Kisah Perusahaan Raksasa: Besar di Prancis, Orange Sukses Ambil Pasar Telekomunikasi Eropa
Orange SA adalah salah satu penyedia telepon seluler dan layanan akses internet terkemuka di Eropa asal Prancis. Perusahaan ini terdaftar dalam Fortune Global 500 peringkat ke-249 dengan perolehan pendapatan tahun 2020 sebesar 47,27 miliar dolar AS.
Melansir Fortune, Orange mengalami penurunan pendapatan total sebesar 3,2 persen sehingga peringkatnya di tahun itu turun 21 poin dari 2019. Namun demikian, perusahaan mendapat untung yang luar biasa sekitar 45,9 persen di tahun itu menjadi 3,36 miliar dolar dari sebelumnya 2,30 miliar dolar tahun 2019.
Baca Juga: Kisah Perusahaan Raksasa: ThyssenKrupp, Produsen Baja Jerman yang Sedang Ambruk
Dilihat dari catatan finansialnya, Orange telah menjadi merek global untuk operasi seluler dan Internet France Telecom di 13 negara, termasuk Inggris Raya, Prancis, Spanyol, Swiss, Belanda, Rumania, Slovakia, Polandia, Republik Dominika, Kamerun, Pantai Gading, Botswana, dan Madagaskar.
Sementara catatan lain finansialnya cukup gemilang. Aset dan total ekuitas perusahaannya masing-masing senilai 119,31 miliar dolar dan 35,61 miliar dolar.
Mengutip dari berbagai sumber, Warta Ekonomi akan mengulas kisahnya pada Kamis (26/8/2021) dalam perusahaan raksasa. Simak selengkapnya dalam artikel ringkas sebagai berikut.
Diluncurkan pada tahun 1994, Orange mewakili sebuah revolusi di pasar telepon seluler Inggris yang lesu. Sebagian besar kesuksesan awal Orange secara langsung disebabkan oleh upaya kepala arsiteknya, Hans Snook. Berasal dari Kanada, Snook, seorang hippie yang menggambarkan dirinya sendiri, telah terdaftar di universitas tetapi pergi sebelum lulus.
Sebaliknya, Snook menjadi manajer kredit di sebuah hotel Westin di Vancouver. Ketertarikannya pada industri hotel sebagian besar datang karena sifat bisnis yang padat manusia, dan fakta bahwa industri hotel beroperasi 24 jam sehari. Kedua fitur itu akan ikut bermain dalam karir Snook selanjutnya.
Dalam setahun, Snook menonjol di jaringan hotel, memposting manajemen kredit terbaik di seluruh grup. Ini membuat Snook mendapatkan promosi ke hotel unggulan grup Westin di Vancouver. Tak lama, Snook telah dipromosikan lagi, menjadi pengontrol untuk seluruh grup hotel Westin.
Snook kemudian meninggalkan jaringan hotel dan pindah ke Calgary—untuk merayu calon istrinya—dan bekerja di real estate selama beberapa waktu sebelum kembali sebentar ke industri perhotelan. Keputusan untuk bepergian dengan istrinya dalam perjalanan backpacking keliling dunia, bagaimanapun, mengubah nasib Snook.
Setelah beberapa waktu, Snooks tiba di Hong Kong, di mana ia ditawari pekerjaan dengan perusahaan paging dan komputer startup. Snook setuju untuk tinggal selama satu tahun, dan kemudian tinggal selama dua tahun. Namun, saat bersiap untuk meninggalkan Hong Kong, dia didekati oleh Hutchison Whampoa, yang telah berjuang untuk meluncurkan layanan telepon seluler pada pertengahan 1980-an.
Setelah Snook setuju untuk mengambil alih arah layanan, ia memasang generasi baru peralatan komputer, meningkatkan layanan pelanggan, dan, yang paling penting, mulai membangun merek terpadu yang kuat yang mencakup seluruh pasar Hong Kong. Untuk mencapai tujuannya, Snook membeli serangkaian 15 etalase, yang secara diam-diam direnovasi, agar tidak mengganggu operasi grup yang ada.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Muhammad Syahrianto
Editor: Muhammad Syahrianto
Tag Terkait: