Kredit Foto: Prudential Syariah
PT Prudential Sharia Life Assurance (Prudential Syariah) memperluas jangkauan literasi keuangan syariah dengan menggandeng Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Maulana Hasanuddin Banten. Kegiatan ini melibatkan ratusan peserta dari kalangan mahasiswa, dosen, dan komunitas dalam edukasi literasi asuransi syariah yang digelar di kampus UIN, Senin (30/6/2025).
Program bertajuk “Literasi Asuransi Syariah untuk Negeri” ini mengangkat tema Crafting Digital Strategies for Gen Z in Sharia Life Insurance, guna menjawab tantangan rendahnya literasi dan inklusi keuangan syariah di Indonesia.
Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) 2025 mencatat, tingkat literasi keuangan syariah berada di angka 43,42%, sementara tingkat inklusi masih tertinggal di 13,41%. Tingkat penetrasi asuransi syariah pun belum menyentuh 1%.
Baca Juga: Prudential Indonesia Gelar Prudential Blood Drive 2025, Peringati Hari Donor Sedunia
“Prudential Syariah berkomitmen untuk turut mempercepat pertumbuhan keuangan syariah yang inklusif dan berkelanjutan di Indonesia, dengan berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk mendorong edukasi dan inovasi layanan berbasis syariah bagi masyarakat Indonesia, salah satunya anak muda,” kata Head of Marketing, Customer, and Corporate Communications Prudential Syariah, Adhi Nugraha Sugiharto.
Ia menyebut kolaborasi dengan UIN Banten menjadi langkah strategis dalam mendorong generasi muda agar memahami sekaligus terlibat aktif dalam ekonomi syariah nasional.
Selain edukasi keuangan syariah, Prudential Syariah juga menggarisbawahi pentingnya pendekatan digital untuk menjangkau Gen Z. Survei We Are Social 2024 menunjukkan bahwa 79% anak muda Indonesia mengandalkan media sosial sebagai sumber utama informasi, termasuk soal asuransi.
“Melalui strategi digital yang relevan dan tepat sasaran, kami ingin menjangkau generasi muda dengan cara yang dekat dan bermakna. Kami aktif memanfaatkan format konten seperti podcast, video, dan narasi emosional yang relatable,” ujar Adhi.
Baca Juga: 73% Anak Muda Butuh Asuransi, Prudential Siap Menjemput Bola
Untuk memperkuat semangat kewirausahaan di kalangan mahasiswa, Prudential Syariah juga memperkenalkan komunitas GenPRU Syariah, wadah pengembangan usaha yang berlandaskan nilai syariah. Mahasiswa didorong menjadi pelaku usaha yang tidak hanya tangguh, tetapi juga memberi dampak sosial dengan membantu masyarakat memperoleh proteksi berbasis syariah.
Prudential Syariah menekankan bahwa literasi, teknologi, dan kewirausahaan adalah tiga pilar utama dalam menguatkan posisi asuransi syariah di Indonesia. Langkah ini diharapkan mampu membangun ketahanan finansial nasional dan meningkatkan keterlibatan generasi muda dalam mendorong pertumbuhan ekonomi syariah yang inklusif dan berkelanjutan.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Annisa Nurfitri
Editor: Annisa Nurfitri
Advertisement