Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Firmanzah: Waspadai Inflasi Bila Pemerintahan Baru Naikkan BBM

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Pemerintahan baru perlu melakukan berbagai persiapan matang terkait rencana penyesuaian harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi.

Staf Khusus Presiden Bidang Ekonomi dan Pembangunan Firmanzah mengingatkan pentingnya kesiapan tim pengendalian inflasi agar dampak kebijakan ini terhadap inflasi dapat dikelola secara baik. Menurutnya, kebijakan penyesuaian harga BBM juga akan memberikan tekanan terhadap daya beli masyarakat akibat kenaikan harga pasca-penyesuaian.

Oleh karena itu, lanjutnya, program-program khusus untuk menjaga agar daya beli masyarakat, utamanya kelompok menengah ke bawah dan miskin juga sangat dibutuhkan. Ia juga mengingatkan agar pemerintah menjaga daya beli domestik mengingat tidak kurang 56% PDB nasional dikontribusikan oleh sektor konsumsi domestik.

"Terganggunya sektor ini di saat ekonomi global mengalami tekanan yang besar dikhawatirkan membuat realisasi pertumbuhan ekonomi tahun depan tidak sebesar yang disepakati oleh pemerintah dan DPR RI saat ini," pungkas Guru Besar Fakultas Ekonomi UI itu.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: