Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Harga Hewan Kurban di Biak Melonjak Tinggi

Warta Ekonomi -

WE Online, Biak - Harga hewan ternak sapi di Kabupaten Biak Numfor, Papua sebulan terakhir melonjak naik hingga 30 persen, terkait semakin dekatnya hari raya Idul Adha 1436 Hijriyah.

Berdasarkan data, Senin (31/8/2015) harga hewan ternak sapi pada hari biasanya dijual seharga Rp16 juta/ekor namun menjelang H-23 lebaran Idul Adha harganya kian meningkat berkisar Rp18 juta hingga Rp20 juta/ekor.

Laasa, salah seorang peternak di Biak, mengakui kenaikan harga hewan sapi mendekati hari Idul Adha 1436 karena meningkatnya permintaan warga muslim untuk ibadah kurban.

"Hewan sapi hasil pengemukan peternak sejak seminggu ini mulai diburu pembeli untuk keperluan ibadah kurban hari raya Idul Adha 1436 H," ujarnya.

Ia mengakui, harga ternak sapi diperkirakan kian meningkat karena makin dekatnya hari reya Idul ADha semakin tinggi kebutuhan warga muslim sehinga memicu kenaikan harga jual di pasaran.

Sebelumnya, kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Widiarto mengakui, harga jual daging sapi tetap stabil dijual di kota Biak sekitarnya berkisar Rp100 ribu/kg. Sementara untuk harga ternak sapi, menurutnya, diserahkan ke mekanisme pasar karena jika permintaan meningkat akan berdampak dengan kenaikan harga barang yang dijual.

"Secara umum ketersediaan daging sapi masih terpenuhi di Biak, ya ini terus bertahan hingga mendekati hari besar keagamaan," katanya.

Hingga Senin pagi, harga jual sapi di tingkat peternak mencapai Rp18-19 juta/ekor sedangkan harga kambing untuk hewan kurban di atas Rp4 jutaan/ekor. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Achmad Fauzi

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: