Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Kisah Perusahaan Raksasa: Abbott, Farmasi Tertua dan Tersukses di Amerika

        Kisah Perusahaan Raksasa: Abbott, Farmasi Tertua dan Tersukses di Amerika Kredit Foto: Reuters/Abbott Laboratories
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Abbott Laboratories adalah salah satu perusahaan farmasi tertua dan tersukses di Amerika Serikat. Ini masuk dalam Fortune Global 500 sebagai salah satu perusahaan raksas dengan total pendapatan 31,90 miliar dolar AS pada 2020.

        Abbott juga merupakan produsen atas peralatan diagnostik medis, dengan penekanan pada penganalisis darah dan deteksi serta pemantauan infeksi dan penyakit. Unit produk rumah sakit perusahaan memproduksi sistem pengiriman obat elektronik dan suntik, larutan dan suplai intravena, anestesi, dan produk yang digunakan dalam rangkaian perawatan kritis.

        Baca Juga: Kisah Perusahaan Raksasa: Bergerak di dalam Negeri, Kini China Taiping Jadi Konglomerat Asuransi

        Abbott Laboratories berawal pada akhir abad ke-19 dalam operasi farmasi kecil yang dijalankan dari dapur seorang dokter Chicago bernama Wallace Calvin Abbott.

        Abbott Laboratories berawal pada akhir abad ke-19 dalam operasi farmasi kecil yang dijalankan dari dapur seorang dokter Chicago bernama Wallace Calvin Abbott. Seperti yang dilakukan dokter-dokter lain pada waktu itu, Dr. Abbott biasanya meresepkan morfin, kina, striknin, dan kodein—semuanya adalah ekstrak alkaloid cair—untuk pasiennya.

        Karena mereka hanya ada dalam bentuk cair, obat-obatan ini rentan terhadap pembusukan dari waktu ke waktu, mengurangi keefektifannya sebagai pengobatan. Pada tahun 1888, Dr. Abbott mendengar bahwa seorang ahli bedah Belgia telah mengembangkan alkaloid dalam bentuk padat. Pil alkaloid segera tersedia di Chicago, tetapi Dr. Abbott tidak puas dengan kualitasnya, dan dia memutuskan untuk membuatnya sendiri.

        Dr. Abbott mulai mengiklankan produknya ke dokter lain pada tahun 1891. Begitu sukses bisnisnya sehingga ia akhirnya menjual sahamnya ke dokter lain dan menggabungkan operasinya pada tahun 1900 sebagai Perusahaan Alkaloidal Abbott. Pada tahun 1905, penjualan tahunan telah tumbuh menjadi 200.000 dolar AS. Sepuluh tahun kemudian, perusahaan tersebut berganti nama menjadi Abbott Laboratories.

        Pada tahun 1921, perusahaan mendirikan laboratorium di Rocky Mount, North Carolina, yang mengembangkan sejumlah obat baru, termasuk obat penenang, obat penenang, dan vitamin. Bahkan setelah kematian Dr. Abbott tahun itu, perusahaan terus berinvestasi besar-besaran dalam pengembangan produk baru dan kampanye pemasaran yang agresif.

        Perusahaan go public pada tahun 1929 dengan listing di Chicago Stock Exchange. Dua tahun kemudian, Abbott berekspansi ke luar Amerika Serikat untuk pertama kalinya dengan mendirikan afiliasi di Montreal, Kanada.

        DeWitt Clough diangkat sebagai presiden perusahaan pada tahun 1933, mengakhiri periode kepemimpinan komunal yang agak basi.

        Pada tahun 1936 Abbott memulai hubungan jangka panjangnya dengan anestesi ketika memperkenalkan natrium pentothal, yang telah dikembangkan oleh ilmuwan Abbott Ernest Volwiler dan Donalee Tabern (yang pada tahun 1986 dinamai A.S. Inventors Hall of Fame untuk penemuan ini).

        Perusahaan mengembangkan antibiotik eritromisin, yang diperkenalkan dengan nama merek Erythrocin dan E.E.S. pada tahun 1952.

        Awalnya, dari tahun 1950, itu dipasarkan untuk penderita diabetes, tetapi pada 1960-an, ketika orang Amerika menjadi lebih sadar akan kesehatan dan diet, itu semakin banyak digunakan sebagai pengganti gula dalam berbagai macam makanan.

        Pada pertengahan 1960-an, Abbott telah melewati beberapa tahun tanpa terobosan besar dalam penelitian, dan tidak ada yang diproyeksikan dalam waktu dekat. Kemudian, pada tahun 1967, Edward J. Ledder diangkat sebagai presiden perusahaan.

        Kebijakan diversifikasi Ledder meletakkan dasar bagi strategi perusahaan yang lebih fleksibel. Tidak lagi terpapar secara eksklusif di pasar obat-obatan, Abbott dapat mensubsidi silang operasi yang gagal sampai mereka dapat direhabilitasi.

        Terlepas dari fleksibilitas ini, Abbott segera menyadari hambatan baru untuk pertumbuhannya. Produk rumah sakit perusahaan bersaing di pasar institusional yang terbatas. Obat baru memiliki margin keuntungan yang lebih besar tetapi tunduk pada prosedur persetujuan pemerintah yang membuat perusahaan menunggu selama beberapa tahun sebelum mereka dapat memasarkan penemuan mereka.

        Produk konsumen, di sisi lain, melibatkan pemasaran yang lebih mahal dan menghasilkan lebih sedikit keuntungan daripada obat-obatan. Karena tidak dapat meningkatkan keuntungan tanpa risiko yang besar, manajemen Abbott memutuskan untuk mempertahankan strategi yang ada.

        Abbott memiliki kesuksesan serupa dalam memasarkan lini peralatan diagnostiknya. Perangkat pengujian elektronik yang dikembangkan oleh Abbott terbukti lebih akurat daripada prosedur manual. Untuk memperkuat tujuan teknis penelitian peralatan diagnostiknya, Abbott mempekerjakan dua eksekutif puncak dari Texas Instruments untuk mengepalai divisi.

        Robert Schoellhorn, yang maju menjadi ketua dan chief executive officer pada 1979, terus menekankan investasi dalam penelitian dan pengembangan farmasi pada 1980-an. Tujuh obat baru yang diperkenalkan pada tahun 1982 menyumbang 17 persen dari penjualan pada tahun 1985.

        Operasi asing juga tetap sangat penting bagi Abbott, dan perusahaan tersebut memiliki lebih dari 75 anak perusahaan asing dan fasilitas manufaktur di lebih dari 30 negara.

        Di antara perkembangan kunci di awal 1990-an adalah pengenalan clorithromycin pada tahun 1991, antibiotik yang dikembangkan sebagai penerus eritromisin Abbott. Dipasarkan di Amerika Serikat dengan nama Biaxin, clorithromycin berguna dalam pengobatan penyakit pernapasan atas yang umum seperti flu serta jenis infeksi lainnya. Dengan cepat menjadi farmasi unggulan Abbott--akhirnya mencapai 1 miliar dolar AS dalam penjualan tahunan --tetap begitu sampai awal abad ke-21.

        Pada tahun 1996 Abbott memperkuat divisi diagnostiknya melalui pembelian MediSense, Inc. senilai 867 juta dolar AS, pembuat perangkat pengujian darah untuk penderita diabetes yang berbasis di Waltham, Massachusetts. Ini adalah kesepakatan besar pertama perusahaan sejak akuisisi 1964 dari M & R Dietetic Laboratories.

        Tahun 1997 Abbott menghabiskan sekitar 200 juta dolar AS untuk lini produk intravena tertentu dari Sanofi Pharmaceuticals Inc, unit AS Sanofi SA Prancis Termasuk dalam kesepakatan ini adalah Carpujet, sistem pengiriman obat suntik berdasarkan jarum suntik dosis tunggal yang telah dimuat sebelumnya.

        Juga pada tahun 1997, Abbott mengalami kemunduran potensial ketika Takeda Chemical tidak memperbarui kontrak sepuluh tahun yang memberi Abbott hak penolakan pertama untuk mendistribusikan obat-obatan baru Takeda di Amerika Serikat melalui usaha TAP. Takeda telah memutuskan untuk mendirikan organisasi penjualan dan pemasarannya sendiri di Amerika Serikat. Pada saat ini TAP telah menghasilkan penjualan tahunan lebih dari 2 miliar dolar AS, terutama dari pemasaran Prevacid dan Lupron, obat kanker prostat.

        Kemudian pada tahun 1999, White juga ditunjuk sebagai ketua. Selama masa transisi kepemimpinan pada tahun 1998, Abbott mengakuisisi Murex Technologies Corporation, pembuat produk diagnostik, seharga 234 juta dolar AS. Selama tahun 1999, keinginan Abbott untuk pertumbuhan meningkat secara eksponensial dengan pengumuman pada bulan Juni tentang kesepakatan untuk mengakuisisi ALZA Corporation senilai 7,3 miliar dolar AS dalam bentuk saham.

        Kemudian pada bulan Desember 2000 Abbott meluncurkan upaya akuisisi besar lainnya ketika mencapai kesepakatan untuk mengakuisisi unit Knoll Pharmaceutical Co dari raksasa kimia Jerman BASF AG seharga 6,9 miliar dolar AS tunai.

        Sekali lagi, tujuan Abbott adalah untuk meningkatkan jalur produknya, dan Knoll memiliki setidaknya satu blockbuster potensial dalam obat yang disebut D2E7, pengobatan rheumatoid arthritis eksperimental.

        Produk Knoll yang sudah ada termasuk Meridia, obat obesitas dengan penjualan tahunan sekitar 400 juta dolar AS, dan Synthroid, obat tiroid senilai 150 juta dolar AS. Akuisisi ini juga akan meningkatkan anggaran research and development (R&D) farmasi Abbott menjadi hampir 1 miliar dolar AS.

        Saat ini, ia menjual perangkat medis, diagnostik, obat generik bermerek, dan produk nutrisi. Ini memisahkan bisnis farmasi berbasis penelitian menjadi AbbVie pada tahun 2013. Perusahaan ini juga telah hadir di India selama lebih dari 100 tahun melalui anak perusahaannya Abbott India Limited, dan saat ini merupakan perusahaan produk perawatan kesehatan terbesar di India.

        Di antara produk-produknya yang terkenal di seluruh divisi perangkat medis, diagnostik, dan produk nutrisi adalah Pedialyte, Similac, Pastikan, Glucerna, ZonePerfect, FreeStyle Libre, i-STAT dan MitraClip.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Muhammad Syahrianto
        Editor: Muhammad Syahrianto

        Tag Terkait:

        Bagikan Artikel: