Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Bencana Asap, Pemerintah Berharap Turun Hujan

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Hari ini Komisi II DPR menggelar rapat dengar pendapat (RDP) dengan pihak pemerintah yang diwakili oleh Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, dan Kepala BNPB Willem Rampangilei. Agenda yang digelar adalah mendengarkan paparan terkait Panja Asap.

Secara keseluruhan, anggota DPR mendorong pemerintah untuk menetapkan bencana asap sebagai bencana nasional karena sudah banyak kerugian yang ditimbulkan dari musibah yang menimpa warga di sejumlah wilayah di Kalimantan dan Sumatera.

"Kami mendorong agar pemerintah segera menetapkan ini sebagai bencana nasional," kata pimpinan sidang Lukman Edy di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (13/10/2015).

Sementara itu, menanggapi sejumlah pertanyaan dari DPR, Pramono mengungkapkan pemerintah tak tinggal diam, bahkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pun turun tangan langsung menangani bencana asap tersebut.

"Presiden tiap minggu ada di lapangan sehingga persoalan di lapangan sudah dipahami pemerintah. Kenapa ini lama? Karena kemarau saat ini kemarau terpanjang, jadi selain ada yang membakar ada juga secara alamiah mereka terbakar dengan sendirinya," kata Pramono.

Pemerintah, lanjut Pramono, sudah melakukan langkah-langkah strategis untuk menangani kabut asap itu. Kendati demikian, selain operasi teknis, pemerintah pun berharap agar ada bantuan alam untuk meredakan bencana asap tersebut.

"Selain mengharapkan hujan, secara preventif ke depan pelaku dunia bisnis di kehutanan semua diwajibkan melakukan tindakan preventif, yang berdekatan dengan lokasi itu diminta untuk menangani hal tersebut," terang Pram.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Ferry Hidayat
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: