Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Begini Upaya Jasa Marga Cegah Penyebaran Covid-19 di Gardu dan Rest Area

Begini Upaya Jasa Marga Cegah Penyebaran Covid-19 di Gardu dan Rest Area Sejumlah kendaraan roda empat antre di gerbang Tol Bogor Satelite, Kota Bogor, Jawa Barat, Selasa (5/9). Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) berencana melakukan perubahan sistem transaksi di jalan tol Jagorawi, dari sistem transaksi tertutup menjadi terbuka mulai 8 September 2017 sehingga tarif tol Bogor-Ciawi naik hingga 550 persen dari sebelumnya Rp1.000 menjadi Rp6.500. | Kredit Foto: Antara/Yulius Satria Wijaya
Warta Ekonomi, Jakarta -

PT Jasa Marga (Persero) Tbk bersama kelompok usaha Jasa Marga Group di seluruh Indonesia kembali menegaskan tengah melakukan langkah mitigasi penyebaran Covid-19 di gerbang tol dan juga rest area.

Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru menjelaskan bahwa mitigasi yang dilakukan di ranah operasional gerbang tol sangat penting karena merupakan ujung tombak transaksi yang melibatkan pengguna jalan maupun petugas customer service (CS) dan mobile customer service (MCS).

"Sesuai dengan arahan presiden dan Kementerian BUMN, pelayanan publik dalam hal ini operasional jalan tol tetap berjalan dengan normal. Untuk itu diperlukan mitigasi pengendalian Covid-19 di gerbang tol yang dimulai dari kebersihan lajur transaksi di setiap gerbang tol," jelas Heru di Jakarta, Rabu (18/3/2020).

Baca Juga: Pendapatan Tahunan Menipis, Induk PUBG Mobile Waspadai Dampak Corona

Heru juga menambahkan, mitigasi pengendalian Covid-19 di gerbang tol telah dilakukan. Selain bekerja dengan alat pelindung diri (APD) berupa rompi dan masker, para petugas CS mulai Senin (16/3) dilengkapi dengan sarung tangan, terutama petugas CS yang bekerja dgn berinteraksi dengan pengguna jalan.

Sesuai SOP yang diberlakukan menghadapi pandemi ini, petugas CS juga membersihkan tangan dengan hand sanitizer, dan dicek suhu tubuhnya pra dan pasca-tugas.

"Saat ini petugas CS yang bekerja di gerbang tol masih ada yang harus membantu tapping uang elektronik milik pengguna jalan sehingga cukup berpotensi untuk penularan Covid-19, baik untuk pengguna jalan maupun petugas CS. Kami harap dengan menggunakan sarung tangan dan masker, baik petugas CS maupun pengguna jalan mendapatkan perlindungan awal atas epidemi Covid-19 ini," tambahnya.

Sementara itu, untuk memastikan kebersihan gardu tol otomatis (GTO), PT Jasamarga Tollroad Operator (JMTO) selaku pengelola pemeliharaan peralatan tol Jasa Marga Group secara periodik membersihkan reader tapping uang elektronik dengan cairan disinfektan, yaitu minimal satu jam sekali.

Baca Juga: Peneliti Australia Pecahkan Misteri Sistem Kekebalan Tubuh Lawan Virus Corona

Selain di gerbang tol, Jasa Marga Group juga meningkatkan pengendalian kebersihan dan tingkat higienitas di rest area jalan tol yang dikelola oleh anak usaha Jasa Marga, PT Jasamarga Related Business (JMRB).

Yang telah dilakukan sebelumnya dan masih terus berjalan adalah sosialisasi untuk mencuci tangan dengan benar dengan menyediakan pendukung berupa hand sanitizer di tempat-tempat strategis seperti di lokasi tenan, akses ke toilet hingga musala.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Bambang Ismoyo
Editor: Rosmayanti

Bagikan Artikel: