Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Perang Iklan 10 E-Commerce di TV, Si Orange Ternyata Paling Boros

        Perang Iklan 10 E-Commerce di TV, Si Orange Ternyata Paling Boros Kredit Foto: Unsplash/John Schnobrich
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Aktivitas industri e-commerce Indonesia saat ini masih terus menunjukkan tren positif di tengah kondisi pertumbuhan ekonomi nasional yang melambat di kisaran angka 5% dan juga tren perlambatan ekonomi global disertai peringatan resesi.

        Pertumbuhan positif para pelaku e-commerce ini bisa tercemin, salah satunya dari keberanian dalam mengeluarkan belanja iklan dan promosi, termasuk pada agenda Pesta Diskon 11.11.

        Adstensity belum lama ini merilis hasil monitoring riset iklan TV. Terungkap bahwa belanja iklan TV industri e-commerce pada Januari-September 2019 mengalami kenaikan belanja iklan yang mencapai Rp3,96 triliun atau meningkat 11,54% year on year (yoy) dibandingkan periode yang sama pada 2018 yang mencapai Rp 3,55 triliun.

        Baca Juga: Dituduh Monopoli Pasar, E-Commerce Ini Ditegur Pemerintah China

        Dari sisi jumlah iklan, di periode tersebut tercatat ada 111.480 iklan atau naik 3,76% ketimbang periode yang sama tahun lalu yang mencapai 107.443 iklan.

        Shopee menjadi brand e-commerce yang paling boros dalam mengeluarkan belanja iklan televisi selama Januari-September 2019, yaitu menccapai Rp776,96 miliar. Posisi kedua dihuni Blibli.com dengan belanja iklan Rp527,68 miliar. Traveloka di posisi ketiga dengan belanja iklan Rp406,47 miliar.

        Posisi selanjutnya Misteraladin.com dengan belanja iklan Rp388,07 miliar. Tokopedia menduduki peringkat kelima dengan belanja iklan Rp268,34 miliar. Peringkat keenam ditempati Lazada dengan belanja iklan Rp220,21 miliar.

        Peringkat ketujuh, Tiket.com dengan belanja Rp 208,61 miliar. Lalu, The F Thing dengan belanja Rp175,79 miliar di peringkat kedelapan. Di posisi kesembilan, Sorabel berbelanja Rp162,65 miliar. Posisi kesepuluh, Bukalapak mengeluarkan belanja Rp155,77 miliar.

        Baca Juga: Akhir Tahun Hari Rayanya E-Commerce, Shopee Panen Cuan Besar

        Adstensity mendapatkan data di atas berdasarkan rekaman semua iklan televisi di 13 stasiun TV nasional, yakni RCTI, SCTV, Indosiar, MNC TV, TransTV, Trans7, Global TV, MetroTV, TVOne, ANTV, Kompas TV, Net TV, dan TVRI.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Rosmayanti

        Tag Terkait:

        Bagikan Artikel: