Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Kisah Perusahaan Raksasa: Nippon Telegraph and Telephone, Telkom Terkaya Ketiga di Dunia

        Kisah Perusahaan Raksasa: Nippon Telegraph and Telephone, Telkom Terkaya Ketiga di Dunia Kredit Foto: Reuters/Issei Kato
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Nippon Telegraph and Telephone Corporation (NTT) adalah salah satu perusahaan telekomunikasi terbesar di dunia. Perusahaan memiliki 64 persen dari penyedia seluler terkemuka Jepang, NTT DoCoMo Inc. Sektor telekomunikasi Jepang terus menghadapi persaingan yang meningkat dari pendatang asing, membuat NTT sangat fokus pada investasi internasional.

        Pendapatan tahunan NTT pada 2020 mencapai 109,44 miliar dolar AS, meningkat 2,1 persen dari 2019 sebesar 107,14 miliar dolar. Laba bersih yang berhasil dibukukan adalah 7,86 miliar dolar, naik 2,1 persen dari tahun sebelumnya. 

        Baca Juga: Kisah Perusahaan Raksasa: Phillips 66, Taipan Minyak AS Racikan Tangan 3 Orang Saudara

        NTT masuk ke dalam Global 500 Fortune berdasar pendapatan totalnya. Ia pada 2020 ini menduduki peringkat 62 dunia.

        Geliat telekomunikasi dunia tengah meningkat saat pandemi virus Corona berlangsung sejak awal tahun 2020. Sebab itulah peningkatan dialami perusahaan telekomunikasi asal Jepang itu.

        Pada kesempatan ini, Rabu (5/11/2020), Warta Ekonomi berkesempatan mengulas perjalanan perusahaan raksasa NTT. Untuk itu, berikut ini uraian mengenai NTT dalam artikel sebagai berikut.

        Pada tahun 1877, satu tahun setelah penemuannya oleh Alexander Graham Bell, telepon tersedia di Jepang. Pada awalnya penggunaannya hanya diperuntukkan bagi pemerintah, organisasi urusan publik seperti polisi, dan beberapa bisnis. Baru pada tahun 1890 layanan telepon tersedia untuk masyarakat umum. 

        Layanan jarak jauh pertama kali tersedia pada tahun 1899 antara Tokyo dan Osaka, dan diskusi dimulai tentang bagaimana industri telepon dapat dikembangkan dengan sebaik-baiknya. Pada tahun 1889, pemerintah menyetujui sistem telepon yang dikelola negara. Meskipun ada seruan agar perusahaan yang dikelola swasta didirikan, Perang China-Jepang tahun 1894 hingga 1895 dan Depresi tahun 1930-an berarti bahwa seruan untuk privatisasi tidak diindahkan.

        Pada tahun 1930-an, Kementerian Komunikasi membentuk panitia penelitian telegraf dan sistem telepon khusus, yang membahas pendirian perusahaan setengah pemerintah, setengah swasta. Rencana awal dibuat untuk pembentukan Nippon Telegraph and Telephone Corporation tetapi ditinggalkan lagi karena kemerosotan ekonomi dan penurunan tiba-tiba dalam jumlah pelanggan telepon.

        Pada tahun 1952, setelah RUU untuk perusahaan telepon umum disahkan, Nippon Telegraph and Telephone Public Corporation (NTTPC) dibentuk, berdasarkan rekomendasi yang dikeluarkan dalam laporan oleh Telegraph and Telephone Restoration Council yang dikelola pemerintah. 

        Ketika Jepang mulai pulih setelah Perang Dunia II, permintaan akan layanan telekomunikasi meningkat. Pada tahun 1953, proyek perluasan lima tahun pertama telegraf dan telepon dimulai, yang menyebabkan peningkatan jumlah pelanggan dari 1,55 juta menjadi 2,64 juta.

        Didorong oleh kebutuhan konsumen dan kemajuan teknologi telekomunikasi, pada tahun 1963 jumlah pelanggan meningkat menjadi 9,89 juta. Seiring dengan pertumbuhan pasar domestik NTTPC yang pesat, NTTPC mulai melakukan ekspansi ke pasar internasional, meskipun pada saat ini kerja sama teknis adalah sejauh mana keterlibatan internasional NTTPC.

        Pada tahun 1972, jumlah pelanggan telepon telah mencapai 20 juta, dan meskipun ada permintaan yang disebabkan oleh pertumbuhan yang begitu besar, NTTPC melihat dua tujuannya direalisasikan pada tahun 1977. Layanan telepon tersedia secara nasional dan perusahaan dapat memasang layanan segera setelah mereka dibutuhkan. 

        Gerakan menuju privatisasi datang perlahan. Sementara itu, NTTPC mulai memeriksa infrastrukturnya. Komisi ad hoc kedua untuk privatisasi pada tahun 1981 memeriksa sisi korporasi "publik" dari NTTPC dan melihat privatisasi sebagai cara untuk meningkatkan efisiensi. 

        Pada Mei sampai Juli 1988, yang terakhir didirikan sebagai NTT Data Communication Systems Corporation (NTT Data), anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki NTT. Undang-undang korporasi NTT mulai berlaku pada tanggal 20 Desember 1984. 

        Nippon Telegraph and Telephone Corporation baru saja diluncurkan sebagai perusahaan saham gabungan yang diprivatisasi pada tanggal 1 April 1985, dengan ketentuan bahwa Undang-Undang Telegraf dan Telepon Nippon dapat direvisi dalam waktu lima tahun.

        Di tingkat internasional, peristiwa serupa terjadi di Amerika Serikat dan Inggris. Pada tahun 1984, Undang-undang Telekomunikasi Inggris mulai berlaku, yang memungkinkan privatisasi British Telecom dan meliberalisasi industri telekomunikasi Inggris, karena pesaing seperti Mercury diberikan izin untuk beroperasi.

        Amerika Serikat mengikuti pola yang sama pada tahun 1984, ketika Sistem Bel Perusahaan Telepon & Telegraf Amerika dibubarkan dan direstrukturisasi menjadi tujuh perusahaan induk regional.

        Setelah privatisasi, pasar dibuka untuk operator baru untuk mulai beroperasi dalam persaingan dengan NTT. Salah satu efek persaingan langsung adalah bahwa NTT diwajibkan untuk menurunkan tarif jarak jauh dan meningkatkan layanannya.

        Pada Juli 1985, beberapa layanan baru diluncurkan. Langkah lebih lanjut untuk meningkatkan kinerja adalah restrukturisasi bisnis NTT menjadi organisasi divisi dan reorganisasi kantor pusat penelitian dan pengembangan dari empat menjadi sembilan laboratorium.

        Dalam hal kegiatan internasional, privatisasi memberi NTT sedikit lebih banyak ruang untuk bermanuver melalui pembentukan anak perusahaan yang memiliki kekuasaan lebih besar di luar negeri. Sebelum privatisasi, operasi luar negeri NTTPC secara keseluruhan telah dibatasi untuk berpartisipasi dalam pertukaran internasional, mengirim tenaga ahli ke luar negeri dan membuat perjanjian dengan sejumlah negara.

        Selama tahun 1960-an dan 1970-an, serangkaian program bantuan teknis diatur antara negara-negara peserta dan NTTPC. Berbagai proyek seperti membantu pendirian pusat pelatihan di Thailand pada tahun 1961 atau mendirikan sistem radio gelombang mikro di Paraguay menjadi ciri kegiatan NTTPC di luar negeri saat ini. Kuwait, khususnya, terlibat dalam serangkaian proyek. 

        Sebuah kontrak ditandatangani pada bulan Juni 1965 antara Menteri Komunikasi Kuwait dan NTTPC yang mengarah pada peluncuran proyek sepuluh tahun. Pendirian kantor perwakilan adalah metode lain dimana NTTPC memperluas operasinya ke luar negeri. 

        Kantor luar negeri pertama NTTPC dibuka di Bangkok pada tahun 1958, menawarkan bantuan teknis, dan basis Eropa didirikan pada tahun 1965 dengan pembukaan kantor perwakilan Jenewa. Ini diikuti pada tahun 1973 dengan pembukaan kantor perwakilan NTTPC di London. 

        NTT telah hadir di Amerika Serikat sejak tahun 1966, ketika karyawan NTTPC dikirim ke New York. Pada tahun 1970, sebuah kantor cabang didirikan dengan tujuan utama membentuk koneksi dengan operator AS, dan selanjutnya memainkan peran penting dalam pengadaan internasional. 

        Pada Mei 1986, perjanjian pembelian dibuat dengan Northern Telecom dalam kesepakatan 250 juta dolar AS.

        NTT International Corporation (NTTI) didirikan pada tahun privatisasi NTT. Dimulai dengan ¥ 3 miliar dan 150 karyawan, ini telah menjadi salah satu anak perusahaan terbesar di NTT pada akhir 1980-an. 

        Peruntungan NTT yang berfluktuasi sejak privatisasi cenderung tercermin pada harga saham perusahaan. Pada Oktober 1986, Menteri Keuangan mengundang tender harga perdana saham NTT sebelum flotasi. Harga awal yang diputuskan adalah 1,97 juta yen. 

        Pada tanggal 9 Februari 1987, NTT telah terdaftar di bursa saham Tokyo, Nagoya, dan Osaka dan segera diperpanjang ke bursa saham Jepang lainnya. Setelah saham diapungkan, mereka mencapai level tertingg 3,18 juta yen pada tahun 1987 tetapi kemudian turun menjadi 1 juta yen pada akhir tahun 1990.

        Privatisasi juga memaksa NTT untuk memeriksa efisiensi operasionalnya dan memberikan layanan pelanggan yang lebih baik. Pada tanggal 23 Mei 1988, Korporasi Sistem Komunikasi Data NTT didirikan sebagai anak perusahaan yang dimiliki sepenuhnya. 

        Ditujukan untuk merancang komunikasi data yang menghubungkan perangkat keras dengan perangkat lunak untuk lembaga keuangan, perusahaan swasta, dan organisasi pemerintah, NTT Data juga menyediakan fasilitas seminar dan konsultasi pelatihan. Itu terbukti menjadi bagian yang menguntungkan dari kelompok NTT. 

        Pada tahun 1990, pendapatan usaha dari Data NTT meningkat menjadi 306,1 milyar yen. Salah satu pencapaian utama NTT Data adalah membantu mendirikan Tokyo International Financial Futures Exchange System pada bulan Juni 1989. 

        Di bidang pengadaan peralatan internasional, peran NTT mulai lebih besar. Sesuai dengan Perjanjian Umum tentang Tarif dan Perdagangan (GATT), pada tahun 1990 pesanan telah tumbuh sembilan persen menjadi 352 juta dolar AS dan termasuk pembelian yang beragam seperti peralatan transmisi digital dari AT&T, sistem pengalihan digital dari Northern Telecom, dan pager saku dan seluler. Seminar pengadaan diadakan di berbagai lokasi Eropa untuk mendorong pemasok Eropa, serta di berbagai kota di Amerika Serikat.

        Pada bulan Maret 1989, kinerja NTT menderita karena meningkatnya persaingan dari operator umum lainnya, biaya peluncuran Data NTT, dan penurunan paksa tarif telepon jarak jauh. Untuk mewujudkan pemulihan, NTT memeriksa kembali struktur administrasinya dan pada April 1989 mengurangi struktur administrasi empat tingkat menjadi tiga tingkat.

        Reformasi pemotongan biaya lainnya adalah pengurangan jumlah staf. Pada puncaknya pada tahun 1979, NTT memiliki 330.000 staf, tetapi pada tahun 1989 perusahaan telah berhasil mengurangi jumlah ini menjadi 276.000. Tidak puas dengan ini, bagaimanapun, ada rencana lebih lanjut untuk pengurangan staf yang lebih besar.

        Pada awal 1990-an, rencana NTT berpusat pada perampingan operasinya dengan cara yang hemat biaya dan menawarkan layanan berkualitas tinggi kepada pelanggannya. Dalam upaya mempromosikan pasar yang adil dan terbuka, NTT membuka Kantor Promosi Persaingan Sehat pada tahun 1990. Dalam jangka panjang, NTT menekankan perlunya mengembangkan teknologi ISDN dan menyadari pentingnya pasar seluler seluler.

        Memang, fokus pada ISDN dan teknologi broadband baru, serta layanan telepon seluler, akan terbukti menjadi landasan bagi strategi pertumbuhan NTT. Sepanjang tahun 1990-an, NTT meningkatkan upaya penelitian dan pengembangannya terkait dengan teknologi mutakhir. Pada tahun 1992, ia mendirikan anak perusahaan NTT Mobile Communications Network Inc. - sekarang dikenal sebagai NTT DoCoMo - untuk mengawasi penjualan ponselnya. Pada tahun 1997, NTT menguasai hampir setengah dari pasar seluler Jepang, yang dideregulasi pada tahun 1994.

        Selama akhir tahun 1990-an, sektor telekomunikasi Jepang berubah dengan cepat. Perusahaan asing diizinkan masuk ke pasar Asia, yang membawa gelombang persaingan yang meningkat. 

        Pada bulan Desember 1996, NTT kehilangan monopoli atas layanan lokal. Sebagai gantinya, bagaimanapun, perusahaan menerima persetujuan untuk menawarkan layanan internasional untuk pertama kalinya. Pada tahun 1997, ia memiliki izin operasi di Inggris Raya, Prancis, Jerman, Hong Kong, dan Singapura.

        Ketika deregulasi mengetuk pintu NTT, manajemen perusahaan membuat kesepakatan dengan pemerintah Jepang untuk mengatur ulang perusahaan sementara pada saat yang sama menjaganya tetap utuh. Rencana reorganisasi mulai dijalankan pada tahun 1997 dan diselesaikan dua tahun kemudian.

        Pemerintah Jepang perlahan menekan NTT untuk menurunkan harganya. Pada akhir 1999, baik NTT Timur dan NTT Barat mulai menawarkan layanan Internet tarif tetap dengan perkiraan biaya bulanan 75 dolar AS. 

        Ketika Kementerian Manajemen Publik, Dalam Negeri, Pos, dan Telekomunikasi Jepang semakin fokus pada peningkatan persaingan di sektor teknologi informasi Jepang, hubungan erat NTT dengan pemerintah, yang membawa banyak manfaat, tampak semakin berkurang.

        Dengan demikian, NTT memasuki abad baru dengan niat untuk mempertahankan pangsa pasarnya. Pada tahun 2000, Verio Inc. melakukan pembelian senilai 5,1 miliar dolar AS, penyedia solusi Internet yang berbasis di AS. 

        Sementara itu, NTT DoCoMo telah menginvestasikan hampir 16 miliar dolar AS di perusahaan seluler global termasuk AT&T Wireless dan KPN Mobile di Eropa. Namun, rencana itu menjadi bumerang ketika saham banyak perusahaan nirkabel di Amerika Serikat dan di seluruh dunia mulai jatuh. Pada Oktober 2002, DoCoMo terpaksa menghapus lebih dari 13 miliar dolar dari investasinya.

        Pada 2002, Norio Wada diangkat menjadi presiden NTT. Selama tahun fiskal tersebut, perusahaan mencatat kerugian 6,35 miliar dolar AS, kerugian terbesar yang pernah dilaporkan oleh sebuah perusahaan non-keuangan di Jepang. Perusahaan mengklaim biaya restrukturisasi dan kerugian investasi sebagai penyebabnya, di samping kemerosotan ekonomi yang terus berlanjut dan jatuhnya konsumsi pribadi.

        Pemimpin baru NTT berjanji untuk memposisikan perusahaan secara menguntungkan untuk mendapatkan keuntungan dari permintaan yang berubah dan teknologi baru. Seiring persaingan di industri telekomunikasi global yang terus meningkat, NTT memang menghadapi masa depan yang penuh tantangan.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Muhammad Syahrianto
        Editor: Muhammad Syahrianto

        Tag Terkait:

        Bagikan Artikel: