Sebagai platform pembayaran dengan penerimaan terluas di Indonesia, OVO senantiasa menghadirkan inovasi layanan dan produk bagi pengguna maupun merchants. Baru-baru ini, OVO mengumumkan bahwa OVO QR code telah tersedia dan dapat diakses melalui aplikasi OVO dan Grab serta memperluas jangkauannya ke 25.000 Usaha Kecil Menengah (UKM) di seluruh Indonesia, termasuk Bandung.
Director of OVO, Johnny Widodo mengatakan melalui upaya ini, OVO menjadi satu-satunya platform pembayaran di Indonesia yang diterima di semua jenis bisnis, dari mal besar hingga gerai tradisional kecil yang belum pernah tersentuh pembayaran non-tunai. Bahkan, pada akhir 2018, OVO menargetkan QR code untuk tersedia di 100.000 UKM.
Hingga tahun 2017, terdapat hampir 60 juta UKM di Indonesia, yang menyumbang lebih dari 60% PDB negara. Namun, kurang dari 8% dari UKM tersebut yang menggunakan teknologi untuk memasarkan produk mereka. Bandung, yang dikenal sebagai kota yang kaya akan kuliner serta objek wisata, memiliki 300.000 UMKM yang menjadi peluang bagi pertumbuhan ekonomi Bandung.
“Bandung dikenal sebagai kota yang kaya akan kuliner dan wisata serta memiliki potensi UKM dengan hasil produk-produk berkualitas dan bernilai tinggi,” kata Johnny kepada wartawan di Bandung, Senin (1/10/2018).
Melalui QR code, OVO ingin mendorong UKM di Bandung untuk go digital dengan menggunakan teknologi dan menerima pembayaran non-tunai sehingga mereka dapat menumbuhkan bisnis mereka. Dengan memperluas QR code OVO hingga ke Bandung, pihaknya ingin membuat teknologi pembayaran yang terjangkau tersedia bagi usaha kecil seperti pujasera, pasar, warung dan kios, yang menjadi pusat keramaian transaksi antara penjual dan pembeli.
"Dengan teknologi yang OVO miliki, kami ingin membantu UKM untuk menumbuhkan bisnis secara lebih cepat sehingga mereka dapat berkontribusi secara nyata terhadap ekonomi kota Bandung," ungkapnya.
Adanya perluasan jangkauan QR code ini, OVO membuat teknologi pembayaran yang terjangkau tersedia di seluruh kota-kota Indonesia, seperti Jabodetabek, Surabaya, Yogyakarta, Semarang, Solo dan Bandung. Upaya ini dilakukan guna memastikan lebih banyak pemilik usaha kecil yang dapat memanfaatkan teknologi non-tunai untuk pertama kalinya, serta menumbuhkan bisnis mereka secara lebih cepat dengan memanfaatkan basis pelanggan OVO dan Grab.
Johnny menilai, sampai saat ini belum ada yang dapat membawa UKM seperti warung kelontong ke dalam pembayaran non-tunai dalam skala yang besar. Tersedianya QR code di UKM menjadikan OVO sebagai main wallet yang dapat digunakan oleh siapa pun, di mana pun dan kapan pun. Pengguna sekarang dapat menggunakan dompet digital OVO di seluruh Indonesia, dari restoran hingga minimarket, untuk transportasi, belanja di toko, warung hingga gerai tradisional dan e-commerce, hingga pembelian pulsa telepon atau listrik, serta pembayaran billing kebutuhan sehari-hari.
Sebagai bagian dari strategi untuk mempermudah masyarakat dalam bertransaksi non-tunai, OVO telah bermitra dengan beberapa perusahaan terkemuka dan terpercaya di Indonesia yaitu Alfamart, Bank Mandiri, Grab, Kudo dan Moka.
"Saat ini, OVO telah tersedia di 212 kota dan dalam waktu dekat akan tersedia pada 350.000 gerai, hal ini menjadikan OVO satu-satunya platform dengan pembayaran yang paling banyak diterima di toko-toko ritel offline, termasuk hypermarket, department store, kedai kopi, bioskop, operator parkir dan jaringan rumah sakit terkemuka," pungkasnya.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Rahmat Saepulloh
Editor: Vicky Fadil
Tag Terkait: