PT Media Nusantara Citra Tbk (MNCN) melalui super apps RCTI+ yang dimilikinya menandai langkah besar pengembangan digital dengan mendorong fitur kompetisi online lewat audisi online X Factor Indonesia.
Peserta pencarian bakat (talent search) bergengsi X Factor Indonesia yang nantinya terpilih melalui audisi online RCTI+ tersebut akan berlaga dan ditayangkan pula di stasiun televisi terestrial (free to air/FTA) milik MNCN, yaitu RCTI.
Audisi online ini akan berlangsung dalam dua fase, yakni fase pertama 14 Juli-15 Agustus 2021 dan fase kedua dari 6-19 September 2021.
Baca Juga: Strategi Kolaborasi Anak Usaha Jadi Andalan MNC Group Perluas Jangkauan Layanan
Peserta minimal berusia 15 tahun dapat mengikuti audisi online dengan mengunggah video melalui fitur HOT+ di aplikasi RCTI+. Jenis videonya bisa akapela, minus one, cover atau lagu ciptaan sendiri serta dapat diikuti baik solo duo atau grup.
Valencia Tanoesoedibjo, Direktur MNCN yang juga Managing Director RCTI+ mengatakan, “Di tahun 2021 ini, RCTI+ mengokohkan diri sebagai OTT Platform dengan banyak hiburan untuk seluruh masyarakat Indonesia. Satu aplikasi, semua hiburan. Itulah visi yang kami wujudkan untuk masyarakat. Seluruh konten hiburan tersaji dalam satu genggaman."
Dengan melihat pertumbuhan user setiap bulannya, kata Valencia, maka RCTI+ yakin dukungan masyarakat Indonesia terus mengalir. Tidak berhenti sampai disitu, dengan dukungan dan pengaruh MNC Group, akan terus membawa RCTI+ ke kancah masyarakat internasional.
Baca Juga: Hary Tanoe Bawa Anak Perusahaan MNC Vision Networks Mejeng di Bursa Amerika Serikat
Senada dengan Valencia, Direktur MNCN yang juga Direktur Produksi 3TV, (RCTI, MNCTV, GTV) dan Digital, Noersing, mengakui pihaknya bangga menghadirkan kembali X Factor Indonesia.
"Kami terus berinovasi dalam proses kreatif dan teknis produksi untuk memberikan tontonan spesial ke masyarakat. Salah satunya, yaitu kerja sama RCTI dan RCTI+ sebagai dua raksasa beda platform, TV dan Digital. Kerja sama kedua perusahaan naungan MNC Group ini dipastikan dapat menjangkau seluruh kalangan dan memenangkan persaingan pasar.”
Adapun, fitur HOT+ merupakan fitur khusus untuk kompetisi online yang didesain sangat mudah digunakan, karena hanya perlu mengunggah video berupa live record atau video yang sudah tersimpan dalam smartphone.
Hingga saat ini, fitur HOT+ sudah banyak melahirkan bintang baru melalui berbagai kompetisi, seperti Indonesian Idol, MasterChef Indonesia, dan Rising Star Indonesia Dangdut.
Selain itu, ada kompetisi online, seperti Cover Song Contest Theme Song ‘Ikatan Cinta’ dan berlanjut audisi X Factor Indonesia.
Baca Juga: Industri Game Makin Menjanjikan, MNC Studios Gandeng Developer E-Sport Korea Selatan
X Factor Indonesia sendiri pertama kali disiarkan langsung di tahun 2012 oleh RCTI dan menjadi ajang pencarian bakat menyanyi terbesar di Indonesia.
Buktinya, program ini dianugerahi ‘Pencarian Bakat dan Reality Show Terbaik’ di tahun 2014 oleh Panasonic Gobel Awards. Selain itu banyak bintang baru terlahir seperti Fatin Shidqia, Jebe & Petty, dan Mikha Angelo. Pada tahun ini, X Factor Indonesia akan tayang kembali untuk mencari faktor X, hal ini akan menjadi pintu gerbang kesuksesan para peserta dan penggerak ekonomi kreatif dalam industri musik.
Untuk diketahui, RCTI+ menggabungkan 5 (lima) fitur dalam satu aplikasi. Semua terintegrasi dengan baik, dari teknologi sampai konten yang tersedia. Fitur tersebut adalah Video+, News+, Radio+, Games+ dan HOT+.
Masing-masing fitur itu mempunyai keunggulan yang dapat memperkaya pengguna dalam memilih konten favorit, sehingga RCTI+ menjadi pilihan user dalam mengakses media digital.
Terbukti dengan tercatat adanya 33 juta lebih pengguna aktif di awal Juli 2021.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Annisa Nurfitri
Editor: Annisa Nurfitri
Tag Terkait: