Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Mandiri Beri Bantuan ke Korban Erupsi Sinabung

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Bank Mandiri menyalurkan bantuan kepada ratusan kepala keluarga korban erupsi Gunung Sinabung di Sumatera Utara dengan memanfaatkan uang elektronik.

Corporate Secretary Bank Mandiri Rohan Hafas mengatakan masyarakat yang menerima bantuan dapat mencairkan bantuannya melalui kantor-kantor Bank Mandiri atau toko-toko ritel dan kantor pos.

"Bantuan akan dikirim ke masyarakat korban erupsi melalui rekening yang sama dengan nomor telepon seluler penerima," ujar Rohan di Jakarta, Rabu (29/10/2014).

Sebelumnya, Bank Mandiri telah melakukan uji coba penyaluran dana bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) melalui uang elektronik dengan memanfaatkan agen layanan keuangan digital (LKD) sebagai lembaga pembayar di kelurahan Tugu Selatan, Kecamatan Koja, Jakarta Utara.

Uji coba tersebut dilakukan bersama Bank Indonesia, Kementerian Sosial, Kementerian PPN/Bappenas, Kementerian Keuangan, dan Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K). Pada penyaluran dana bantuan PKH penerima akan langsung mendapatkan dana bantuan yang ditransfer oleh bank ke masing-masing nomor handphone penerima.

Skema penyaluran dana bantuan ini, lanjut Rohan, merupakan salah satu upaya untuk mendukung program Gerakan Nasional Nontunai (GNNT) yang dicanangkan Bank Indonesia. Selain itu, langkah ini juga diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat dalam memanfaatkan layanan perbankan nontunai dalam bertransaksi sehingga menjadi lebih efisien dan efektif.

"Berdasarkan pengalaman pada uji coba branchless banking tahun lalu, kami optimis konsep ini dapat lebih mendekatkan bank dengan masyarakat sehingga tingkat financial inclusion di Indonesia dapat terus meningkat," kata Rohan. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: