Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Pertamina dan Shell Kerjasama Crude Processing Deal

Warta Ekonomi, Jakarta -

PT Pertamina (Persero)  mengajak  Shell International Eastern Trading Company (SIETCO) bekerjasama untuk mengelola minyak mentah basrah crude milik Pertamina .Dengan skema crude processing deal (CPD) sebagai upaya untuk meningkatkan nilai tambah pada rantai pasokan BBM dalam negeri.

“ Skema CPD memungkinkan Pertamina memperoleh nilai tambah dari minyak sour hasil produksi di Irak, Basrah Crude yang belum dapat diproses di kilang dalam negeri, dengan produk BBM yang dapat dibawa ke Indonesia dalam rangka mengurangi ketergantungan akan produk minyak impor,” Kata Direktur Utama Pertamina Dwi Soetjipto.

Menyusul penandatanganan kontrak pada Juni lalu, kemarin dilakukan serah terima dokumen kontrak CPD antara Senior Vice President Integrated Supply Chain (ISC) Pertamina Daniel S. Purba dan General Manager, Product East, Trading & Supply SIETCO Leong Wei Hung . Penyerahan dokumen disaksikan  oleh Dwi Soetjipto bersama Presiden Direktur PT Shell Indonesia Darwin Silalahi.

SIETCO dipilih sebagai mitra melalui proses seleksi yang cukup panjang dari Januari hingga Mei 2016. Saat ini, SIETCO juga terdaftar sebagai salah satu Daftar Mitra Usaha Terseleksi (DMUT) ISC Pertamina.

Berdasarkan kesepakatan itu, volume minyak mentah yang akan diolah adalah 1 juta barel per bulan dan Pertamina dapat memperoleh produk bahan bakar, termasuk Mogas, Aviation Fuel, Diesel, MFO, LPG, sesuai dengan kebutuhan Pertamina.

"CPD sejauh ini mampu menaikkan tingkat persaingan pada proses tender produk minyak di Pertamina. Oleh karena itu, kita melihat potensi untuk perbaikan dan peningkatan pelaksanaan CPD di masa depan," kata Dwi.

Sementara itu Presiden Direktur Shell Indonesia Darwin Silalahi menyambut kemitraan CPD dengan Pertamina,”Kami gembira dengan kemitraan CPD yang terjalin antara Pertamina dan Shell karena ini menjadi fondasi bagi Shell untuk mempunyai kerjasama yang lebih dalam dan bermakna dengan Pertamina sebagai salah satu perusahaan migas nasional terbesar di regional,”Kata Darwin

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Boyke P. Siregar

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: