Anak-anak di bawah umur sekarang ini lebih familiar dengan handphone dan internet. Meski demikian, sebagai orang tua dan orang lebih tua, setiap individu bertanggung jawab membimbing anak-anak mengonsumsi konten positif.
"Kita juga bisa membimbing anak-anak untuk menemukan konten-konten edukatif dan menyenangkan," kata Digital Marketer, Lim Sau Liang saat webinar Makin Cakap Digital 2022 untuk kelompok masyarakat di wilayah Kota Mojokerto, Jawa Timur, pada Senin (26/9/2022).
Baca Juga: Cegah Diri Termakan Hoax, Begini Cara Periksa Fakta dan Informasi di Internet
Pengguna internet di Indonesia pada tahun 2021 mengalami peningkatan, We Are Social mencatat kini pengguna internet di Indonesia mencapai 202,6 juta pengguna, di mana sebanyak 170 juta penggunanya menggunakan media sosial.
Selain mengonsumsi konten yang tersedia pada media sosial, anak-anak dapat memanfaatkan mesin pencarian untuk menemukan konten yang diinginkan. Orang tua, menurut Lim, bisa menggunakan Google Family Link sebagai upaya preventif. Sehingga anak-anak tidak mencari hal-hal yang tidak sesuai usianya.
"Kita bisa membatasi mulai dari penggunaan handphone berapa lama, hingga kita bisa terkoneksi ke Google Chrome dia. Setiap informasi bisa dibatasi Google, misal situs untuk 17 tahun plus, itu bisa langsung diblokir, meskipun pakai VPN, karena anak sekarang juga sudah belajar pakai VPN," kata Lim.
Sebagai respons untuk menanggapi perkembangan TIK ini, Kementerian Komunikasi dan Informatika RI bersama Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi melakukan kolaborasi dan mencanangkan program Indonesia Makin Cakap Digital. Program ini didasarkan pada empat pilar utama literasi digital yakni Kemampuan Digital, Etika Digital, Budaya Digital, dan Keamanan Digital. Melalui program ini, 50 juta masyarakat ditargetkan akan mendapat literasi digital pada tahun 2024.
Baca Juga: Ajarkan Anak untuk Gunakan Bahasa Baik di Internet
Webinar #MakinCakapDigital 2022 untuk kelompok masyarakat di wilayah Kota Mojokerto, Jawa Timur merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Siber Kreasi. Kali ini hadir pembicara-pembicara yang ahli di bidangnya untuk berbagi terkait budaya digital antara lain Digital Marketer, Lim Sau Liang. Kemudian Dekan FIKOM UNITOMO, Dr. Harliantara, M.Si, serta mengundang Wakil Ketua RTIK Kab. Situbondo, Ufil Hidayatul Laili S.Kom.
Untuk informasi lebih lanjut mengenai program Makin Cakap Digital 2022 hubungi info.literasidigital.id dan cari tahu lewat akun media sosial Siberkreasi, bisa klik ke Instagram @siberkreasi dan @literasidigitalkominfo.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Editor: Ayu Almas
Tag Terkait: