Pertumbuhan Tertinggi, Wisatawan Indonesia ke Singapura Masuk 3 Besar
Angka kunjungan wisatawan dari Indonesia ke Singapura tercatat sebagai salah satu yang memiliki pertumbuhan absolut tertinggi di 2019, bersama Tiongkok dan Amerika Serikat.
Wisatawan Indonesia masih tercatat terbesar kedua bagi Singapura, dengan 3,11 juta wisatawan pada 2019.
Baca Juga: Kian Khawatir Virus Corona, Malaysia Perluas Larangan Masuk Wisatawan China
Indonesia menjadi salah satu negara pendukung pertumbuhan pendapatan pariwisata di negeri Singa tersebut.
Hal itu tampak dari wisata belanja wisatawan Indonesia, serta bertambahnya jumlah wisatawan yang datang menggunakan maskapai penerbangan Singapura.
Pada Januari hingga September 2019, angka pendapatan pariwisata dari Indonesia mencapai 2,26 miliar dolar AS dengan pertumbuhan enam persen.
Pertumbuhan absolut tertinggi secara year-on-year dalam devisa sektor pariwisata di luar dari jalan jalan maupun aktivitas hiburan.
“Kami senang mengetahui wisatawan Indonesia yang berkunjung ke Singapura untuk liburan maupun bisnis lebih banyak dari sebelumnya," ungkap Mohamed Firhan Abdul Salam, Area Director Singapore Tourism Board (STB) di Jakarta, Selasa (18/2/2020).
Rekor yang tinggi dari angka kunjungan wisatawan Indonesia menunjukkan Singapura sebagai destinasi yang diminati wisatawan Indonesia.
Tidak hanya wisatawan asal Jakarta, namun juga kota-kota di luar Jakarta.
Pertumbuhan ini membuktikan pendekatan quality tourism dan upaya diversifikasi pasar ke kota-kota di luar Jakarta telah membuahkan hasil.
"Kami akan terus memberikan yang terbaik meski mengalami tantangan di awal 2020,” katanya.
STB mengerti wisatawan Indonesia memiliki kekhawatiran terhadap situasi COVID-19 di Singapura maupun negara lainnya.
Tetapi, STB percaya bahwa tindakan yang telah dilakukan Singapura saat ini akan memberikan rasa aman bagi para wisatawan.
Singapore Tourism Board (STB) adalah badan utama yang membidangi pariwisata, salah satu penggerak utama ekonomi Singapura.
Bersama mitra industri dan masyarakat, STB menjadikan lanskap pariwisata Singapura lebih dinamis.
STB menciptakan slogan Passion Made Possible menjadi nyata dengan menjadikan Singapura unggul sebagai tujuan wisata serta menginspirasi siapa pun untuk membagi dan memperdalam gairag atau passion wisatawan.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Editor: Muhammad Syahrianto
Tag Terkait: