Di usia milenial, periode 1981-1999, banyak yang menilai mereka tidak realistis dan sulit dikelola. Oleh karena itu, ada kunci yang harus diketahui setiap pemimpin perusahaan ketika mereka memiliki karyawan milenial.
Melansir dari Entrepreneur (28/5/2019), berikut kunci rahasia tersebut:
Jadilah Konstruktif
Kesalahpahaman besar yang sering terdengar adalah bahwa kita harus sangat berhati-hati dengan anggota tim milenial karena mereka sangat sensitif dan hasilnya menjadi rumit.
Yang benar adalah tidak ada yang suka dikritik, ditegur atau diberitahu bahwa mereka tidak melakukannya dengan baik, dan itu termasuk kaum milenial.
Dengan begitu, para pemimpin perusahaan harus mengubah umpan balik yang mereka berikan. Hindari melakukan serangan pribadi dan sebaliknya, fokus pada bagaimana masalah dapat diselesaikan dengan proses dan niat.
Baca Juga: Tak Sepaham dengan Buffet dan Bill Gates, Tim Cook Bilang kepada Milenial...
Kolaborasi Meningkatkan Motivasi dan Kepuasan
Generasi milenial mampu, mengerti teknologi, dan memiliki keberanian lebih dari yang kita harapkan. Mereka hanya perlu disejajarkan dengan tujuan mereka.
Membina budaya tim yang solid di mana anggota tim memiliki sistem dukungan yang aman, mengidentifikasi dan memanfaatkan kekuatan masing-masing individu dan membuat mereka berkolaborasi adalah cara yang efektif untuk membuat mereka memiliki motivasi diri.
Bersikaplah Ramah, tapi Tegas
Baca Juga: Ini Nih Instrumen Investasi Buat Para Milenial
Beberapa manajer merasa tidak perlu untuk mencoba terhubung dengan tim milenial mereka pada tingkat pribadi karena mereka merasa itu mungkin tidak produktif. Akibatnya, mereka cenderung merajam staf mereka dengan lengan profesional, menarik garis keras antara bekerja dan bersikap ramah.
Kemungkinan besar individu dalam tim Anda akan menghabiskan banyak waktu berinteraksi dengan manajer mereka dan satu sama lain. Jika tidak, mereka akan merasa bekerja seperti robot, membosankan.
Baca Juga: Yang Muda, yang Berkarya, Mengenal Sosok Puteri Komarudin: Milenial yang Siap Berantas Rentenir
Patutnya, seorang pemimpin harus bersikap ramah dan mudah didekati dengan staf selama acara, seperti makan siang, setelah bekerja atau secara umum ketika kita tidak begitu sibuk.
Tim milenial yang sukses dan produktif dimulai dengan mengembangkan tempat kerja yang kondusif yang memotivasi mereka dan memanfaatkan keterampilan terbaik mereka sehingga mereka dapat mencapai apa yang mereka inginkan dalam kehidupan pribadi mereka juga.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Clara Aprilia Sukandar
Editor: Clara Aprilia Sukandar
Tag Terkait: