Brand preference atau preferensi merek adalah ketika pelanggan memilih satu merek di atas yang lain secara konsisten. Dengan kata lain, mereka telah mengenal para pesaing, bahkan mungkin mencoba beberapa produk dari merek yang berbeda, dan membuat pilihan yang paling mereka sukai dari merek ini.
Preferensi merek berjalan seiring dengan loyalitas merek. Saat dihadapkan pada keputusan, pelanggan dengan preferensi merek akan memilih merek Anda setiap saat. Bisnis berulang semacam ini mengarah pada loyalitas pelanggan dan pendukung merek, yang pada gilirannya membantu Anda menciptakan bisnis yang sukses dan berkelanjutan.
Preferensi merek, seperti loyalitas merek, tidak akan terbentuk dalam semalam. Ini dikembangkan dari waktu ke waktu dan dengan konsistensi produk dan merek. Meskipun tidak ada peluru perak untuk membangun preferensi merek dengan cepat, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk membantu mengembangkannya.
Baca Juga: Apa Itu Value Added?
Merek perusahaan Anda adalah pengenalan pertama Anda kepada pelanggan — dan hal yang paling mungkin mereka ingat. Merek yang menarik membantu menciptakan keakraban dan koneksi dengan pelanggan dan calon pelanggan.
Ukuran preferensi merek mencoba mengukur dampak kegiatan pemasaran di hati dan pikiran pelanggan dan calon pelanggan. Preferensi merek yang lebih tinggi biasanya menunjukkan lebih banyak pendapatan (penjualan) dan keuntungan, juga menjadikannya sebagai indikator kinerja keuangan perusahaan.
Preferensi merek digunakan dalam banyak aplikasi pemasaran termasuk pengujian penyalinan, peningkatan merek, dan penilaian merek..
Merek yang menarik membantu Anda menonjol dari banyak merek lainnya. Ini memberi sinyal kepada audiens Anda siapa Anda, apa yang Anda perjuangkan, dan apa yang Anda tawarkan. Dengan kata lain, merek Anda memberi tahu pelanggan alasan mereka harus memilih bisnis Anda daripada pesaing.
Preferensi merek sangat penting bagi bisnis yang ingin menciptakan pelanggan berulang dari audiens target mereka karena hal itu menciptakan kesadaran dan membantu bisnis mengembangkan reputasi yang kuat.
Tanpa branding yang efektif, produk akan berada di bawah bayang-bayang pesaing mereka karena konsumen mungkin kurang memiliki kesadaran atau memilih alternatif yang lebih terkenal.
Sebagai strategi jangka panjang, menetapkan preferensi merek membantu meningkatkan pendapatan, laba, dan pangsa pasar. Ini juga berperan dalam membangun ekuitas merek yang menentukan popularitas dan kekuatan merek di pasar terhadap pesaing.
Riset pasar membantu mengungkap motivasi pembelian konsumen, serta keinginan dan kebutuhan mereka, membantu bisnis untuk mendorong preferensi merek produk mereka.
Merek yang sudah mapan menuai beberapa keuntungan, seperti:
1. Preferensi pelanggan yang lebih tinggi
Pelanggan lebih cenderung memilih produk dari merek yang mereka kenal dan sering menjadi setia pada merek tertentu jika mereka mempercayai produknya dan merasa kualitasnya sesuai dengan kebutuhan mereka, mis. nilai, kualitas, keandalan.
2. Pangsa pasar yang meningkat
Merek yang kuat akan menonjol di pasar dibandingkan para pesaingnya, menggunakan diferensiasinya untuk mendapatkan (dan mempertahankan) pangsa pasar dengan menghadirkan visi unik kepada konsumen yang tidak ditawarkan oleh merek lain.
3. Peluncuran produk yang lebih mudah
Memperkenalkan produk baru ke pasar jauh lebih mudah untuk merek yang sudah mapan, karena bisnis tidak perlu menggunakan banyak sumber daya untuk membangun kesadaran dan kepercayaan, sebagai gantinya mengandalkan pelanggan yang sudah ada untuk mendapatkan dukungan.
Persepsi konsumen tentang nilai merek disebut sebagai ekuitas merek, misalnya merek yang sangat dikenal menghasilkan produk berkualitas dikatakan memiliki ekuitas merek positif.
Untuk mencapai ekuitas merek yang positif, bisnis pertama-tama harus menetapkan preferensi merek dengan menggunakan teknik promosi, pemasaran, dan periklanan strategis yang menarik bagi audiens target mereka.
Preferensi merek menunjukkan sejauh mana konsumen cenderung menggunakan produk merek tertentu daripada produk pesaing dan berkontribusi secara signifikan terhadap ekuitas merek. Penting bagi bisnis untuk terus mengukur dan menilai preferensi merek mereka karena mencerminkan pemasaran mereka.
Seperti semua elemen produk, branding membutuhkan riset pasar yang efektif untuk memastikannya selaras dengan keinginan dan kebutuhan audiens yang dituju. Bisnis pertama-tama harus meneliti pasar untuk memahami merek pesaing mereka dan menggunakan informasi ini untuk membedakan merek mereka.
Tanpa merek yang kuat dan menarik yang beresonansi dengan audiens target Anda, membangun preferensi merek akan sangat sulit. Oleh karena itu coba lakukan hal ini:
1. Dengarkan pelanggan Anda
Saat Anda mencoba memberi tahu audiens apa yang mereka inginkan alih-alih mendengarkan apa yang sebenarnya mereka butuhkan, membangun merek Anda akan berjuang keras. Daripada mencoba memberi ruang bagi produk Anda di pasar yang tidak benar-benar membutuhkannya, bekerjalah dengan pelanggan Anda untuk mengembangkan serangkaian penawaran yang benar-benar memenuhi kebutuhan mereka.
Cari tahu tantangan apa yang masih dihadapi pelanggan Anda dan di mana produk lain gagal. Adakan grup fokus atau sesi informasi untuk mengenal pelanggan Anda lebih baik dan temukan peluang yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan mereka.
Saat Anda bekerja dengan audiens untuk membuat produk yang benar-benar mereka inginkan, Anda secara alami akan menemukan ceruk di pasar Anda. Saat Anda menyesuaikan penawaran agar sesuai dengan apa yang dicari pelanggan, mereka akan tertarik pada merek Anda.
2. Terlibat sebagai merek
Merek lebih dari sekadar logo atau situs web. Untuk membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan Anda, Anda perlu terlibat dengan mereka. Keterlibatan dapat datang dalam berbagai bentuk, dari hubungan langsung hingga interaksi sosial.
Anda dapat terlibat dengan pelanggan melalui penjualan langsung, layanan pelanggan, dan berbagi konten di berbagai saluran media sosial merek Anda, tetapi terlepas dari bagaimana Anda terlibat, Anda ingin percakapan menjadi jalan dua arah.
Jangan gunakan keterlibatan sebagai alasan untuk berbicara dengan pelanggan Anda. Alih-alih, temukan cara untuk berbicara dengan pelanggan Anda. Ajukan pertanyaan, tanggapi komentar dan cari peluang lain untuk berbagi pemikiran atau ide atau mengumpulkan pendapat.
3. Terus berevolusi
Bagian dari branding yang kuat adalah konsistensi. Kita semua menginginkan kenyamanan dan keakraban dari merek yang kita kenal, cintai, dan percayai. Tetapi meskipun konsistensi penting untuk branding yang kuat, Anda tidak ingin tetap statis.
Merek Anda harus terus berkembang seiring dengan kebutuhan dan harapan pelanggan Anda. Ini tidak berarti berubah secara drastis setiap hari, tetapi ini berarti membuat penyesuaian kecil dan perubahan agar lebih selaras dengan apa yang dicari pelanggan Anda.
Kumpulkan umpan balik dan terapkan perubahan yang diminta oleh audiens Anda. Cari penawaran atau produk baru untuk memenuhi kebutuhan baru yang mungkin dimiliki pelanggan Anda. Perbarui merek Anda agar tetap modern dan relevan, ini semua adalah cara untuk membuat merek Anda terus maju.
Saat Anda mulai membangun merek yang selaras dengan kebutuhan dan preferensi pelanggan, mereka akan mulai memilih merek Anda daripada pesaing.
Tapi ingat, itu tidak akan terjadi dalam satu malam. Anda terlibat dalam hal ini untuk jangka panjang, jadi lihatlah membangun preferensi merek sebagai strategi yang harus selalu Anda terapkan. Seiring waktu, Anda akan membangun pelanggan setia yang memilih merek Anda daripada pesaing Anda.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Fajria Anindya Utami
Editor: Fajria Anindya Utami
Tag Terkait: