Penyedia Solusi AI Ini Raih Dana Seri B Rp300,3 Miliar, Mau Buat Apa?
AnyMind Group, penyedia solusi artificial intelligence (AI) untuk industri periklanan, influencer marketing, dan sumber daya manusia, menutup pendanaan Seri B Plus dengan raihan US$8 juta (Rp112,3 miliar). Dana ini menjadikan total Seri B sebesar US$21,4 juta (Rp300,3 miliar) dan total pendanaan saat ini menjadi US$35,9 juta (Rp504 miliar).
Investor baru untuk pendanaan ini termasuk VGI Global Media Plc (VGI), penyedia solusi offline-to-online untuk iklan, pembiayaan, dan logistik Thailand, dan Tokyo Century Corporation, perusahaan jasa keuangan Jepang.
Kosuke Sogo, CEO dan Co-Founder AnyMind Group berkata, "Dengan visi kami untuk memberdayakan pertumbuhan profesional, bisnis dan industri melalui teknologi, dan investor baru, kami sekarang berada dalam posisi yang kuat untuk mendorong industri periklanan, influencer marketing, dan sumber daya manusia di Asia."
Sebagai bagian dari investasi, AnyMind Group akan membentuk joint venture (JV) dengan VGI, bernama VGI AnyMind Technology Co Ltd untuk mengintegrasikan teknologi periklanan digital-out-of-home (DOOH) ke iklan out-of-home milik VGI di Thailand.
Baca Juga: AnyMind Group Dapat Pendanaan Seri B dari Line dan Mirai Creation Fund
JV ini mengikuti uji coba periklanan DOOH AdAsia Holdings dengan East Japan Railway Company Limited pada Desember 2018, memberikan solusi DOOH untuk menayangkan iklan melalui papan iklan digital di stasiun kereta, dan mengukur efektivitas iklan melalui laju dan reaksi tampilan aktual. Pengiklan dan pemasar dapat membeli DOOH dan inventaris iklan yang terhubung melalui AdAsia Digital Platform for Advertisers.
"Kami sangat menantikan peluang untuk bermitra dengan AnyMind Group dan teknologi periklanannya, yang memungkinkan kami menawarkan solusi terintegrasi sepenuhnya melalui saluran penjualan dan pemasaran," kata Nelson Leung, CEO VGI, dalam keterangan tertulis, Rabu (20/3/2019).
Sogo menambahkan, "Tujuan kami adalah membangun jaringan periklanan DOOH di seluruh Asia, dengan tujuan yang lebih besar untuk masa depan. Periklanan di semua media terhubung dan pada akhirnya kami bisa menyediakan periklanan yang paling relevan dan personal bagi semua orang di platform mana pun."
Sementara President dan Business Development Unit Tokyo Century Corporation, Yoshito Kitagawa mengutarakan alasannya berintestasi untuk AnyMind Group.
"AnyMind Group mengembangkan bisnis periklanan internet menggunakan AI dan teknologi lainnya di kawasan Asean yang berkembang pesat. Kami fokus pada bisnis di kawasan ini. Kami akan memberikan banyak pengetahuan yang telah kami kembangkan hingga sekarang, dan dukungan yang saling menguntungkan," katanya.
Selain dari ekspansi ke dalam iklan DOOH, dana tersebut juga akan digunakan untuk potensi akuisisi strategis dalam industri periklanan, influencer marketing, dan sumber daya manusia, dan juga percepatan pertumbuhan bakat dan produk.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Editor: Rosmayanti