Switching cost adalah biaya yang dikeluarkan konsumen sebagai akibat dari perubahan merek, pemasok, atau produk. Meskipun sebagian besar biaya peralihan bersifat moneter, ada juga biaya peralihan psikologis, berbasis usaha, dan berbasis waktu.
Biaya peralihan dapat memanifestasikan dirinya dalam bentuk waktu dan upaya yang signifikan yang diperlukan untuk mengganti pemasok, risiko mengganggu operasi normal bisnis selama masa transisi, biaya pembatalan yang tinggi, atau kegagalan untuk mendapatkan produk atau layanan pengganti yang serupa.
Baca Juga: Apa Itu Income Statement?
Perusahaan yang sukses biasanya mencoba menerapkan strategi yang menimbulkan biaya peralihan yang tinggi di pihak konsumen untuk mencegah mereka beralih ke produk, merek, atau layanan pesaing.
Misalnya, banyak operator telepon seluler membebankan biaya pembatalan yang sangat tinggi untuk membatalkan kontrak dengan harapan bahwa biaya yang diperlukan untuk beralih ke operator lain akan cukup tinggi untuk mencegah pelanggan mereka melakukannya.
Namun, penawaran baru-baru ini oleh banyak operator telepon seluler untuk mengkompensasi konsumen atas biaya pembatalan meniadakan biaya peralihan tersebut.
Switching cost adalah pondasi keunggulan kompetitif dan kekuatan penetapan harga perusahaan. Perusahaan berusaha untuk membuat biaya peralihan setinggi mungkin bagi pelanggan mereka, yang memungkinkan mereka mengunci pelanggan dalam produk mereka dan menaikkan harga setiap tahun tanpa khawatir pelanggan mereka akan menemukan alternatif yang lebih baik dengan karakteristik serupa atau pada titik harga serupa.
Oleh karena itu, ada dua jenis switching cost dalam berbisnis, yaitu:
Low Switching Cost
Perusahaan yang menawarkan produk atau layanan yang sangat mudah ditiru dengan harga yang sebanding oleh pesaing biasanya memiliki biaya peralihan yang rendah. Perusahaan pakaian jadi memiliki biaya peralihan yang sangat terbatas di antara konsumen, yang dapat menemukan penawaran pakaian dengan mudah dan dapat dengan cepat membandingkan harga dengan berjalan kaki dari satu toko ke toko lainnya. Munculnya pengecer internet dan pengiriman cepat telah mempermudah konsumen untuk berbelanja pakaian di rumah mereka di berbagai platform online.
High Switching Cost
Perusahaan yang menciptakan produk unik yang memiliki sedikit pengganti dan memerlukan usaha yang signifikan untuk menyempurnakan penggunaannya menikmati biaya peralihan yang signifikan.
Semakin tinggi biaya peralihan, semakin sulit bagi pelanggan untuk pergi. Bisnis menggunakan strategi ini untuk keuntungan mereka untuk menciptakan keunggulan kompetitif.
Mencapai pelanggan setia dapat datang dari sejumlah alasan yang berbeda. Sebagai bisnis baru, mungkin sulit untuk membangun pelanggan setia terlebih dahulu, tetapi ada banyak strategi pemasaran murah yang dapat Anda gunakan untuk menjangkau dan berkomunikasi dengan pelanggan Anda dengan lebih baik.
Switching cost menyebabkan permintaan menjadi lebih tidak elastis, sehingga pelanggan kurang peka terhadap perubahan harga pada produk/jasa pesaing.
Sejak awal, pendatang baru ditempatkan dalam posisi yang tidak menguntungkan di mana persaingan tidak hanya didasarkan pada harga melainkan perusahaan harus menawarkan proposisi nilai yang berbeda secara substansial untuk merebut pangsa pasar dari pemain lama.
Perusahaan akhirnya menghasilkan laba untuk terus beroperasi dalam jangka panjang di penghujung hari, jadi ada ambang batas di mana pemotongan harga tidak masuk akal secara ekonomi.
Oleh karena itu, perusahaan harus menyusun strategi metode untuk menciptakan dan memanfaatkan proses pengadukan yang lebih tidak nyaman dan mahal, sehingga pelanggan menjadi enggan untuk pindah ke pesaing lain setelah diperoleh.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Fajria Anindya Utami
Editor: Fajria Anindya Utami
Tag Terkait: