Kami ingin terus membuka ruang bagi IP-IP Indonesia untuk tumbuh bersama kami,” ujar Direktur Utama Garuda Indonesia, Wamildan Tsani.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Ulya Hajar Dzakiah Yahya
Editor: Ulya Hajar Dzakiah Yahya

Advertisement

Bagikan Artikel: