Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Sistem Daring Buka Keterisolasian Papua

Warta Ekonomi, Jakarta -

Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo secara khusus mendorong terbangunnya desa daring untuk membuka keterisolasian desa-desa di Papua.

Eko dalam keterangan tertulisnya yang diterima di Jakarta, Rabu (28/9/2016), mengatakan sistem informasi desa yang tersambung secara daring akan sangat membantu dalam membuka keterisolasian desa.

Misalnya, karena keterbatasan infrastruktur, desa kesulitan membuat laporan dana desa, maka sistem informasi daring akan memudahkan ini, katanya.

Ia menegaskan pemerintahan Jokowi menjalankan komitmen membangun Indonesia dari pinggiran dan desa-desa, di antaranya dengan menyalurkan dana desa yang meningkat dari tahun ke tahun.

Pada 2015, jumlah dana desa sekitar Rp22,7 triliun lalu naik menjadi Rp46,8 triliun di 2016. Adapun tahun 2017 akan dinaikkan lagi menjadi Rp70 triliun, lanjut ke 2018 melonjak signifikan menjadi Rp103 triliun, hingga tahun 2019 menjadi Rp111 triliun.

"Dana ini akan dibagi untuk 74.754 desa tahun 2016, sedangkan tahun 2017 jumlah desa bertambah menjadi 74.954 desa. Jadi tahun ini rata-rata dana desa saja Rp600 juta hingga Rp700 juta per desa, belum lagi dari ADD yang bersumber kabupaten serta bantuan dari provinsi sehingga setiap desa rata-rata sudah lebih dari Rp1 miliar," katanya.

Eko mengakui penyaluran dana desa masih ada kendala terutama karena keterbatasan infrastruktur desa dan kapasita masyarakat. Namun dengan adanya teknologi informasi dan komunikasi yang masuk ke desa, maka dirinya meyakini bisa teratasi.

Menurut dia, banyak masukan adanya komplain masyarakat desa, yang justru tersampaikan dengan masuknya teknologi informasi. Masalah pun bisa lebih mudah teratasi.

Misalnya kejadian ada wabah belalang yang menjadi hama pertanian di Kalimantan. Kemudian diposting warga kepada saya melalui media, lalu saya teruskan ke Menteri Pertanian dan tim dari pusat untuk mengatasi hama dapat segera diturunkan," ujar dia. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Vicky Fadil

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: