WE Online, Jakarta - PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM) berkomitmen dalam mendukung pariwisata di Indonesia untuk go global melalui infrastruktur dan layanan information & communication technology (ICT).
Hal ini terlihat dengan penandatanganan nota kesepahaman antara Telkom dengan operator hotel, yakni AccorHotels. Penandatanganan dilakukan oleh Direktur Enterprise and Business Service Telkom Muhammad Awaludin bersama COO AccorHotels Indonesia-Malaysia-Singapore Garth Simmons.
"Kerja sama ini merupakan wujud dukungan Telkom bagi sektor pariwisata Indonesia serta untuk mencapai 20 juta wisatawan pada tahun 2019. Telkom siap membawa pariwisata Indonesia mendunia melalui infrastruktur dan layanan yang berkualitas," ujar pria yang akrab disapa Awaludin tersebut di Jakarta, Senin (28/9/2015).
Menurut Awaluddin, Telkom mendukung kegiatan bisnis beragam portofolio brand AccorHotels Hotel Grup di Indonesia. Adapun, jasa dan sarana berbasis TIMES (telecommunication, information, media, edutainment, services) yang dikelola, dikembangkan, dan disediakan Telkom untuk AccorHotels di Indonesia adalah pemanfaatan layanan digital marketing, pemanfaatan infrastruktur information and communication technology (ICT), penyediaan layanan digital in room entertaiment, penyediaan digital hospitality operation, HR management system, penyediaan digital customer relationship program, serta penyediaan value added services.
"Key success dari suatu destinasi wisata adalah 3A (attractiviness, amenities, dan accessibility). Sinergi antara Telkom dan Accor mampu mendukung A yang kedua, yaitu amenities di mana fasilitas akomodasi yang nyaman dilengkapi dengan infrastruktur ICT yang memberikan nilai tambah bagi wisatawan," tambahnya.
Dalam kesempatan yang sama, Garth Simmons menyambut baik kerja sama ini mengingat besarnya kebutuhan ICT di Accor Asia Pacific Singapore-Malaysia-Indonesia, baik untuk korporat maupun bisnis AccorHotels. Ia berharap kerja sama ini mampu mendukung sinergi kedua belah pihak sehingga output akhirnya adalah peningkatan kualitas pelayanan AccorHotels.
"Akses internet yang andal merupakan salah satu syarat utama untuk memilih hotel bagi para pelanggan. Dengan terus berkembangnya hotel-hotel milik AccorHotels Grup sehingga kami merasa perlu merangkul mitra dengan teknologi informasi yang andal. Kami senang dapat mempererat kerja sama ini yang membuka peluang baru bagi kedua pihak. AccorHotels dan Telkom akan memiliki program strategis terkait loyalitas, produk, korporasi, dan program promosi bersama bagi para pelanggan," ujarnya.
AccorHotels sendiri merupakan salah satu partner bisnis Telkom yang mempunyai lebih dari 90 hotel di tahun 2015 dengan brand hotel seperti Sofitel, Pullman, Mercure, Ibis, Novotel, dan The Hills. Pada tahun 2020 AccorHotels Indonesia menargetkan akan memiliki 200 hotel.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Annisa Nurfitri
Editor: Cahyo Prayogo
Tag Terkait:
Advertisement