PT Astra Honda Motor (AHM) mencatatkan pertumbuhan penjualan signifikan di segmen sport hingga 130,8 persen dibandingkan bulan yang sama tahun lalu, setelah membukukan penjualan 22.793 unit pada Juli 2016.
Berdasarkan data yang diolah dari Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI), pada Juli 2016 penjualan sepeda motor nasional hanya 305.153 unit atau turun 27,7 persen dibandingkan Juli 2015 yang hanya sebesar 421.838 unit.
Melemahnya pasar motor nasional ini terjadi di semua segmen termasuk segmen motor sport nasional yang turun 1,3 persen dari 48.059 unit pada Juli 2015 menjadi 47.427 unit pada Juli 2016.
Dalam kondisi pelemahan penjualan secara nasional tersebut, AHM berhasil menggenjot penjualannya di segmen motor sport. All New Honda CB150R StreetFire menjadi produk terlaris motor sport Honda pada Juli 2016 dengan penjualan sebesar 12.879 unit.
Performa ini diikuti model-model sport Honda lainnya yaitu Honda CBR series yang terjual 5.555 unit, Honda Verza 4.058 unit, Honda MegaPro 300 unit.
Melalui penjualan ini, AHM mengukuhkan penguasaan pangsa pasar di segmen motor sport 48,1 persen.
General Manager Sales Division AHM Thomas Wijaya dalam keterangan tertulisnya mengatakan pencapaian ini mencerminkan kepercayaan para pecinta motor sport pada produk Honda.
"Melemahnya daya beli masyarakat serta hari kerja yang lebih sedikit menjadi salah satu faktor penurunan penjualan pada bulan lalu. Kendati demikian, segmen sport Honda mampu mempertahankan pertumbuhan hingga melonjak lebih dari 2 kali lipat dibandingkan bulan yang sama tahun lalu," katanya.
Pada segmen lain, motor bebek Honda tercatat terjual sebesar 29.281 unit dengan penguasaan pangsa pasar 73,1 persen pada Juli 2016.
Honda Supra series memberikan kontribusi penjualan terbanyak sebesar 14.378 unit, diikuti oleh Honda Revo 9.649 unit, All New Honda Sonic 150 R 3.942 unit dan Honda Blade 1.312 unit.
Segmen skutik AHM memiliki Honda Vario series yang terjual sebanyak 75.537 unit, Honda BeAT series 43.495 unit, Honda Scoopy 31.760 unit, Honda Spacy 499 unit, dan Honda PCX 294 unit.
Total penjualan sepeda motor Honda di segmen ini sebanyak 151.585 unit dengan pangsa pasar 69,6 persen.
Performa penjualan sepeda motor Honda yang memimpin semua segmen sepeda motor nasional pada bulan lalu memberikan kontribusi positif terhadap total penjualan merek ini sepanjang tahun 2016.
AHM tercatat mampu membukukan penjualan sebesar 2.362.047 unit pada periode Januari-Juli 2016 dengan memimpin 72,3 persen pangsa pasar motor nasional yang saat ini tercatat sebesar 3.268.041 unit.
Sepanjang 7 bulan pertama tahun ini, AHM memimpin pangsa pasar di semua segmen melalui penjualan motor Honda di segmen sport sebesar 178.839 unit atau memimpin 45,9 persen pangsa pasar motor sport nasional.
Sementara penjualan motor Honda di segmen bebek sebesar 236.271 unit atau memimpin 65,5 persen pangsa pasar motor bebek nasional, serta penjualan motor Honda di segmen skutik sebesar 1.946.937 unit atau memimpin 77,3 persen pangsa pasar motor skutik nasional. (Ant)
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Editor: Vicky Fadil
Tag Terkait:
Advertisement