Kembangkan Marketplace Obligasi Korporasi , Bareksa Gandeng FIF Group
Marketplace finansial Bareksa dan PT Federal International Finance atau FIFGROUP, anak Perusahaan PT Astra International Tbk yang bergerak di bidang pembiayaan, menandatangani Memorandum Kesepahaman (MOU) yang menjadi tahap awal kerja sama untuk mengembangkan marketplace obligasi korporasi yang pertama di Indonesia untuk segmen ritel.?
CEO Bareksa Karaniya Dharmasaputra mengungkapkan jika selama ini, akses masyarakat terhadap obligasi masih sangat terbatas. Padahal, potensi imbal hasilnya bagus sekali sehingga masyarakat kita bisa menjadi lebih sejahtera. Hal ini juga sangat strategis untuk stabilitas perekonomian nasional dan pasar modal kita yang selama ini punya ketergantungan yang sangat besar pada investor asing dan institusi.
?Sebagai marketplace investasi, Bareksa terus bergerak menyediakan akses bagi masyarakat terhadap berbagai produk investasi. Setelah reksadana dan obligasi pemerintah, kini kami bekerja sama dengan FIFGROUP untuk melakukan penjualan obligasi korporasi ritel secara online yang pertama di Indonesia,? katanya, dalam keterangan resmi di Jakarta, Senin (27/5/2019).?
Baca Juga: Beli Reksa Dana Syariah Milik Bareksa dan Tokopedia Hanya Rp10 Ribu
Inisiatif e-SBN telah menunjukkan hasil yang sangat menggembirakan. Saat ini, sudah ada lebih dari 17 ribu nasabah yang terdaftar di Bareksa untuk membeli Surat Utang Negara (SUN) Ritel dan Sukuk Ritel hanya dalam satu tahun sejak Bareksa ditunjuk Kementerian Keuangan sebagai mitra distribusi online dengan total dana investasi masyarakat mencapai lebih dari Rp230 miliar.?
?Dan angka ini tengah terus bertumbuh dengan pesatnya. Trend yang sangat bagus dan penting untuk industri keuangan kita,? tambahnya.?
Baca Juga: Bareksa Gandeng Jagartha Advisors Luncurkan Bareksa Prioritas
Tingginya pertumbuhan minat masyarakat terhadap obligasi ritel online juga tercermin pada data Direktorat Jenderal Pembiayaan dan Pengelolaan Risiko Kementerian Keuangan. Penjualan obligasi secara online telah berhasil mendongkrak jumlah investor ritel pada penjualan beberapa seri Savings Bond Ritel (SBR). Untuk SBR003, penjualan online bisa menarik 7.642 investor individu meningkat 16,5 persen dibandingkan jumlah investor SBR002. Trend pertumbuhan ini berlanjut di seri SBR004 dengan jumlah investor 21.672 individu, atau nyaris tiga kali lipat dari seri sebelumnya.?
Menariknya, mayoritas investor SBR online (50,6 persen) berusia di bawah 40 tahun. Padahal, ketika SBR masih dijual hanya secara offline, 77,5 persen investor berusia di atas 40 tahun.?
Baca Juga: FIF Group Terbitkan Obligasi Rp1,5 Triliun
Vice President of Corporate Finance and Treasury FIFGROUP, Jerry Fandy selaku? mengatakan masuknya FIFGROUP ke pasar ritel karena segmen ini sangatlah potensial, namun belum banyak disentuh. Kerja sama dengan perusahaan fintech seperti Bareksa diyakini akan semakin memperluas edukasi dan akses bagi investor ritel untuk membeli berbagai obligasi yang diterbitkan FIFGROUP ke depan, secara mudah dan cepat.?
?Berdasarkan pengalaman kami menerbitkan obligasi untuk investor ritel, kami melihat ada potensi yang sangat besar. Edukasi dan akses yang mudah adalah dua kunci utama, karena itu kami bekerja sama dengan Bareksa sehingga bisa menyentuh lebih banyak investor ritel di Indonesia. Untuk itu kami akan melakukan berbagai penyesuaian supaya obligasi ritel kami bisa berkesesuaian dengan kebutuhan investor di segmen ini. Salah satunya, kami melihat ada ketertarikan yang cukup besar untuk denominasi yang lebih rendah,? jelasnya.?
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Annisa Nurfitri
Editor: Annisa Nurfitri