Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Komunitas Konsumen untuk Dorong Masyarakat Jadi Smart Consumer

        Komunitas Konsumen untuk Dorong Masyarakat Jadi Smart Consumer Kredit Foto: Unsplash/Blake Wisz
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Freebees.id menghadirkan platform yang mengajak masyarakat umum menjadi anggota komunitas konsumen untuk mencoba produk secara gratis dan memberikan ulasan atas produk tersebut.

        Komunitas konsumen Freebees.id akan membantu calon konsumen mengambil keputusan pembelian tepat di tengah luasnya pilihan produk yang tersedia di pasar dan semakin mendorong masyarakat Indonesia kian menjadi smart consumer.

        Kemudahan dan luasnya ragam pilihan produk yang tersedia di marketplace seperti e-commerce dan platform online lainnya membuat belanja online diminati konsumen Indonesia.

        Mengutip Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Digital, transaksi belanja online e-commerce masyarakat Indonesia mampu mencapai USD 32 miliar dan diprediksi akan meningkat hingga USD 124 miliar di tahun 2025 nanti.

        Selaras dengan data tersebut, laporan Digital Buyer Penetration in Indonesia from 2017 to 2025 dari Statista.com, juga menjelaskan bahwa penetrasi e-commerce akan meningkat secara signifikan hingga mencapai 77% populasi masyarakat Indonesia di tahun 2025. 

        Daya beli masyarakat yang semakin kuat harus diimbangi dengan literasi konsumen yang baik agar menghindari perilaku konsumtif.

        Literasi konsumen dapat menyeimbangkan keinginan konsumen dengan pengetahuan dan informasi yang tersedia agar konsumen dapat memilih produk yang tepat bagi mereka.

        Retno Kumala Dewi selaku Business Director Freebees.id mengungkapkan, konsumen Indonesia telah dimanjakan oleh banyaknya pilihan ragam jenis produk yang tersedia di pasar.

        Namun seringkali konsumen dihadapkan dilema memilih produk mana yang terbaik untuk mereka.

        Di situ wawasan informasi produk seperti ulasan dan testimoni organik dari konsumen menjadi aset berharga calon konsumen untuk menentukan keputusan pembelian.

        "Freebees.id menjadi platform wadah berkumpulnya konsumen membangun satu komunitas yang membantu konsumen lain mengurangi spekulasi sehingga mendorong masyarakat menjadi smart consumer dengan membeli produk sesuai keinginan dan kebutuhan mereka.” ujar Retno.

        Selain mencoba produk, Freebees.id juga memiliki program focus group discussion atau survey mengenai produk tertentu yang diberikan kepada pengguna dengan demografi sesuai fungsi produk tersebut.

        Melalui program focus group discussion atau survey, pengguna dapat menerima insentif berupa voucher atau dana atas partisipasi mereka.

        Freebees.id telah memiliki 100.000 anggota yang kian aktif mencoba produk dan berpartisipasi membangun wawasan informasi produk hingga membantu masyarakat luas menjadi smart consumer.

        Semakin banyaknya anggota yang terdaftar dan memberikan ulasan, maka semakin luas sumber informasi masyarakat sebagai acuan pengambilan keputusan pembelian.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Ferry Hidayat

        Tag Terkait:

        Bagikan Artikel: