Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Ukur Seberapa Efektifnya Strategi Pemasaran Seluler dengan Taktik Berikut...

Ukur Seberapa Efektifnya Strategi Pemasaran Seluler dengan Taktik Berikut... Kredit Foto: Unsplash/Rawpixel
Warta Ekonomi, Jakarta -

Merancang strategi pemasaran seluler adalah seni dan sains. Anda perlu mempertimbangkan banyak faktor, mendengarkan dugaan Anda tentang audiens Anda, memanfaatkan pengalaman Anda, dan menerapkan taktik baru. Tapi, bagaimana caranya Anda mengetahui jika strategi Anda dikatakan berhasil?

Anda tidak akan mengetahuinya kecuali mengukurnya. Berdasarkan rangkuman dari entrepreneur.com, berikut adalah lima langkah yang dapat Anda ambil untuk mengukur keefektifan strategi pemasaran seluler Anda.

1. Mulai dengan Tujuan

Mengukur strategi pemasaran seluler Anda dimulai sebelum Anda memulai promosi pertama Anda. Ini terlebih dahulu dimulai dengan tujuan Anda. Saat membuat strategi pemasaran Anda, pilih sasaran yang terkait dengan Key Performance Indicator (KPI) bisnis Anda. Misalnya, jika strategi pemasaran Anda difokuskan pada pembuatan permintaan, Anda dapat mengukur hal-hal seperti jumlah unduhan aplikasi atau jumlah tayangan yang Anda dapatkan pada promosi iklan tertentu.

Jika Anda mencoba meningkatkan perolehan prospek, Anda dapat mengukur jumlah unduhan dari magnet utama atau pendaftaran dalam aplikasi untuk buletin Anda. Konversi kemungkinan akan diukur dengan pembelian, meskipun ini bergantung pada model bisnis Anda.

2. Pantau Analisis

Analisis seluler adalah tulang punggung upaya pengukuran Anda. Titik utama pengumpulan analisis sederhana: lihat apakah Anda memenuhi tujuan Anda?

Dengan alat analisis yang canggih, Anda dapat melihat berapa banyak orang yang menggunakan aplikasi Anda, apa yang mereka lakukan dengannya, dan kapan mereka berhenti menggunakannya. Anda dapat mengukur dan melacak setiap tahap siklus hidup pengguna.

Namun, analisis seluler dapat melakukan lebih dari itu. Mereka juga dapat menunjukkan kepada Anda tren baru untuk dimanfaatkan ketika Anda menetapkan putaran tujuan berikutnya.

Misalnya, Anda mungkin mengetahui bahwa pengguna tidak menggunakan fitur aplikasi tertentu. Tujuan Anda berikutnya mungkin adalah membuat lebih banyak orang mencobanya. Atau Anda dapat melihat bahwa penggunaan cenderung menurun pada waktu-waktu tertentu dalam satu hari atau minggu. Anda mungkin ingin menyelidiki dan memberi insentif kepada pengguna untuk menggunakan aplikasi selama waktu tersebut.

Dengan analitik yang efektif, Anda akan dapat mengukur apakah strategi pemasaran Anda berhasil dan melihat di mana untuk melakukan perbaikan. Sesederhana itu.

3. Dapatkan Data Kualitatif

Analisis dapat memberi Anda sejumlah besar data kuantitatif. Namun, ketika mengukur keefektifan strategi pemasaran seluler Anda, ada baiknya untuk mendapatkan data kualitatif juga.

Anda tidak perlu menjalankan grup fokus untuk mendapatkan jenis data ini. Anda dapat melakukan sesuatu yang sederhana seperti meminta feedback melalui pemberitahuan dalam aplikasi sederhana. Atau kirimkan email ke beberapa pengguna Anda dan tanyakan pendapat mereka tentang aplikasi atau situs seluler Anda.

Data kualitatif memberi Anda wawasan tentang pengalaman pengguna Anda. Dan itu dapat membuka jalan baru untuk eksplorasi dalam strategi pemasaran Anda. Anda mungkin terkejut melihat betapa berwawasannya pengguna Anda ketika diminta pendapatnya.

4. Lakukan Perubahan & Eksperimen

Ini adalah langkah penting: setelah Anda mengukur strategi pemasaran seluler Anda dan melihat seberapa baik kinerjanya, Anda akan melakukan beberapa perubahan. Anda akan menemukan bagian-bagian dari strategi yang tidak berjalan dengan baik seperti yang Anda harapkan. Dan beberapa bagian tak terduga yang berkinerja sangat baik.

Setelah Anda secara efektif mengukur strategi Anda, Anda dapat membuat perubahan pada kedua area tersebut untuk meningkatkan keampuhannya. Misalnya, jika penawaran email tertentu mengarah ke pengguna yang lebih terlibat dengan aplikasi Anda, Anda dapat mengirim tawaran itu ke lebih banyak pengguna.

5. Ukur Ulang

Setelah Anda melakukan beberapa perubahan, Anda harus mengukur kembali indikator kinerja utama Anda. Untuk sebagian besar, Anda ingin mengukur hal yang sama persis yang Anda lakukan sebelumnya untuk mendapatkan perbandingan yang adil.

Ini memungkinkan Anda membandingkan sebelum dan sesudahnya, dan memberi Anda gambaran yang jelas tentang bagaimana perubahan Anda memengaruhi metrik Anda. Anda mungkin ingin memasukkan beberapa metrik baru jika taktik Anda telah berubah.

Tetapi bagian yang penting adalah menjaga agar metrik Anda selalu diperbarui. Kemudian ukur dan cari pola. Itulah yang menghasilkan peningkatan berkelanjutan untuk strategi pemasaran seluler Anda.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Clara Aprilia Sukandar
Editor: Clara Aprilia Sukandar

Tag Terkait:

Bagikan Artikel: