Indonesia adalah pasar digital yang hadir dan tumbuh paling cepat sejak penetrasi internet dan cost-effective smartphone, terutama sejak tersedianya OEM dan infrastruktur teknologi inovatif yang membawa masyarakat menjadi people mobile-first dan lebih dekat dengan teknologi saat ini.
Selain itu, karena industri Adtech terus berkembang, kita akan melihat berbagai tren perkembangan dan transformasi digital baru yang akan membentuk cara organisasi beradaptasi dengan teknologi dan berinovasi.
Sampai saat ini, kita telah melihat kemajuan pesat teknologi dalam beberapa tahun terakhir, yaitu AI/ML, NFT, IoT, Web 3.0, dan GPT4 terbaru yang sedang hangat dibicarakan oleh para pelaku industri.
Kemajuan seperti itu merupakan bagian dalam merevolusi industri dengan spesialisasinya yang mudah dikelola dan ramah pengguna, yang memberikan keunggulan ekstra pada praktik bisnis dan pemasaran.
Namun, memang, pengiklan terkadang menghadapi tantangan untuk meningkatkan penjualan jangka pendek sekaligus membangun ekuitas merek, di mana mereka semakin beralih ke iklan digital karena hal ini terbukti efektif dan mampu mengoptimalkan kampanye mereka.
Inilah sebabnya, pasar periklanan digital di Indonesia diproyeksikan mencapai US$2,55 miliar pada tahun 2023, di mana 70% dari total belanja iklan akan dihasilkan melalui mobile pada tahun 2027 .
Selain itu, dapat diharapkan bahwa dengan Infrastruktur Tanpa Cookie, periklanan kontekstual berbasis data telah mulai mengisyaratkan di mana perusahaan teknologi, pengiklan, dan penerbit menganggapnya layak dan karenanya juga berfokus pada data pihak pertama.
Selain itu, dengan teknologi AI/ML yang berkembang seiring dengan pertumbuhan pemahaman depth of page-level yang mendalam, penargetan kontekstual memanfaatkan teknologi mutakhir untuk menjadi lebih tepat tanpa melanggar privasi pengguna.
Oleh karena itu, Adtech akan menjadi lebih otomatis di tahun-tahun mendatang, dengan penargetan yang lebih baik dan integrasi yang lebih dalam di mana tren untuk tahun 2023 meliputi Machine learning, Forst-party data, OEM marketing, influencer marketing, Omnichannel marketing, Rich Media Banner (interaktif) dan Local targeting.
Strategi-strategi tersebut dapat membantu pengiklan meningkatkan kampanye dan memaksimalkan ROAS.
Saya ingin mengatakan bahwa OEM akan menjadi terobosan bagi ekosistem digital selanjutnya karena teknologi baru ini adalah hal besar berikutnya bagi pemasar, terutama campaign manager dan app developer di tahun 2023 dan seterusnya.
Ini karena OEM terkemuka dunia sudah memiliki lebih dari 45% pangsa pasar yang akan menjadi lebih kuat karena kemajuan dan perkembangan teknologi yang berorientasi pada hasil, yang mendorong pemilik merek dan manajer kampanye untuk memanfaatkan Periklanan OEM. OEM membantu pemasar dengan akuisisi pengguna yang hemat biaya, opsi iklan yang aman bagi merek, serta alternatif bebas penipuan.
Inilah sebabnya, Mobile Measurement Partners (MMPs) seperti AppsFlyer dan Adjust memanfaatkan kekuatan platform iklan OEM dan memilih untuk mengintegrasikan OEM smartphone terkemuka untuk melacak pengguna yang masuk dari platform tersebut.
Visi dan pemahaman Edo Fernando sebagai Country Head Xapads Media Indonesia tentang ekosistem digital sangat membantu klien di pasar Indonesia dalam memaksimalkan jangkauan merek mereka dan membantu Xapads meningkatkan pijakannya.
Selain itu, baru-baru ini Xapads Media bermitra dengan Xiaomi, OEM terkemuka di Wilayah Asia Tenggara untuk mendorong bisnis secara global dengan iklan Xiaomi.
Pengetahuan Edo tentang industri periklanan digital yang terus berkembang turut membantunya memaksimalkan kemitraan ini dan juga membangun kehadirannya di antara klien paling terkenal seperti Lazada, Blibli, Flip, Halodoc, Grab, Lalamove, IQ Option, dan banyak lagi.
Kemitraan ini bertujuan untuk mendorong bisnis secara global berkat OEM terkemuka dan teknologi era baru yang merevolusi lanskap digital secara luar biasa.
Indonesia adalah negara berkembang tercepat dalam hal teknologi dan inovasi, di mana Xapads lebih memahami kebutuhan dan keinginan pengguna yang ditargetkan merek dan memandu pemasar untuk membentuk kembali, mereformasi, atau mengimprovisasi upaya pemasaran mereka.
Berfokus pada hal yang sama, Edo berusaha untuk meningkatkan praktik bisnis melalui Xerxes by Xapads agar kampanye dapat unggul dan berkembang di pasar yang kompetitif, serta membantu dalam menciptakan roadmaps bisnis untuk tujuan dan capaian masa depan, terutama di kawasan Asia Tenggara.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Editor: Ferry Hidayat
Tag Terkait: