Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Industri Aviasi Dalam Negeri Makin Prospektif

        Industri Aviasi Dalam Negeri Makin Prospektif Kredit Foto: Instagram @avia.pedia
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Kementerian Perindustrian (Kemenperin) optimistis masa depan industri penerbangan dan dirgantara nasional memiliki prospek cerah. Terlebih lagi, hal itu didukung kondisi geografis sebagai negara kepulauan terbesar di dunia yang memiliki lebih dari 17 ribu pulau.

        “Jumlah penumpang udara di Indonesia diperkirakan tumbuh 30% dari tahun ke tahun menjadi 140 juta dalam beberapa tahun ke depan, sehingga Indonesia diperkirakan menjadi pasar transportasi udara terbesar keenam di dunia pada 2034,” kata Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita, di Jakarta, kemarin.

        Menperin menuturkan industri penerbangan nasional terdiri dari industri pembuatan pesawat dan komponen, industri Maintenance Repair and Overhaul (MRO), dan industri pembuatan drone. Indonesia memiliki sekitar 31 perusahaan MRO yang mendukung industri pesawat terbang dan bisnis penerbangan.

        Perusahaan tersebut memiliki 145 sertifikat Aircraft Maintenance Organization (AMO) yang dikeluarkan Indonesian Aircraft Maintenance Services Association (IAMSA)

        “Nilai MRO domestik pada 2022 diproyeksikan mencapai US$1,7 miliar, sedangkan nilai bisnis MRO global mencapai US$93,5 miliar. Persaingan bisnis MRO global ke depan semakin ketat. Oleh karena itu, kami mendorong MRO dalam negeri untuk berkolaborasi dengan mitra asing untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitasnya,” ujar Agus.

        Dia mengatakan sejalan transformasi digital di berbagai aspek perekonomian, pemerintah bersama Asosiasi Sistem dan Teknologi Tanpa Awak (ASTTA) tengah mendukung pengembangan industri drone. Industri drone dalam negeri saat ini mampu mengembangkan dan memproduksi drone untuk berbagai keperluan seperti pengawasan, perkebunan, dan militer.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Boyke P. Siregar
        Editor: Boyke P. Siregar

        Bagikan Artikel: