Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Pertamina: Stok Elpiji Tiga Kg di Kaltim Cukup

Warta Ekonomi -

WE Online, Balikpapan - PT Pertamina (Persero) mengimbau masyarakat di berbagai daerah di Provinsi Kalimantan Timur untuk tidak panik berkenaan dengan berita kelangkaan elpiji tabung 3 kilogram, karena stok yang ada saat ini masih mencukupi.

"Stok elpiji tabung tiga kilogram di Kalimantan Timur cukup," kata Humas Pertamina Marketing Operation Regional (MOR) VI, Andar Titi Lestari, ketika dihubungi di Balikpapan, Sabtu (28/2/2015).

Ia memaparkan sampai dengan akhir Januari 2015, Pertamina MOR VI sudah menyalurkan 438.240 tabung elpiji 3 kilogram di Balikpapan dan Samarinda 677.200 tabung. Total di seluruh wilayah Kaltim sudah beredar 2.479.640 tabung.

"Memang masyarakat kami batasi untuk kepemilikan tabung. Setiap rumah tangga dibolehkan paling banyak punya dua tabung," lanjut Lestari.

Apalagi, karena tabung elpiji 3 kilogram adalah produk subsidi, maka Pertamina semakin ketat mengawasi penyaluran dan peredarannya. Hanya rumah tangga miskin, usaha mikro dan kecil yang boleh menggunakan elpiji tersebut.

Lestari juga menepis ada migrasi massal dari pengguna tabung 12 kg ke tabung 3 kilogram, kendati ada disparitas harga cukup mencolok di antara kedua elpiji tersebut.

Hal itu disebabkan bila belum memiliki tabung elpiji 3 kilogram, konsumen harus membeli dulu tabung itu yang sekarang seharga Rp150.000 per tabung, sehingga untuk memulai menggunakan satu tabung 3 kilogram perlu dana Rp145.000.

"Sementara dia sudah punya tabung 12 kg, yang tinggal ditukar dengan tabung yang sudah berisi gas yang harganya Rp120.000," kata Lestari.

Harga tabung biru elpiji 12 kilogram saat ini sekitar Rp450.000. Untuk pertama kali membeli gas dengan tabung ukuran itu perlu dana lebih kurang Rp600.000. "Bila ada penyelewengan silakan laporkan kepada kami. Bisa langsung ke kantor di Jalan Yos Sudarso atau Jalan Minyak, bisa lewat hotline Pertamina 500000," tambah Lestari.

Di wilayah Kaltim, tambahnya, titik pengisian elpiji berada di komplek kilang Pertamina RU V yang dioperasikan oleh MOR VI.

Dari Balikpapan, elpiji dan juga berbagai jenis BBM, disalurkan ke seluruh darah yang membutuhkan. Transportasi BBM dan elpiji menjadi salah satu komponen yang menentukan harga eceran tertinggi (HET) yang sampai kepada konsumen. Di Kota Balikpapan, HET elpiji 3 kilogram yang ditetapkan melalui SK Wali Kota sebesar Rp16.000 per tabung.

Meski Pertamina menyebutkan stok elpiji cukup, sejumlah pengecer mengaku kesulitan mendapatkan barang untuk dijual di tokonya.

"Yang mudah itu sekarang elpiji tabung 12 kg. Asal telepon saja, barang langsung diantar," kata Budi Kertayasa, pemilik toko di Km 5 Jalan Soekarno-Hatta, Balikpapan.

Sebagai pengecer, Budi memiliki 150 tabung elpiji 3 kilogram, namun karena kesulitan mendapatkan pasokan, mata usahanya sedikit tersendat.

"Macam-macam alasan agen soal elpiji 3 kilogram ini dan saya tidak mau repotlah. Kalau ada ya ada, gak ada ya sudahlah," katanya. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: