Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Jokowi Diyakini Bisa Refleksikan Perjuangan Reformasi

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Organisasi Aktivis yang tergabung dalam Lingkar 98 meyakini Presiden Joko Widodo bisa merefleksikan perjuangan reformasi yang berhasil menggulingkan rezim orde baru di bawah pimpinan mantan Presiden Soeharto pada tahun 1998.

"Presiden Joko Widodo merupakan figur yang tidak dibebani masa lalu, bebas dari konflik kepentingan elite dan bisa merefleksikan perjuangan reformasi," kata Ketua aktivis lingkar 98 Bernard Haloho saat ditemui dalam acara 'Peringatan 17 Tahun Reformasi' di Tugu Proklamasi, Jakarta, Kamis (21/5/2015).

Bernard mengatakan acara peringatan 17 tahun reformasi ini tidak dalam kepentingan apapun, namun merupakan agenda bersama para relawan Jokowi untuk mengukuhkan dukungan penuh mengawal pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla.

"Kami percaya atas dasar dan alasan itu, Jokowi bisa merefleksikan agenda perjuangan reformasi yang kita perjuangkan dulu," ujarnya.

Terkait adanya gelombang protes dari mahasiswa pada Presiden Joko Widodo yang dilakukan di depan istana, mantan aktivis Front Aksi Mahasiswa untuk Reformasi dan Demokrasi 1998 (Famred) itu mengatakan hal tersebut merupakan dinamika dalam konteks demokrasi.

"Perbedaan sikap adalah hal yang dilindungi konstitusi Kalau ada keinginan mahasiswa bergerak ke istana berdemo mengkritisi Jokowi, itu kita homati, selama tidak anarkis. Itu juga yang kita lakukan dulu, ruang demokrasi diberikan seluasnya, namun dengan tanggung jawab sesuai dengan undang-undang," ucapnya.

Sementara itu, Ketua Panitia acara 'Peringatan 17 Tahun Reformasi' Hendrik Sirait yang ditemui di lokasi yang sama mengatakan pergerakan mahasiswa tersebut adalah karena agenda politik serta dimanfaatkan oleh oposisi.

"Mahasiswa yang demo itu juga dimanfaatkan oleh KMP. Mereka kan mau menumbangkan jokowi karena agenda poltik, itulah yang membedakan penggulingan kali ini dengan penggulingan ketika zaman Soeharto," katanya.

Dari informasi yang dihimpun Antara, organisasi massa pendukung Jokowi yang hadir dalam acara tersebut di antaranya Projo, Almisbat, Joman, Seknas Jokowi, Duta Jokowi, Lingkar 98, Laskar Dewa ruci, Yayasan Nawacita, Akar Jati Cirebon, Forum Alumni UI, Repdem, Lingkar Trisakti, Pagar Nusa, Radio MS tri, Fans Cakrawala, Seknas Muda, Jaringan Nasional Indonesia Baru, Gerbang sari, Persatuan Mahasiswa Islam Indonesia Jakarta, Semeton Jokowi, Solidaritas Merah Putih. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: