Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Habib Rizieq Shihab Bebas, Mardani Ali Sera: Terus Berjuang Membangun Indonesia

        Habib Rizieq Shihab Bebas, Mardani Ali Sera: Terus Berjuang Membangun Indonesia Kredit Foto: Twitter/Mardani Ali Sera
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Mantan Imam Besar FPI Habib Rizieq Shihab (HRS) dinyatakan bebas usai menjalani pidana. Politikus PKS Mardani Ali Sera pun merasa bersyukur.

        "Alhamdulillah Habib Rizieq sudah bisa kembali berkumpul bersama keluarga,” tulis legislator Komisi II DPR RI itu melalui layanan pesan, Rabu (20/7).

        Mardani pun mendoakan HRS bisa sehat dan selalu memperoleh keberkahan dan istikamah membangun Indonesia usai menjalani hukuman.

        “Mari doakan sehat dan berkah selalu dan istikamah, terus berjuang membangun Indonesia yang baldatun thayyibatun warabbun gofur,” sebut dia.

        Sementara itu, anggota Komisi III DPR RI Habiburokhman menyebut HRS semestinya tidak terjerat pidana apabila RKUHP disahkan oleh negara pada 2019.

        Dia mengatakan itu demi mengomentari bebasnya HRS pada Rabu ini.

        “Seandainya tahun 2019 RKUHP sudah disahkan, seharusnya Habib Rizieq tidak bisa dipidana,” kata Habiburokhman kepada wartawan, Rabu ini.

        Adapun HRS dipidana karena terjerat Pasal 14 Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan tentang Hukum Pidana.

        Legislator Fraksi Partai Gerindra itu mengatakan Pasal 14 itu sebenarnya menjadi momok bagi para aktivis dan cenderung diterapkan secara formil.

        “Fokus pembuktian dakwaan hanya merujuk pada penyebaran berita bohong bukan pada akibat yang ditimbulkan,” ungkap Habiburokhman.

        Menurut dia, sebenarnya ketentuan aturan itu dirombak total dalam Pasal 263 di RKUHP yang bersifat materiil.

        Artinya, menurut dia, jaksa wajib membuktikan kerusakan fisik akibat penyebaran berita bohong dahulu sebelum mendakwa seseorang menyebar berita bohong.

        “Jaksa harus membuktikan terjadinya kerusuhan fisik akibat penyebaran berita bohong, bukan sekadar keonaran di media massa seperti kasus test swab Habib Rizieq,” ungkap dia.

        Terlebih lagi, RKUHP menganut prinsip dualistik sebagaimana diatur Pasal 36 yang mengharuskan terbuktinya mens rea atau niat si pelaku saat terjadinya tindak pidana.

        “Dalam kasus Habib Rizieq, kami yakin bahwa tidak ada maksud beliau untuk menimbulkan keonaran,” ujar alumnus Universitas Indonesia (UI) itu.

        Sebelumnya, Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjen PAS) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) menyatakan pada Rabu (20/7), HRS telah bebas.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Adrial Akbar

        Bagikan Artikel: