Berisiko Hadirkan Masalah Kesehatan, Ini Cara Ampuh Mengurangi Lemak di Perut

Berisiko Hadirkan Masalah Kesehatan, Ini Cara Ampuh Mengurangi Lemak di Perut Kredit Foto: Rawpixel/Mckinsey

Lemak perut dapat berbahaya. Secara teknis, lemak perut dikenal sebagai lemak visceral yaitu lemak yang terletak jauh di dalam perut di mana ia mengelilingi organ-organ seperti hati, usus, dan pankreas.

Baca Juga: Penting! Apakah Pisang Aman Dikonsumsi Penderita Diabetes? Ternyata Oh Ternyata…

Lemak itu sangat aktif secara metabolik; dan juga mengeluarkan zat yang dapat merusak organ-organ vital dan mempersempit pembuluh darah, meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular, diabetes, penyakit hati, dan banyak lagi. Anda dapat mengambil beberapa langkah mudah untuk mengurangi lemak visceral dengan cara sebagai berikut: 

1. Menurunkan berat badan

Cara termudah untuk mengurangi lemak visceral adalah dengan menurunkan berat badan. "Penurunan berat badan saja bisa secara efektif mengurangi lemak visceral," kata spesialis pengobatan obesitas di Cleveland Clinic, W Scott Butsch, MD.

Baca Juga: Meski Boleh, Penderita Diabetes Tidak Boleh Asal Makan Pisang, Pilih yang…

"Dengan menurunkan 10 persen dari berat badan berlebih, maka kemungkinan Anda akan mengurangi hingga 30 persen dari lemak tubuh," ujarnya lagi.

2. Berolahraga secara teratur

Diet saja tidak cukup untuk mengurangi lemak perut. Beberapa ahli menyebutkan sangat perlu untuk melakukan latihan fisik. Menurut sebuah studi pada 2020 yang diterbitkan dalam jurnal Nutrients, olahraga mengurangi lemak visceral bahkan jika Anda tidak sedang dalam program menurunkan berat badan.

Itu karena olahraga menurunkan insulin yang bersirkulasi (yang menahan lemak), dan memberi sinyal pada hati untuk membakar timbunan lemak visceral di dekatnya. Olahraga sedang yang dikombinasikan dengan latihan kekuatan akan paling berhasil.

3. Hindari gula tambahan

Sepotong cupcake mungkin tidak langsung menimbulkan lemak di pinggul saat menelannya, tapi perut adalah cerita yang berbeda. Lemak visceral tumbuh subur karena gula.

Investasi terbaik ialah investasi leher ke atas. Yuk, tingkatkan kemampuan dan keterampilan diri Anda dengan mengikuti kelas-kelas di WE Academy. Daftar di sini.

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Republika Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini