Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Cek Fakta Debat Final Capres AS Terkait Covid-19

        Cek Fakta Debat Final Capres AS Terkait Covid-19 Kredit Foto: AP Photo
        Warta Ekonomi, Washington -

        Presiden Donald Trump dan calon presiden dari Partai Demokrat Joe Biden saking berhadapan dalam debat presiden kedua --dan terakhir-- pada Kamis malam di Nashville, Tennessee.

        Topik yang dibahas dalam debat pamungkas ini termasuk memerangi Covid-19, keluarga Amerika, ras di Amerika, perubahan iklim, keamanan nasional, dan kepemimpinan.

        Berikut adalah cek fakta terkait apa yang dikatakan para kandidat selama debat 90 menit seperti dilansir dari ABC News, Jumat (23/10/2020).

        Trump memberikan keterangan yang menyesatkan ketika membandingkan pandemi COVID-19 dengan respon pemerintahan Obama terhadap H1N1

        KLAIM TRUMP: "Terus terang, (Biden) memerintah saat H1N1, flu babi, dan itu adalah benar-benar sebuah bencana, jauh lebih mematikan, benar-benar sebuah bencana. Seandainya jumlah seperti ini, 700.000 orang akan mati sekarang."

        PERIKSA FAKTA: Meskipun Trump benar bahwa virus H1N1 jauh lebih mematikan daripada Covid-19, adalah menyesatkan untuk menyebut respon pemerintahan Obama sebagai sebuah "kegagalan".

        Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) memperkirakan hingga 575.000 nyawa melayang karena flu babi di seluruh dunia. Dari jumlah tersebut, kurang dari 13.000 adalah orang Amerika, sebagian karena respon yang kompleks, multi-segi, dan jangka panjang dari pemerintahan Obama, tulis CDC kemudian. Sejauh ini, Covid-19 telah merenggut nyawa lebih dari 210.000 orang Amerika, lebih dari delapan bulan sejak kasus virus itu pertama kali diketahui ditemukan di AS.

        Biden salah mengaitkan statistik penggunaan masker dengan penasihat Trump

        KLAIM BIDEN: "Harapannya adalah kita akan memiliki 200.000 orang Amerika tewas dalam waktu antara sekarang dan akhir tahun. Jika kita hanya memakai masker ini, penasihat presiden sendiri telah memberitahunya, kita bisa menyelamatkan 100.000 nyawa."

        PERIKSA FAKTA: Penasihat presiden belum menggunakan perkiraan ini, meskipun kepala CDC sangat merekomendasikan untuk memakainya. Sebuah studi pemodelan oleh University of Washington memperkirakan pada satu titik bahwa jika kebanyakan orang Amerika memakai makser, itu bisa menyelamatkan 100.000 nyawa pada akhir tahun. Perkiraan itu diulangi oleh Tom Frieden, yang memimpin CDC di bawah Presiden Barack Obama.

        Dr Robert Redfield, kepala CDC saat ini di bawah Trump, belum membuat pernyataan seperti itu.

        Menurut kantornya, dia mengatakan bahwa pandemi dapat mulai dikendalikan dalam delapan hingga 12 minggu jika semua orang yang tinggal di Amerika memakai masker wajah, cerdas dalam menjaga jarak dan keramaian, serta mempraktikkan kebersihan tangan yang baik.

        Trump mengatakan Biden menyebut pembatasan perjalanan China sebagai 'xenofobia', tetapi itu tidak jelas

        KLAIM TRUMP: "Ketika saya tutup, dia berkata, 'Ini hal yang buruk. Kamu xenofobia.' Saya pikir dia bahkan menyebut saya rasis, dan - karena saya menutupnya ke China. Sekarang, dia bilang saya harus menutupnya lebih awal. Hanya saja - Joe, tidak berhasil."

        PERIKSA FAKTA: Sementara Trump mengklaim bahwa Biden menentang keputusannya untuk melarang sebagian besar perjalanan dari China pada awal pandemi virus Corona dan bahwa dia menyebut pembatasan itu sebagai "xenofobia," mantan wakil presiden AS itu tidak secara eksplisit mempertimbangkan keputusan itu ketika diumumkan pada 31 Januari. Dia memang menyebut presiden xenofobia beberapa menit setelah larangan perjalanan parsial diumumkan, tetapi tidak menyebut Trump sebagai rasis atas keputusan tersebut.

        Selama acara kampanye pada hari yang sama di Fort Madison, Iowa, Biden membahas kekhawatiran yang berkembang atas wabah Covid-19 dan memperingatkan bahwa Trump harus membiarkan sains "memimpin."

        "Pada saat-saat seperti ini, di sinilah kredibilitas seorang presiden paling dibutuhkan saat dia menjelaskan apa yang harus dan tidak boleh kami lakukan," kata Biden kepada penonton di acara tersebut. Ini bukan waktunya untuk catatan xenofobia histeris Donald Trump dan ketakutan akan memimpin jalan alih-alih sains," ujarnya.

        Komentar itu muncul hanya beberapa menit setelah pengumuman Gedung Putih, jadi tidak jelas apakah Biden merujuk pada keputusan itu secara khusus, tetapi mantan wakil presiden AS itu men-tweet sentimen serupa pada hari berikutnya.

        "Kami berada di tengah-tengah krisis dengan virus Corona," tulis Biden.

        "Kita perlu memimpin dengan sains --bukan catatan Donald Trump tentang histeria, xenofobia, dan rasa takut yang berlebihan. Dia adalah orang yang paling buruk untuk memimpin negara kita melalui keadaan darurat kesehatan global," sambungnya

        Sepanjang Maret, Biden menggunakan kata "xenophobic" dalam berbagai pidato dan tweet untuk mengkritik presiden yang menyebut COVID-19 sebagai "virus China".

        Biden memang mengakui pembatasan perjalanan yang diberlakukan oleh pemerintahan Trump dalam pidatonya pada bulan Maret, mencatat bahwa itu "mungkin" memperlambat penyebaran.

        "Melarang semua perjalanan dari Eropa atau bagian lain dunia dapat memperlambatnya, tetapi seperti yang telah kita lihat, itu tidak akan menghentikannya. Dan pembatasan perjalanan berdasarkan favoritisme dan politik daripada risiko akan menjadi kontraproduktif," kata Biden.

        Kampanye Biden tidak secara eksplisit membahas pandangan wakil presiden tentang larangan tersebut hingga April.

        "Joe Biden mendukung larangan perjalanan yang dipandu oleh para ahli medis, yang didukung oleh pejabat kesehatan masyarakat dan didukung oleh strategi penuh," kata wakil manajer kampanye Biden Kate Bedingfield kepada CNN.

        "Sains mendukung larangan ini, oleh karena itu dia juga melakukannya.

        Trump salah menyatakan komentar Fauci tentang masker

        KLAIM TRUMP: "Tidak ada yang tahu dari mana asalnya, apa itu. Kami sudah belajar banyak. Tapi Anthony bilang jangan pakai masker. Sekarang dia mau pakai masker."

        PERIKSA FAKTA: Dr. Anthony Fauci, salah satu ahli penyakit menular terkemuka di AS, dan ahli kesehatan masyarakat pada awalnya mengatakan kepada orang Amerika untuk tidak memakai masker bedah atau N95 pada hari-hari awal dari apa yang telah menjadi pandemi Covid-19.

        Pada awal pandemi,CDC dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), serta Fauci dan pakar top lainnya, awalnya tidak menyarankan penggunaan masker karena kekhawatiran bahwa masker dan alat pelindung diri lainnya tidak cukup untuk perawat kesehatan yang membutuhkannya. Pejabat kesehatan masyarakat juga khawatir penggunaan masker dapat menimbulkan konsekuensi yang tidak diinginkan jika orang lebih sering menyentuh wajah mereka untuk menyesuaikan atau gagal menjaga jarak sosial.

        "Ada perasaan bahwa akan ada kekurangan hanya bagi mereka yang benar-benar membutuhkannya sejak dini," kata Fauci dalam wawancara baru-baru ini.

        "Itu masalah besarnya. Kami tidak memiliki cukup APD termasuk masker. Kemudian menjadi jelas bahwa masker kain bekerja dengan cukup baik. Dan karena itu tidak ada lagi kekurangan. Kemudian analisis yang berbeda, analisis meta, dan analisis lainnya muncul di situ, itu berhasil."

        Pada awal April, CDC mengubah rekomendasinya tentang penutup wajah untuk masyarakat umum, berdasarkan bukti bahwa sejumlah besar orang yang asimtomatik atau belum merasa sakit menularkan virus.

        Peneliti Duke University juga menyimpulkan bahwa "jika 95 persen orang memakai masker kain saat berada dalam jarak 6 kaki dari orang lain di depan umum, itu akan mengurangi penularan COVID-19 setidaknya 30 persen."

        Trump juga mengatakan dia mengira Fauci adalah seorang Demokrat, tetapi Fauci tidak terdaftar sebagai anggota partai politik mana pun, menurut catatan pemungutan suara Washington.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Muhammad Syahrianto

        Bagikan Artikel: