Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Saus Sambal dan Saus Tomat RI Laris di CIIE

Warta Ekonomi -

WE Online Tiongkok-  Produk-produk cita rasa Indonesia berhasil menarik pasar Tiongkok. Dalam perhelatan China International Import Expo (CIIE) 2016, produk saus sambal dan saus tomat yang dipamerkan Paviliun Indonesia laris manis dipesan pengunjung.

Pada pameran yang berlangsung pada 19-21 Mei 2016 di Kunshan, Tiongkok itu, Indonesia berhasil meraup total transaksi sebesar USD 652 ribu. Dalam kontrak pembelian, produk saus sambal dan saus tomat dibeli sebanyak 10 kontainer dalam dua bulan ke depan. Produk-produk ini rencananya akan mengisi gerai Olle Supermarket yang mempunyai 50 cabang di Shanghai dan sekitarnya. Produk saus sambal ini juga bakal mewarnai rak-rak Sam’s Club untuk 5 cabang Lotte, serta supermarket lokal di Tiongkok.

 "Kami percaya produk Indonesia tak kalah bersaing di pasar utama Tiongkok," Kata Plt Dirjen Pengembangan Ekspor Nasional (PEN) Kementrian Perdagangan, Tjahya Widayanti, kemarin.

Tidak hanya itu, produk handicraft kayu dan batu-batuan, kopi luwak, perhiasan, makanan ringan, oil scrub & aromatherapy, biskuit dan wafer, sabun, palm wax, minyak goreng dan margarin juga meraih atensi dari sekitar 1.500 pengunjung dari berbagai negara, seperti Singapura, Taiwan, dan Jepang.

Menurut Tjahya, pameran CIIE 2016 mampu menunjukkan perannya dalam mendorong ekspor ke Tiongkok. Ia pun  mengapresiasi kesuksesan promosi ini, terutama berkat peran perwakilan Indonesia di Tiongkok, seperti Atase Perdagangan Beijing dan Konsulat Jenderal RI di Shanghai.

"Dibutuhkan sinergi dan dukungan berbagai pihak agar Indonesia dapat memanfaatkan peluang di Tiongkok untuk meningkatkan ekspor dan menjadi salah satu negara utama sumber impor mereka,” tegasnya.

 CIIE 2016 merupakan pameran industri perdagangan bertaraf internasional terbesar untuk produk impor dan didukung penuh pemerintah Tiongkok.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Boyke P. Siregar

Advertisement

Bagikan Artikel: