Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Verisign: Bangun Identitas Online Kuat dengan Domain Tepat

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Di era serba digital seperti sekarang kini, penting bagi perusahaan untuk menyadari perlunya membangun identitas brand online ketika menjalankan bisnis. Hal tersebut tidak hanya berpengaruh terhadap visibilitas perusahaan, tetapi juga dapat menjadi salah satu cara utama untuk tetap hadir dan terikat di benak konsumen di tengah pasar yang luas dan kompetitif, terutama di Indonesia dimana APJII mencatat sebanyak 88,1 juta masyarakat menggunakan internet secara aktif selama tahun 2014.

Adanya penggunaan yang luas akan mesin pencarian (search engine) membuat para pelaku bisnis mendaftarkan nama domain pilihan mereka yang secara khas menggambarkan brand mereka, lokasi yang uniik, atau ungkapan yang mudah diingat untuk membantu para pengunjung menemukan situs mereka secara online.

Ketika kita berbicara mengenai identitas online, kita berbicara mengenai bagaimana membangun sebuah situs perusahaan yang hebat, yang tentunya membutuhkan registrasi nama dan domain yang valid. Di masa kini, organisasi maupun perusahaan dapat memilih dari sekitar 500 ekstensi Nama Domain Tingkat Tinggi (gTLDs) yang berbeda untuk mendaftarkan domain bagi situs mereka. 

Menurut PANDI, terdapat lebih dari 400.000 nama domain dengan beragam ekstensi yang terdaftar hingga Juni tahun ini di Indonesia. Kondisi tersebut mencerminkan perkembangan dan potensi bisnis e-commerce di Indonesia. Angka tersebut juga diprediksi akan mencapai pertumbuhan sebesar 42% dari tahun 2012 hingga 2015, sebagaimana dikutip dari sebuah studi dari lembaga riset ICD Research.

Oleh karena itu, memilih nama domain yang tepat merupakan hal penting dalam membangun identitas online yang berdampak. Terbukti bahwa area baru di internet tidak dapat memberikan jaminan bagi para pengguna dalam meningkatkan bisnis secara online.

Seiring dengan perkembangan pelaku bisnis yang semakin kreatif dalam strategi pemasaran online mereka, kebanyakan pengguna tetap mengandalkan domain .com sebagai standar global dalam menjalankan bisnis mereka secara online, mengingat kredibilitas dan pengakuan yang muncul setelah penggunaan ekstensi domain .com.

Langkah selanjutnya setelah memilih ekstensi domain .com, adalah memilih nama untuk situs itu sendiri. Sebuah penelitian yang dilakukan Verisign menyatakan bahwa perusahaan yang merasa sulit dalam menemukan nama yang tepat akan terkejut saat mengetahui bahwa mereka akan menemukan nama yang tepat dalam percobaan yang ketujuh dari total sepuluh percobaan. Tidak hanya itu, fakta tersebut juga menunjukkan bahwa banyak sekali domain dengan nama singkat yang terdaftar sebelumnya sudah tersedia sekarang dan didaftarkan oleh para pelaku bisnis dan perorangan setiap hari.

Apabila para pengguna menginginkan nama domain yang lebih singkat, maka para pengguna sangat mungkin mendapatkannya tanpa harus ke pasar sekunder atau beralih ke ekstensi domain lainnya. Berdasarkan data registrasi .com yang dimiliki oleh Verisign selama semester pertama di tahun 2014, sekitar 13% dari registrasi harian merupakan nama domain yang singkat dengan hanya lima sampai enam karakter. Yang lebih menarik lagi adalah kebanyakan nama tersebut belum pernah didaftarkan sebelumnya.

Namun demikian, sebuah nama domain yang baik tidak selalu harus singkat. Banyak ahli yang merekomendasikan penggunaan nama deskriptif yang lebih mudah diingat. Meskipun banyak para pelaku bisnis berusaha mendaftarkan nama domain yang singkat, banyak juga nama-nama domain yang lebih panjang dan deskriptif yang telah diregistrasi oleh pengguna.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Achmad Fauzi
Editor: Achmad Fauzi

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: