Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kisah Perusahaan Raksasa: Meski Tak Sekuat Toyota dan Honda, Suzuki Sukses Buka Pasar di 192 Negara

Kisah Perusahaan Raksasa: Meski Tak Sekuat Toyota dan Honda, Suzuki Sukses Buka Pasar di 192 Negara Kredit Foto: Reuters/Benoit Tessier
Warta Ekonomi, Jakarta -

Suzuki Motor Corporation adalah pembuat mobil terbesar keempat di Jepang --di belakang Toyota Motor, Nissan Motor, dan Honda Motor. Ini bergerak dalam penelitian, pengembangan, desain, manufaktur, penjualan, dan distribusi kendaraan roda dua dan empat, baik penumpang, komersial, dan mesin khusus.

Suzuki tercatat dalam Fortune Global 500 sebagai salah satu perusahaan raksasa. Namun pada 2020 performanya sangat menurun mengingat merosotnya peringkat dalam daftar itu sebanyak 33 poin.

Baca Juga: Kisah Perusahaan Raksasa: 3M, Konglomerat Banyak Bidang yang Sukses dengan Inovasi Ilmiah 

Pendapatan Suzuki, menurut Fortune, mencapai 32,08 miliar dolar AS dengan penurunan dari tahun sebelumnya 8,1 persen. Sedangkan untuk keuntungan yang didapat sekitar 1,23 miliar dolar AS yang lagi-lagi tercatat turun 23,4 persen dari tahun sebelumnya. Sementara aset yang dikelola perusahaan tahun itu di angka 30,90 miliar dolar AS.

Dikutip dari sejumlah sumber, Suzuki Motor Corporation didirikan oleh Michio Suzuki pada tahun 1909 sebagai produsen mesin tenun. Dari basisnya di Hamamatsu, Suzuki Loom Works, seperti yang dikenal saat itu, memasok peralatan tenun ke ratusan produsen kain kecil di dan antara Tokyo, Yokohama, dan Nagoya.

Pada saat itu, manufaktur tekstil adalah salah satu industri terbesar di Jepang. Ini memberikan pasar yang tumbuh dan stabil untuk perusahaan Suzuki. Pada tahun 1920 Michio Suzuki membawa perusahaannya ke publik dan menamai perusahaan baru Suzuki Loom Manufacturing Company.

Suzuki terus memproduksi mesin tenun secara eksklusif sepanjang tahun 1920-an dan hingga pertengahan 1930-an. Pada saat itu sebuah kelompok militeris menguasai pemerintah dan memulai program mobilisasi besar-besaran yang disebut "ekonomi kuasi-perang".

Perusahaan di seluruh negeri diminta untuk mulai merencanakan konversi ke manufaktur persenjataan. Suzuki adalah pemasok yang sangat menarik karena dalam bisnis melengkapi pabrik lain. Selain itu, lokasi perusahaan jauh dari pusat-pusat industri besar yang akan menjadi sasaran utama pengeboman.

Pada tahun 1937 Suzuki telah memulai produksi berbagai bahan yang berhubungan dengan perang, yang mungkin termasuk suku cadang kendaraan, rakitan senjata, dan baju besi.

Untuk bagiannya dalam upaya Perang Dunia II Jepang, Suzuki, seperti ribuan perusahaan lain, diminta untuk produksi perang dan mungkin tidak berniat menjadi produsen peralatan militer. Namun demikian, perusahaan terus memproduksi mesin tenun selama perang. Untungnya, pabrik Suzuki dan kota Hamamatsu lolos dari serangan pengeboman AS. Perusahaan mampu melanjutkan produksi setelah perang, tetapi ekonomi dan jaringan pasokan hancur.

Suzuki membangun kembali produksi peralatan manufaktur tekstil segera setelah Perang Dunia II. Jepang, bagaimanapun, sangat miskin sehingga hanya ada sedikit permintaan untuk produk tenun baru. Akibatnya, hanya sedikit perusahaan yang mampu membeli alat tenun baru.

Pada tahun 1947 laju investasi terus melambat, mendorong Suzuki untuk membuat perubahan besar dalam bisnisnya. Tahun itu perusahaan pindah ke gedung kantor pusat yang baru dan, dengan mengandalkan pengalaman manufaktur yang diperoleh selama perang, memulai pekerjaan desain pada kendaraan bermotor.

Prospeknya menguntungkan. Jepang adalah negara berpenduduk hampir 100 juta orang, hampir semuanya tidak memiliki akses ke transportasi dasar.

Pada dekade berikutnya, Suzuki kesulitan berekspansi ke pasar mobil domestik yang didominasi Toyota, Honda, dan Nissan. Akibatnya, tidak dapat mengembangkan lini produk yang lebih canggih. 

Halaman:

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Muhammad Syahrianto
Editor: Muhammad Syahrianto

Bagikan Artikel: