Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kemendag- Garuda Indonesia Tandatangani MoU

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Kementerian Perdagangan (Kemendag) berkomitmen untuk mewujudkan target sektor perdagangan tahun 2015-2019.

Berbagai upaya terus dilakukan kali ini melalui sinergi antara Kemendag dengan PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk dalam bidang Pemanfaatan Jasa Angkutan Udara Nasional dalam rangka Peningkatan dan Perwujudan Tata Kelola Pemerintahan yang Baik.

"Kemendag melakukan terobosan baru dengan menggandeng maskapai nasional, yaitu Garuda Indonesia, untuk mencapai target kerja yang telah ditentukan. Peran jasa angkutan udara sangat penting dalam upaya meningkatkan aktivitas perdagangan," kata Menteri Perdagangan Rachmat Gobel usai menyaksikan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara Kemendag dengan PT Garuda Indonesia di Gedung Kemendag, Jakarta, Kamis (2/6/2015).

Lebih lanjut, Gobel menjelaskan ruang lingkup kerja sama yang dilakukan cukup komprehensif. Meliputi pemanfaatan jasa angkutan udara nasional guna meningkatkan perdagangan, pelaksanaan tata kelola pemerintahan yang baik di lingkungan Kementrian perdagangan, dan pemberian dukungan pada program dan kegiatan yang dilakukan kedua belah pihak.

Ia menambahkan kerja sama ini bertujuan untuk meningkatkan perdagangan dan promosi kedua belah pihak sekaligus menjadi instrumen pengawasan internal terhadap penggunaan APBN, khususnya perjalanan dinas pegawai dan pengiriman barang melalui kargo. "Kerja sama ini juga sangat mendukung upaya meningkatkan ekspor 300%," jelasnya.

Sementara itu, Direktur Utama Garuda Indonesia Arif Wibowo mengatakan kerja sama Garuda Indonesia dengan Kemendag tidak saja bertujuan untuk meningkatkan peran dan potensi kedua belah pihak.

"Namun, untuk jangka panjang kami mengharapkan kontribusi penguatan peran Kemendag, khususnya mencapai target nasional di sektor perdagangan 2015-2019," tambahnya.

Dalam kaitan tersebut Garuda Indonesia akan memberikan dukungan berupa harga khusus untuk penerbangan domestik maupun internasional. "Termasuk penerbangan kargo dilayani seluruh jaringan penerbangan Garuda Indonesia. Selain itu, seluruh karyawan Kementerian Perdagangan akan mendapatkan ekstra bagasi," tambahnya.

Sekretaris Jenderal Kemendag Gunaryo berharap penandatanganan ini dapat memperkuat roda perdagangan internasional.

"Pemerintah memiliki komitmen besar untuk secara bersama-sama dengan mitra strategis dapat mengimplementasikan butir-butir cakupan kerja sama sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing sehingga mampu meningkatkan perdagangan nasional yang berdaya saing dan mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik," kata Gunaryo.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: