Accor Group-Telkom Kerja Sama Jadikan Pariwisata Indonesia 'Go Global'
WE Online, Jakarta - Indonesia merupakan negara yang kaya akan keindahan alam dan budayanya. Hal ini menjadikan pariwisata Indonesia sebagai salah satu sektor yang sangat penting dan unggulan bagi perekonomian bangsa, terlihat dari jumlah wisatawan, baik domestik maupun mancanegara yang datang menikmati pariwisata Indonesia dan memberikan kontribusi terhadap pendapatan negara. Sebagai BUMN telekomunikasi, PT Telkom Indonesia Tbk (Telkom) berkomitmen mendukung pariwisata Indonesia go global melalui infrastruktur dan layananInformation & Communication Technology?(ICT).
Bertempat di Hotel?Mercure Sabang, Direktur Enterprise and Business Service?Telkom Muhammad Awaluddin melakukan penandatanganan?Nota Kesepahaman dengan?COO?Accor Asia Pacific?Singapore-Indonesia-Malaysia?Garth Simmons.?Nota Kesepahaman?ini merupakan sinergi antara 2 (dua)?global company?yang?menyepakati kerjasama dalam pemanfaatan sumber daya perusahaan.?Turut hadir?dalam kegiatan tersebut,?Excutive General Manager Divisi Enterprise Service Telkom Siti Choiriana,?Vice President Sales Marketing?&?Distribution at Accor Singapore-Indonesia-Malaysia Adi Satria dan Director of Loyalty and Strategic Partnership Singapore-Indonesia-Malaysia Helmy Kurniawan.
"Kerjasama ini merupakan wujud dukungan Telkom bagi sektor pariwisata Indonesia serta untuk mencapai 20 juta wisatawan pada tahun 2019. Telkom siap membawa pariwisata Indonesia mendunia melalui infrastruktur dan layanan yang berkualitas," ungkap Direktur Enterprise & Business Service Telkom, Muhammad Awaluddin?usai?melakukan penandatanganan kerjasama di Jakarta, Senin (28/9/2015).
Awaluddin menjelaskan,?Telkom mendukung kegiatan bisnis di beragam?portfolio brand?Accor Hotel Group di Indonesia. Adapun jasa dan sarana berbasis TIMES?(Telecommunication, Information, Media, Edutainment, Services)?yang dikelola, dikembangkan dan disediakan Telkom dan Accor Asia Pacific?Singapore-Indonesia-Malaysia?adalah pemanfaatan layanan?Digital Marketing, pemanfaatan?Infrastruktur Information and Communication Technologi?(ICT), penyediaan layanan?Digital?In Room Entertaiment(Internet?wifi.id, UseeTV, Smart Room, Digital Hotel),penyediaan?Digital?Hospitality Operation,?HR Management System,?penyediaan?Digital?Customer Relationship Program,?serta?penyediaan?Value Added Service.
Sementara itu dalam?welcoming?speech,?Garth Simmons?menyambut baik kerjasama ini mengingat besarnya kebutuhan ICT di Accor Asia PacificSingapore-Indonesia-Malaysia, baik?untuk?korporat maupun bisnis Accor Asia Pacific?Singapore-Indonesia-Malaysia.?Garth?menyampaikan harapannya agar kerjasama ini mampu mendukung sinergi kedua belah pihak sehingga?output?akhirnya adalah peningkatan kualitas pelayanan Accor Asia Pacific di Indonesia.
Selanjutnya, Awaluddin menambahkan,?key success?dari suatu destinasi wisata adalah 3A (Attractiveness,?Amenities, dan?Accessibility). Sinergi antara Telkom dan Accor mampu mendukung A yang kedua yaitu Amenities dimana fasilitas akomodasi yang nyaman dilengkapi dengan infrastruktur ICT yang memberikan nilai tambah bagi wisatawan.
Accor Asia Pacific?Singapore-Indonesia-Malaysia?merupakan salah satu?partner?bisnis strategis Telkom yang?mempunyai lebih dari 90 Hotel?pada tahun 2015,?dengan brand Hotel?diantaranya adalah Sofitel, Pullman, Mercure, Ibis, Novotel, The Hills.?Di tahun 2020,?Accor Asia Pacific Indonesia menargetkan?akan terus berkembang menjadi 200 Hotel.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Achmad Fauzi
Editor: Achmad Fauzi