Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Ikuti Tren Global, Xiaomi Juga Akan Keluarkan Mobil Listrik

Ikuti Tren Global, Xiaomi Juga Akan Keluarkan Mobil Listrik Kredit Foto: KrAsia
Warta Ekonomi -

Perusahaan teknologi asal China, Xiaomi kini sudah siap untuk masuk ke pasar otomotif. Rencananya, mobil listrik pertama Xiaomi akan diproduksi pada paruh pertama tahun 2024.

Informasi itu diketahui setelah Xiaomi melakukan kerja sama dengan pihak lain untuk menggarap mobil listrik pertamanya. CEO Xiaomi Lei Jun pun membenarkan peluncuran mobil listrik tersebut.

Baca Juga: BRI Salurkan Lebih dari Rp588 Triliun Kredit untuk Wujudkan Tata Kelola ESG

"Dalam tiga tahun lagi, mobil itu sudah berkeliaran di jalan," ujar Lei Jun dalam keterangannya dikutip dari Gizmochina.

Saat ini perusahaan tersebut sudah merekrut 300 karyawan baru untuk mengerjakan proyek besar itu. Xiaomi juga telah menginvestasikan USD 10 miliar untuk pengembangan mobil listrik untuk 10 tahun mendatang.

Saat ini Xiaomi telah menanamkan modal sebesar US$ 1,55 miliar atau setara Rp 22 triliun. Dalam rencana membuat mobil listrik, Xiaomi telah membeli salah satu startup pada bidang teknologi otonom, Deepmotion, dengan biaya lebih dari US$ 77 juta (Rp 1,1 triliun).

Nantinya Xiaomi dan Deepmotion bakal melakukan penelitian dan pengembangan kendaraan listrik. Xiaomi juga kerja sama dengan Motorcomm, yakni perusahaan yang bekerja untuk pengembangan chip komunikasi yang bakal ditanamkan pada kendaraan super canggih.

Hal ini memunculkan spekulasi jika Xiaomi akan menggunakan teknologi tersebut pada mobil listriknya. Dengan sejumlah investasi besar yang dilakukan, tidak dipungkiri Xiaomi dapat mewujudkan mobil listrik pada 2024.

Baca Juga: Pegiat Lingkungan Minta Keterbukaan Informasi Soal Rencana Pengurangan Sampah Plastik dari Produsen

Xiaomi turut bermitra dengan perusahaan otomotif di negara asalnya sendiri, yaitu Great Wall Motor. Kedua pihak tersebut juga disinyalir telah melakukan pembicaraan terkait kerja sama di bisnis EV.

Di samping itu, rencana tersebut diperkuat setelah Xiaomi mendaftarkan bisnis kendaraan listrik, Xiaomi Ev pada Agustus 2021 lalu. Jika benar mobil listrik pertama Xioami meluncur pada 2024 mendatang, kemungkinan akan bersaing denga rivalnya seperti BYD, Nio, Xpeng, dan Tesla.

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan GenPI. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab GenPI.

Editor: Adrial Akbar

Bagikan Artikel:

Video Pilihan