Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Mandiri Dongkrak Kredit Mikro 17,6 Persen pada 2016

Mandiri Dongkrak Kredit Mikro 17,6 Persen pada 2016 Kredit Foto: Sufri Yuliardi
Warta Ekonomi, Jakarta -

PT Bank Mandiri Persero Tbk mendongkrak pertumbuhan kredit mikro sebesar 17,6 persen secara tahunan (year on year/yoy) per akhir 2016, atau mencapai Rp39,19 triliun, kata Direktur Utama Bank Mandiri Kartika Wirjoatmodjo.

Kredit mikro tersebut termasuk pembiayaan yang disalurkan kepada 1.207.656 debitur Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) sepanjang 2016, kata Kartika melalui pesan elektronik diterima di Jakarta, Rabu (11/1/2017).

Selain penyaluran kredit, kata Kartika, Mandiri juga mengembangkan bisnis UMKM dengan mendirikan Rumah Kreatif BUMN (RKB) Bank Mandiri, yang saat ini di Indonesia berjumlah 17 unit.

"Tiga di antara 17 tersebut, yakni di Surabaya, Trenggalek, dan Ponorogo, diresmikan dan diperkenalkan pada Rabu ini," ujar Kartika, yang akrab disapa Tiko.

Tiko menuturkan RKB Bank Mandiri tersebut untuk memberdayakan UMKM secara berkelanjutan, salah satunya dengan memperkenalkan unsur teknologi dan informasi dalam bisnis. Dengan pemberdayaan UMKM, diharapkan akses pendanaan dari industri keuangan, termasuk perbankan, akan semakin mudah.

"Di RKB, UMKM akan mendapatkan manfaat seperti digitalisasi usaha melalui portal e-commerce blanja.com, seleksi UMKM potensial untuk pengembangan usaha lanjutan, serta pelatihan pengembangan kewirausahaan terkait proses produksi, bahan baku, packing, branding, dan pengelolaan keuangan," kata dia.

Tiko mengatakan sasaran utama RKB Bank MAndiri adalah pelaku UMKM yang menjadi nasabah Mandiri segmen mikro, penerima program KUR Bank Mandiri, alumni Program Kemitraan Bank Mandiri serta UMKM lain yang berlokasi di sekitar RKB Mandiri.

Selain tiga RKB di Jawa Timur, Mandiri juga memiliki 14 RKB lainnya, yakni di Bogor dan Cilegon di Jawa Barat, Kupang (Nusa Tenggara Timur), Lampung Utara (Lampung), Pekanbaru (Riau), Lubuk Linggau (Sumatera Selatan), Semarang (Jawa Tengah), Pontianak (Kalimantan Barat), Penajam Paser Utara (Kalimantan TImur), Gorontalo (Gorontalo), Gowa (Sulawesi Selatan), Banggai (Sulawesi Tenggara), Ambon (Maluku), dan Wamena (Papua). (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Vicky Fadil

Advertisement

Bagikan Artikel: