Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Apa Itu Data Enrichment?

Apa Itu Data Enrichment? Kredit Foto: Istimewa
Warta Ekonomi, Jakarta -

Data adalah sumber kehidupan bagi bisnis kontemporer dan digunakan untuk merumuskan setiap strategi pemasaran, penjualan, dan layanan pelanggan. Ini adalah inti dari setiap keputusan yang dibuat oleh para pemimpin bisnis untuk mempromosikan pertumbuhan dan profitabilitas organisasi mereka. Data memberdayakan para pemimpin untuk membuat keputusan yang tepat berdasarkan fakta dan tren daripada spekulasi belaka.

Pemimpin bisnis yang baik menggunakan perselisihan data untuk membersihkan, menyusun, dan memperkaya data untuk setiap pengambilan keputusan. Banyak organisasi yang visioner mengakui bahwa data telah menjadi beragam dan tidak terstruktur, dan oleh karenanya perlu adanya perselisihan data. Perselisihan data memiliki enam langkah termasuk menemukan, menyusun, membersihkan, memperkaya, memvalidasi, dan menerbitkan. Di sini, kita akan membahas langkah keempat dari perselisihan data, yaitu data enrichment.

Baca Juga: Apa Itu Data Leakage?

Definisi Data Enrichment

Data enrichment didefinisikan sebagai penggabungan data pihak ketiga dari sumber otoritatif eksternal dengan database data pelanggan pihak pertama yang sudah ada. Brand melakukan ini untuk meningkatkan data yang sudah mereka miliki sehingga mereka dapat membuat keputusan yang lebih tepat. Semua data pelanggan, apa pun sumbernya, dimulai dalam bentuk mentah. Ketika data yang dikumpulkan ini mengalir ke penyimpanan data pusat, data tersebut sering diserap ke dalam sistem dalam kumpulan data yang terpisah. Apa yang sering Anda alami ketika ini terjadi adalah data yang dibuang ke data lake, atau rawa data, penuh dengan informasi mentah yang seringkali tidak berguna di luar konteks yang sempit.

Data enrichment membuat data mentah ini lebih berguna. Dengan menambahkan data dari pihak ketiga, brand mendapatkan insight yang lebih dalam tentang kehidupan pelanggan mereka. Data yang diperkaya akan menghasillkan informasi yang lebih kaya dan lebih detail, sehingga memungkinkan brand untuk lebih mudah mempersonalisasi pesan mereka karena mereka tahu lebih banyak tentang pelanggan mereka.

Proses data enrichment yang kuat adalah bagian penting dalam membangun catatan pelanggan. Satu kumpulan data itu sendiri, tidak peduli seberapa detailnya, tidak mencakup setiap bagian dari data perilaku atau transaksi yang diperlukan untuk membangun satu pandangan yang komprehensif tentang pelanggan. Inilah sebabnya mengapa praktik data enrichment sangat penting untuk tujuan jangka panjang pemasaran dalam memberikan pengalaman yang dipersonalisasi.

Dua Jenis Data Enrichment

Ada banyak jenis data ennrichment karena ada sumber untuk memperoleh data, tetapi dua yang paling umum antara lain:

1. Data Enrichment Demografis: Data enrichment demografis melibatkan perolehan data demografis baru, seperti status perkawinan dan tingkat pendapatan, dan menambahkannya ke dalam kumpulan data pelanggan yang ada. Jenis data demografis sangat luas, begitu pula sumbernya. Anda dapat menerima kumpulan data yang mencakup jumlah anak, jenis mobil yang dikendarai, nilai rumah rata-rata, dan sebagainya.

Yang terpenting dari data enrichment demografis adalah apa tujuan akhir Anda. Jika Anda ingin memberikan penawaran kartu kredit, misalnya, Anda dapat memperoleh database yang menyediakan peringkat kredit seseorang. Data yang diperkaya dengan cara ini dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan penargetan penawaran pemasaran secara keseluruhan, yang sangat penting di zaman di mana pemasaran yang telah dipersonalisasi memegang kendali atas bisnis.

2. Data Enrichment Geografis: Data enrichment geografis melibatkan penambahan data pos atau garis lintang dan garis bujur ke kumpulan data yang ada yang mencakup alamat pelanggan. Ada sejumlah penyedia yang memungkinkan Anda untuk membeli data ini, yang dapat mencakup kode pos, batas geografis antara kota dan kota, wawasan pemetaan, dan sebagainya. Menambahkan wawasan semacam ini ke dalam data Anda berguna dalam beberapa konteks.

Retailer dapat menggunakan data yang diperkaya secara geografis untuk menentukan lokasi toko berikutnya. Jika retailer ingin menangkap sebagian besar pelanggan dalam radius tertentu, misalnya 30 mil, mereka dapat memanfaatkan data yang diperkaya untuk membuat keputusan itu. Pemasar juga dapat menggunakan data enrichment geografis untuk menghemat pengiriman surat massal secara langsung.

Setiap bentuk data enrichment yang valid tergantung pada tujuan bisnis Anda. Yang penting adalah mengidentifikasi jenis data yang Anda butuhkan untuk mencari dan mengumpulkan atau memperoleh untuk mendapatkan solusi positif. Setiap kali Anda memperoleh data pihak ketiga atau mencoba mencocokkan dua set data pihak pertama, harus ada faktor umum yang menautkan kedua set data tersebut.

Untuk pelanggan anonim, ini bisa berupa ID perangkat yang menandakan perangkat seluler atau komputer desktop. Untuk pelanggan yang dikenal, ini bisa berupa nama depan dan nama belakang atau alamat surat. Bahkan alamat email dapat digunakan sebagai pengenal untuk mencocokkan dan menggabungkan dua kumpulan data yang berbeda. Jika tidak, kumpulan data asli tidak akan diperkaya karena tidak ada yang menunjukkan bahwa kedua kumpulan data tersebut merujuk ke pelanggan yang sama.

Manfaat Data Enrichment

Data enrichment memiliki banyak manfaat yang menjadikannya infrastruktur yang hebat bagi perusahaan.

1. Penghematan biaya data enrichment

Sebuah laporan oleh Global Databerg menyatakan bahwa sebuah organisasi dengan satu petabyte data menghabiskan sekitar 650.000 dolar AS per tahun untuk mengelola data, namun perusahaan-perusahaan ini hanya menggunakan sebagian kecil dari data mereka untuk keuntungan yang sebenarnya. Data enrichment dapat menghemat uang Anda karena Anda tidak menyimpan informasi yang tidak berguna untuk bisnis Anda. Sebagai gantinya, Anda menyempurnakan data internal dengan sumber data eksternal untuk kepentingan organisasi Anda. Dana yang seharusnya digunakan pada database digunakan untuk kegiatan lain yang memiliki efek positif pada bottom line.

2. Data enrichment mendorong hubungan pelanggan yang bermakna

Data yang diperkaya mempromosikan komunikasi yang dipersonalisasi dan meningkatkan kemungkinan hubungan pelanggan yang bermakna dan peluang bisnis. Dengan data pelanggan yang relevan, bisnis Anda dapat mengembangkan strategi komunikasi yang memenuhi preferensi dan kebutuhan pelanggan. Seorang pelanggan lebih mungkin untuk melakukan pembelian ketika mereka merasa bahwa perusahaan Anda memahami kebutuhan mereka.

3. Data enrichment memaksimalkan pemeliharaan pelanggan

Data enrichment memaksimalkan pemeliharaan pelanggan dengan mengidentifikasi segmen pelanggan yang akan dipelihara. Segmen menawarkan informasi berbasis nilai yang berpotensi membangkitkan pembelian.

4. Data enrichment meningkatkan pemasaran bertarget yang sukses

Pemasaran bertarget adalah masa depan pemasaran, dan banyak bisnis menyadari bahwa pendekatan pemasaran satu ukuran untuk semua tidak akan berhasil. Mereka beralih ke pemasaran yang ditargetkan. Agar pemasaran yang ditargetkan berhasil, organisasi memerlukan data enrichment untuk mengelompokkan data secara efektif.

Penulis: Patrick Trusto Jati Wibowo
Editor: Alfi Dinilhaq

Bagikan Artikel:

Video Pilihan