11.11, Alibaba Gelar Festival Belanja Online Tahunan Terbesar di Dunia
Kredit Foto: Sufri Yuliardi
Raksasa e-commerce Alibaba mengatakan penyelidikan oleh otoritas Amerika Serikat (AS) tidak akan mempengaruhi acara Singles Day, festival belanja online terbesar di dunia yang akan digelar minggu depan.
Securities and Exchange Commission (SEC) sedang memeriksa metode akuntansi perusahaan yang digunakan untuk penjualan Singles Day.
Mengutip BBC di Jakarta, Kamis (3/11/2016), situs ritel online terbesar di dunia tersebut mengatakan pada akhir Mei bahwa SEC memulai penyelidikan pada awal tahun ini. Kendati demikian, SEC mengatakan penyelidikan yang dilakukan tidak berarti bahwa Alibaba telah melanggar hukum.
Tahun lalu, Alibaba mencetak rekor total penjualan sebesar US$14 miliar. Akumulasi konsumsi nasional dalam Singles Day tersebut mampu melampaui penjualan gabungan dari Black Friday dan Cyber Monday, hari penjualan online terbesar di Amerika Serikat, yang jatuh pada Senin pertama setelah Thanksgiving. Rekor penjualan yang mereka capai tersebut meningkat 60 persen dari hasil tahun sebelumnya.
Pengguna internet China membelanjakan miliaran dolar dalam Singles Day. Pesta konsumsi tingkat tinggi tersebut menggambarkan kekuatan konsumsi China di tengah melambatnya pertumbuhan ekonomi negara Tirai Bambu tersebut.
"Alibaba Group telah mengubah 11.11 menjadi pengalaman belanja mobile yang belum pernah terjadi sebelumnya. Selama belanja maraton 24 jam, konsumen akan mendapat kejutan baru setiap jam yang disesuaikan untuk pengguna ponsel. Seluruh dunia akan menyaksikan kekuatan konsumsi China pada 11 November ini," kata CEO Alibaba Daniel Zhang.
Dikenal sebagai acara belanja online selama 24 jam terbesar di dunia, Singles Day jatuh pada 11 November setiap tahunnya, yang secara resmi dimulai pada tengah malam. Tahun ini, acara tersebut disebut sebagai Double 11 (11.11).
Singles Day diciptakan pada tahun 1990-an sebagai cara untuk merayakan kehidupan para single (lajang), tetapi Alibaba menjadi perusahaan besar pertama yang membuat hari tersebut sebagai hari belanja, dengan meluncurkan penjualan online khusus pada tahun 2009 yang secara efektif mengubah hari bagi para single menjadi fenomena belanja. Alibaba menjadikan 11 November sebagai hari yang spesial bagi seluruh rakyat China.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Editor: Cahyo Prayogo
Tag Terkait: