Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

OJK Imbau Warga Cerdas Pilih Investasi

Warta Ekonomi -

WE Online, Manado - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengajak masyarakat di Kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara untuk cerdas berinvestasi.

"Akhir-akhir ini di Kota Manado marak terjadi investasi bodong dan banyak diminati masyarakat, sehingga kami terus mengingatkan agar warga Manado lebih hati-hati dan cerdas memilih," kata Kepala OJK Provinsi Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Gorontalo, dan Maluku Utara (Suluttenggomalut) Dwi Suharyanto di Manado, Senin (30/11/2015).

Dwi mengatakan di Kota Manado ada begitu banyak investasi yang diawasi oleh OJK dan dijamin tidak ada unsur penipuan.

"Sebelum berinvestasi, masyarakat harus tahu dan paham terlebih dahulu produk yang akan kita beli tersebut, apakah perusahaan tersebut terdaftar dan diawasi pemerintah atau tidak," katanya.

Jika suatu perusahaan melakukan aktivitas investasi dan tidak diawasi oleh pemerintah, hal tersebut patut dipertanyakan dan pastinya tidak akan bertahan lama. Terlebih dahulu, katanya, masyarakat harus teliti sebelum melakukan transaksi keuangan dan berinvestasi, pahami manfaat, biaya dan resiko, serta hak dan kewajiban.

"Jangan cepat tergiur terhadap penawaran investasi dengan janji keuntungan yang tidak wajar," ujarnya.

Selain itu, katanya, pastikan produk/jasa atau orang/perusahaan yang melakukan penawaran investasi tersebut telah memiliki izin sesuai peruntukkannya dari salah satu lembaga atau otoritas yang berwenang.

"Surat izin usaha perdagangan (SIUP) bukanlan izin untuk melakukan penghimpunan dana masyarakat dan pengelolaan investasi," katanya.

Ia mengharapkan masyarakat segera melaporkan kepada polisi atau sekretaris satgas waspada investasi, apabila mengetahui ada tawaran menghimpun dana dan pengelolaan investasi yang ilegal atau mencurigakan. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: