Pakar: Jika Pangkalan Militer Ini Berdiri, China Bisa Makmurkan Negaranya

Pakar: Jika Pangkalan Militer Ini Berdiri, China Bisa Makmurkan Negaranya Kredit Foto: Reuters/CNS

Peneliti urusan militer Asia di Pusat Penilaian dan Strategi Internasional, Ray Fisher, mengatakan bahwa China bertekad memperkuat posisinya di Atlantik dan Afrika.

Wacana ini, yang Fisher sampaikan dalam sebuah wawancara dengan The Sun, Senin (6/12/2021) mengemuka setelah sebelumnya Beijing membangun pangkalan militer luar negeri di Djibouti.

Baca Juga: Menengok Kekuatan Militer Jepang dan Potensi Ancaman China-Rusia

Sementara itu, menurut Wall Street Journal, badan intelijen Amerika Serikat prihatin dengan niat China untuk membangun pangkalan angkatan laut pertamanya di pantai Atlantik Afrika, di kota Bata, Guinea Eguatorial, di mana negara itu sudah memiliki pelabuhan komersial.

Pangkalan ini, kata media itu, dilaporkan akan memungkinkan Beijing untuk mengisi kembali stok dan memakmurkan negara itu.

Pada bulan November, sebuah laporan Pentagon tentang kemampuan militer China menyarankan bahwa Beijing berencana untuk mendirikan pangkalan militer dan fasilitas lainnya untuk menyebarkan pasukannya ke negara lain, termasuk di Kamboja, Myanmar, Thailand, Singapura, Indonesia, Pakistan, Sri Lanka, Uni Emirat Arab, Kenya, Seychelles, Tanzania, Angola, dan Tajikistan.

Investasi terbaik ialah investasi leher ke atas. Yuk, tingkatkan kemampuan dan keterampilan diri Anda dengan mengikuti kelas-kelas di WE Academy. Daftar di sini.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini