Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

5 Kesalahan Umum Pemilik Toko E-Commerce

5 Kesalahan Umum Pemilik Toko E-Commerce Kredit Foto: Qlapa
Warta Ekonomi, Jakarta -

Pemasar E-commerce memiliki empat tujuan dasar. Untuk memulai, mereka harus membawa pengunjung baru ke toko mereka. Berikutnya adalah mengonversi lebih banyak pengunjung ini menjadi pelanggan. Kemudian mereka harus mencari cara untuk meningkatkan pendapatan rata-rata yang diperoleh per sesi pelanggan. Akhirnya, mereka harus menciptakan insentif bagi para pelanggan ini untuk kembali membeli di waktu mendatang.

Selain membawa pengunjung baru ke toko Anda, tujuan pemasaran lainnya semuanya secara langsung dipengaruhi oleh strategi optimasi konversi toko. Banyak bisnis terus membuat kesalahan serius yang dapat memengaruhi tingkat konversi toko mereka, berikut beberapa kesalahannya:

Tidak menunjukkan jumlah barang di keranjang tamu

Pelanggan hari ini mendarat di toko ecommerce dari berbagai perangkat seperti desktop, ponsel cerdas, atau tablet mereka. Namun, setiap kali mereka kembali ke situs web Anda di perangkat yang berbeda, mereka diberi tag oleh alat analisis Anda sebagai "pengunjung baru".

Analisis perilaku pengguna telah menunjukkan bahwa pengunjung tersebut cenderung mengklik ikon “gerobak” segera setelah mendarat dan berharap untuk menyelesaikan proses checkout mereka. Dalam keadaan seperti itu, penting untuk menyampaikan kepada pengunjung bahwa Anda tidak memiliki informasi yang diperlukan.

Solusi mudah untuk ini dari perspektif CRO adalah dengan jelas menunjukkan jumlah item dalam keranjang dari menu header. Pengunjung lebih cenderung melanjutkan belanja ketika dikomunikasikan dengan cara ini.

Tidak menautkan langsung ke halaman produk dari homepage

Ini adalah praktik yang baik untuk menampilkan produk Anda yang paling populer di beranda toko. Tetapi sebuah toko ecommerce yang menjual ribuan produk mungkin akan mempersulit untuk mempersempit inventaris mereka menjadi beberapa produk tertentu yang dapat mengambil ruang premium di beranda.

Banyak toko mengatasi tantangan ini dengan menghubungkan ke berbagai halaman kategori sebagai gantinya. Apa yang dilakukan toko-toko ini adalah untuk menampilkan gambar dari produk yang paling populer dan setelah mengklik, para pengunjung dibawa ke halaman kategori masing-masing sebagai gantinya.

Seorang pengunjung yang mengklik gambar suatu produk mengharapkan untuk dibawa ke halaman produk tertentu dan tidak ke halaman kategori umum. Pengoptimalan konversi ini gagal cukup luas dan menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Inflow, sebanyak setengah dari dua puluh situs “terbaik di kelas” gagal menghubungkan langsung ke halaman barang dagangan dari beranda mereka.

Tidak ada cara untuk memfilter fitur saat menyortir harga

Sebagian besar toko ecommerce memungkinkan pengunjung menyortir listing mereka berdasarkan harga. Ini membantu mereka mempersempit daftar hanya ke produk yang sesuai dengan rentang anggaran mereka. Namun, satu kesalahan yang dilakukan banyak toko adalah menggabungkan fitur pengurutan harga dengan filter lain seperti ulasan pelanggan atau atribut produk.

Dengan demikian, toko membatasi kemampuan bagi pelanggan untuk membuat keputusan pembelian yang berarti. Pelanggan ini dapat melihat produk termurah yang ditawarkan, atau melihat produk yang difilter oleh atribut tertentu yang mungkin tidak sesuai dengan anggaran mereka. Karena produk termurah mungkin tidak selalu datang dengan fitur terbaik, ini berpotensi merusak konversi.

Hal ini dapat diperbaiki dengan memungkinkan pelanggan menyaring daftar berdasarkan atribut produk tertentu seperti ukuran, warna, dll. Dan kemudian membiarkan daftar yang difilter ini diurutkan berdasarkan harga. Dengan cara ini, pelanggan bisa mendapatkan produk pilihan mereka dalam rentang anggaran yang diinginkan.

Tidak menampilkan segel tepercaya terkait layanan pelanggan

Kembali ketika e-niaga masih baru, bisnis merasa penting untuk menampilkan segel kepercayaan yang berhubungan dengan keamanan seperti yang berasal dari Verisign. Itu sebagian besar masih terjadi dengan toko ecommerce yang lebih kecil. Namun, dari perspektif CRO, yang lebih penting adalah kepercayaan pelanggan. Meskipun Anda mungkin tidak menampilkan segel kepercayaan keamanan Anda, menjadi semakin penting untuk menampilkan segel kepercayaan alternatif yang menunjukkan pengalaman pelanggan. Ini termasuk segel dari orang-orang seperti BBB, BizRate, dan Toko Tepercaya Google.

Tidak mencantumkan ketersediaan stok pada halaman produk.

Kecuali Anda menjual produk yang dibuat sesuai pesanan, selalu ada baiknya untuk memasukkan informasi tentang jumlah stok yang tersedia. Melakukan ini penting karena dua alasan, Pertama: menunjukkan ketersediaan stok dapat berpotensi menyelamatkan pelanggan Anda dari patah hati ketika produk terungkap kehabisan stok ketika mereka menekan halaman checkout. Selain itu, informasi saham juga menciptakan rasa urgensi yang dapat mendorong tingkat konversi naik.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Clara Aprilia Sukandar
Editor: Clara Aprilia Sukandar

Tag Terkait:

Bagikan Artikel: