Maskapai Sriwijaya Air menyiapkan 191.000 kursi tambahan untuk mengantisipasi lonjakan penumpang selama masa angkutan Lebaran 2016.
Senior Manager Corporate Communications Sriwijaya Air Group Agus Soedjono dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu (22/6/2016) mengatakan 191.000 kursi tersebut akan mulai dilayani mulai 24 Juni sampai dengan 17 Juli 2016.
"Penyediaan 'extra flight' (penerbangan tambahan) tahun ini meningkat sangat tajam sehubungan dengan penyediaan pesawat yang semakin baik dan lebih banyak jumlahnya di satu sisi, serta karena permintaan pasar yang sangat signifikan di sisi lain," katanya.
Bila dibandingkan tahun lalu, Agoes menuturkan, penerbangan tambahan tahun ini dua kali lebih banyak karena adanya tren bahwa masa Lebaran pun dapat digunakan sebagai masa liburan oleh pelanggan yang tidak merayakan Lebaran.
Tahun ini, dia menyebutkan, penerbangan tambahan Sriwijaya Air Group dilakukan di 18 rute penerbangannya.
Secara rinci rute-rute tersebut yaitu Jakarta-Solo PP, Makassar-Sorong PP, Makassar-Banjarmasin PP, Jakarta-Semarang PP, Jakarta-Padang PP, Jakarta-Kualanamu PP, Surabaya-Balikpapan PP, Jakarta-Surabaya PP, Jakarta-Denpasar PP, Jakarta-Jogjakarta PP, Jakarta-Tanjung Karang PP, Jakarta-Pontianak PP, Jakarta-Malang PP, Jakarta-Silangit PP, Jakarta-Pangkalpinang PP, Makassar-Manokwari PP, Makassar-Balikpapan PP dan Surabaya-Makassar PP.
Lebih lanjut, dia menjelaskan penambahan jadwal penerbangan untuk rute Jakarta-Solo PP adalah tiga kali sehari, sementara untuk rute Jakarta-Padang PP dan Surabaya-Balikpapan PP tambahannya dua kali sehari dan untuk rute yang lain hanya satu kali dalam sehari.
Agoes menambahkan penerbangan tambahan akan dilayani dengan menggunakan armada terbaru dengan jenis Boeing 737 800NG dan Boeing 737 900ER.
Namun demikian, lanjut dia, untuk beberapa rute yang memliki kapasitas bandar udara lebih kecil akan dilayani dengan menggunakan Boeing 737 500.
Disamping itu, dalam rangka memberikan kemudahan, Agoes mengatakan seluruh pelanggan yang melakukan transaksi atau membeli tiket Sriwijaya Air dan NAM Air melalui situs resmi perusahaan dapat langsung menikmati layanan "Web Check In".
Layanan tersebut memungkinkan seluruh pelanggan dapat memilih nomor dan posisi kursinya (seats) tanpa dipungut biaya sepeser pun serta dapat mencetak sendiri Boarding Pass-nya. Namun demikian, guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan diharapkan pelanggan dapat memastikan rencana perjalanannya sedini mungkin.
"Agar hajatan pulang kampung dapat berjalan lancar dan tidak terganggu karena tidak mendapatkan tiket yang diinginkan, ada baiknya tiket penerbangan sudah dibeli jauh hari sebelumnya," katanya. (Ant)
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Editor: Vicky Fadil
Tag Terkait: