Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Kisah Perusahaan Raksasa: Comcast, Telekomunikasi Terkemuka AS Bercuan USD108 M

        Kisah Perusahaan Raksasa: Comcast, Telekomunikasi Terkemuka AS Bercuan USD108 M Kredit Foto: Reuters/Brendan McDermid
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Comcast Corporation adalah perusahaan kabel, telekomunikasi, dan hiburan terkemuka. Awalnya perusahaan ini mengurusi televisi dan kabel. Namun dalam perkembangannya, perusahaan memiliki jejaring bisnisnya hingga ke segmen internet. 

        Comcast mengawali tahun 2020 dengan peningkatan pendapatan sebesar 15,3 persen dari 94,50 miliar dolar AS menjadi 108,94 miliar dolar, sehingga menempatkannya dalam daftar Global 500 Fortune di peringkat 63 dunia. Sementara, keuntungan yang didapat di tahun ini naik 11,3 persen menjadi 12,05 miliar dolar. 

        Baca Juga: Kisah Perusahaan Raksasa: Nippon Telegraph and Telephone, Telkom Terkaya Ketiga di Dunia

        Tak cuma itu, aset milik Comcast pun telah menyentuh angka 263,41 miliar dolar dengan ekuitas saham senilai 82,72 miliar dolar. Capaian ini didapat karena beberapa langkah yang cukup signifikan di tahun sebelumnya.

        Pada 2018, Comcast mengambil alih televisi berbayar papan atas Inggris, yang membantu meningkatkan pendapatan tahunannya sebesar 15 persen pada 2019. Permintaan untuk internet berkecepatan tinggi juga mendorong penghasilan perusahaan. 

        Seperti apa perjalanan Comcast dari awal hingga menjadi salah satu perusahaan raksasa dunia? Kali ini, Jumat (6/11/20202), akan diulas perjalanan Comcast dalam artikel Warta Ekonomi sebagai berikut. 

        Comcast berawal pada awal 1960-an dengan American Cable Systems, sebuah operasi kabel kecil yang melayani Tupelo, Mississippi. Pada saat itu, Amerika Serikat adalah salah satu dari sedikit layanan televisi antena komunitas (CATV) di negara ini.

        Bisnis CATV didasarkan pada fakta bahwa daerah pedesaan kurang terlayani oleh stasiun televisi komersial yang melayani daerah metropolitan yang besar. Tanpa antena besar CATV yang menarik sinyal jauh, konsumen di wilayah ini tidak banyak menggunakan televisi. Meskipun diharuskan membayar CATV, pelanggan menganggap manfaatnya sebanding dengan biayanya.

        Pada tahun 1963 Ralph J. Roberts dan saudaranya Joe menjual minat mereka pada Pioneer Industries, bisnis asesori pria di Philadelphia, dan ingin menginvestasikan hasil penjualannya ke industri baru. Roberts bersaudara meminta seorang CPA muda bernama Julian Brodsky, yang telah membantu mereka melikuidasi Pioneer Industries, dan Daniel Aaron, mantan direktur sistem di Jerrold Electronics, untuk membantu mereka mengevaluasi peluang.

        Mereka sepakat bahwa sistem tersebut hanya memiliki lima saluran dan hanya melayani 1.500 pelanggan, namun investasi tersebut memiliki potensi yang besar. Ralph Roberts membeli American Cable Systems dan kemudian meminta Brodsky dan Aaron untuk bergabung dengannya dalam mengelola perusahaan.

        Pada 1964, mereka memutuskan untuk membeli waralaba tambahan di Meridian, Laurel, dan West Point, di Mississippi timur. Tahun berikutnya, American mengakuisisi lebih banyak waralaba di Okolona dan Baldwyn, Mississippi. Meskipun akuisisi ini berhasil meningkatkan pelanggan, namun tidak banyak berpengaruh pada penetrasi; masih ada jumlah pelanggan yang tidak mencukupi untuk memberikan keuntungan yang tinggi mengingat biaya pengaturan sistem lokal.

        Setelah memutuskan bahwa nama American Cable Systems terdengar terlalu umum untuk perusahaannya yang sedang berkembang, Roberts memutuskan pada tahun 1969 untuk mengubah namanya. Dalam upaya membangun identitas yang lebih berteknologi, dia mengambil bagian dari kata "communication/komunikasi" dan "broadcast/penyiaran", menciptakan Comcast Corporation dan menggabungkan kembali perusahaan tersebut di Pennsylvania.

        Comcast mengatur ulang operasinya pada tahun 1970, menjual operasinya di Florida ke Storer Communications dan membentuk kemitraan terbatas untuk membeli Multiview Cable, sebuah waralaba lokal yang melayani Hartford County di Maryland. Kemitraan terbatas memungkinkan Comcast membiayai pertumbuhan dengan penggunaan minimal dana operasi dan digunakan untuk membiayai akuisisi berikutnya.

        Memprediksi pertumbuhan bisnis Muzak, Comcast juga mengakuisisi waralaba pada tahun 1970 untuk layanan di Denver. Perusahaan kemudian membeli waralaba Muzak di Dallas, San Diego, Detroit, dan Hartford, Connecticut.

        Pada tahun 1972 Roberts memutuskan untuk mengambil perusahaan publik, menawarkan saham di pasar OTC. Pada tahun 1974 Comcast membeli waralaba kabel untuk Paducah, Kentucky, dan pada tahun 1976 memperoleh sistem di Flint, Hillsdale, dan Jonesville, Michigan. Tahun berikutnya, Comcast membeli minat mitranya di Multiview.

        Kabel saat ini telah menjadi lebih dari sekedar layanan antena. Selama beberapa tahun, operator kabel memasukkan akses lokal dan saluran program khusus, serta program dari stasiun independen besar seperti WGN di Chicago dan WTBS di Atlanta.

        Dan Aaron, seorang manajer dengan Comcast aktif di National Cable Television Association (NCTA), melakukan lobi secara efektif untuk melonggarkan program dan pembatasan lainnya. Pada tahun 1977, sebagai ketua NCTA, Aaron membawa banyak usaha industri membuahkan hasil.

        Dengan kekuatan tambahan dalam penawaran produk perusahaan, Comcast dapat memenangkan waralaba untuk melayani bagian utara New Jersey pada tahun 1978, serta Lower Merion, Pennsylvania, dan Warren dan Clinton, Michigan, pada tahun 1979. Melalui kemitraan terbatas, perusahaan kemudian memenangkan waralaba untuk Sterling Heights dan St. Clair Shores, Michigan, dan Corinth, Mississippi. Pada 1983, Comcast telah membeli waralaba Muzak di Indianapolis, Buffalo, Scranton, Pennsylvania, dan Peoria, Illinois.

        Perusahaan membuat langkah penting pada tahun 1983 ketika, dalam kemitraan dengan perusahaan perjudian dan hiburan Inggris, Ladbroke, memenangkan lisensi untuk membangun sistem televisi kabel di pinggiran pemukiman London. Sebagian besar lisensi kabel di Amerika Serikat telah diambil, dan yang tetap mahal atau hanya menguntungkan sedikit. Namun industri ini masih dalam tahap awal di Inggris Raya.

        Selain itu, pemirsa Inggris diprediksi akan menghargai pemilihan kabel. Inggris hanya memiliki sekitar lima stasiun, yang sebagian besar menawarkan program yang didukung pemerintah.

        Pada tahun 1984, saat Comcast menambahkan kemitraan kabel di Baltimore County dan waralaba Muzak untuk Tyler, Texas, perubahan penting terjadi di industri lain. Setelah setengah abad proses pengadilan antimonopoli, pemerintah AS membubarkan Sistem Bel.

        Akibatnya, AT&T dan operasi jarak jauhnya dipisahkan dari 22 perusahaan Bell lokal. Masing-masing perusahaan Bell ini diorganisasikan menjadi satu dari tujuh perusahaan yang melihat televisi kabel sebagai jalur perkembangan logis berikutnya untuk jaringan telepon mereka.

        Comcast melanjutkan pertumbuhan melalui akuisisi. Pada tahun 1985, setelah membeli operasi kabel di Pontiac/Waterford, Michigan, Fort Wayne, Indiana, dan Jones County, Mississippi, Comcast memenangkan hadiah yaitu hak untuk melayani daerah timur laut Philadelphia yang padat penduduk.

        Philadelphia yang padat penduduk. Pada tahun 1986 Comcast mengambil alih sistem kabel yang melayani Indianapolis dan membeli 26 persen saham di Grup W, salah satu perusahaan kabel terbesar di negara itu. Ini membawa pelanggan perusahaan ke lebih dari satu juta pelanggan. Tahun berikutnya, Comcast memperoleh sistem kabel di barat laut Philadelphia dari Heritage Communications, sehingga memperkuat posisinya di pinggiran kota Philadelphia.

        Comcast membeli 20 persen saham Heritage Communications dan 50 persen saham Storer Communications pada tahun 1988. Akuisisi Storer membawa pelanggan lebih dari dua juta pelanggan dan mengangkat Comcast ke posisi kelima perusahaan kabel terbesar di Amerika Serikat.

        Pada tahun 1990, setahun setelah merelokasi kantor perusahaan dari Bala Cynwyd, Pennsylvania, ke Philadelphia, Ralph Roberts mengejutkan perusahaan dan industri dengan menunjuk putranya yang berusia 30 tahun Brian untuk menggantikannya sebagai presiden perusahaan, sementara Ralph Roberts tetap bertahan. sebagai ketua.

        Brian Roberts, yang memiliki kredensial akademis yang sempurna, membungkam kritik dengan membuktikan dirinya sebagai manajer yang sangat efektif. Selain itu, setelah mulai bekerja di perusahaan pada usia tujuh tahun, ia memiliki 23 tahun senioritas, melebihi siapa pun kecuali ayahnya.

        Comcast membuat kesepakatan pada tahun 1991 dengan Metromedia Company, di mana ia membeli unit seluler Metrophone perusahaan itu seharga 1,1 miliar dolar AS. Perusahaan patungan baru, yang didirikan pada tahun 1992, melipatgandakan pasar potensial Comcast menjadi lebih dari 7,3 juta pelanggan.

        Belakangan tahun itu, kantor perusahaan di One Meridian Plaza di Philadelphia dihancurkan oleh api yang membutuhkan waktu 19 jam untuk dipadamkan. Hanya delapan hari kemudian, perusahaan tersebut mendirikan toko empat blok jauhnya di 1234 Market Street. Meski secara resmi merupakan lokasi sementara, 250 karyawan perusahaan sekali lagi berbisnis.

        Pada bulan September 1992, Comcast melakukan panggilan telepon internasional lima arah menggunakan jaringan Comcast dan operator jarak jauh. Tujuannya adalah untuk menunjukkan bahwa perusahaan dapat menangani panggilan telepon dan sepenuhnya melewati jaringan telepon lokal.

        Akhir tahun 1992, Comcast mengambil alih 50 persen dari Storer Communications, membagi aset perusahaan itu dengan Tele-Communications yang berbasis di Denver, perusahaan kabel terkemuka lainnya. Storer dipaksa bubar oleh hutang yang besar yang dibawa dengan bunga tinggi. Hasil penjualan memungkinkan perusahaan induk Storer, SCI Holdings, untuk menghentikan sebagian besar hutangnya.

        Pada tahun 1994 Comcast mengadakan aliansi yang membentuk Sprint Telecommunications Venture, berganti nama menjadi Sprint Spectrum LP pada tahun 1995. Mitra aliansinya adalah Sprint Corp., yang memiliki 40 persen dari usaha tersebut. Tele-Communications Inc., 30 persen; dan Comcast dan Cox Communications Inc, masing-masing 15 persen.

        Pada awal lelang lisensi PCS Komisi Komunikasi Federal (FCC) tahun 1995, Sprint Spectrum adalah pemenang terbesar, memperoleh hak atas lisensi nirkabel di 31 pasar utama AS, yang mencakup populasi 156 juta. Usaha tersebut segera berganti nama menjadi Sprint PCS dan keempat mitra tersebut menghabiskan jutaan dolar untuk membangun jaringan nirkabel.

        Pada tahun 1997 operasi seluler Comcast di Pennsylvania, New Jersey, dan Delaware diubah menjadi teknologi digital, tetapi pada saat itu perusahaan menganggap Sprint PCS -yang menghadapi persaingan ketat dari para veteran seluler seperti AT&T Corp- sebagai penghambat pendapatan.

        Pada bulan Mei 1998, mitra Sprint PCS mengumumkan bahwa mereka berencana untuk menjual 10 persen dari usaha kepada publik melalui penawaran umum, dengan Sprint PCS disiapkan sebagai saham pelacakan di bawah domain perusahaan Sprint (pemegang saham pelacakan saham memiliki hak suara yang sangat terbatas).

        Langkah ini dianggap sebagai langkah pertama menuju kemungkinan keluarnya Comcast, Cox, dan TCI dari usaha patungan. Sementara itu, pada Januari 1998, Comcast mengakuisisi GlobalCom Telecommunications, penyedia layanan jarak jauh regional. 

        Dalam hal kabel, Comcast pada tahun 1994 mengakuisisi operasi kabel AS Maclean Hunter seharga 1,27 miliar dolar AS, memperoleh 550.000 pelanggan tambahan. Pada November 1996 Comcast mengakuisisi properti kabel E. W. Scripps Co dalam pertukaran saham senilai 1,575 miliar dolar.

        Ada 800.000 pelanggan Scripps membawa kepemilikan kabel Comcast ke lebih dari 4,3 juta pelanggan di 21 negara bagian, sistem kabel terbesar keempat di Amerika Serikat. Pada bulan Februari 1998, perusahaan setuju untuk menjual operasi kabel Inggris yang berkinerja buruk kepada NTL Inc. seharga 600 juta dolar As dalam bentuk saham ditambah asumsi hutang 397 juta dolar. 

        Tiga bulan kemudian, Comcast mengumumkan bahwa mereka akan menghabiskan 500 juta dolar AS selama beberapa tahun ke depan untuk mengambil alih 30 persen kepemilikan di Jones Intercable Inc. yang dipegang oleh BCI Telecom Holding Inc. yang berbasis di Kanada. Jones memiliki satu juta- sistem kabel pelanggan, yang sebagian besar berada di pinggiran kota Washington DC, secara strategis bersebelahan dengan beberapa pasar utama Comcast.

        Pada bulan Februari 1998, perusahaan setuju untuk menjual operasi kabel Inggris yang berkinerja buruk kepada NTL Inc. seharga 600 juta dolar dalam bentuk saham ditambah asumsi hutang 397 juta dolar.

        Tiga bulan kemudian, Comcast mengumumkan bahwa mereka akan menghabiskan 500 juta dolar selama beberapa tahun ke depan untuk mengambil alih 30 persen kepemilikan di Jones Intercable Inc yang dipegang oleh BCI Telecom Holding Inc yang berbasis di Kanada. Jones memiliki satu juta- sistem kabel pelanggan, yang sebagian besar berada di pinggiran kota Washington DC, secara strategis bersebelahan dengan beberapa pasar utama Comcast.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Muhammad Syahrianto
        Editor: Muhammad Syahrianto

        Bagikan Artikel: